.

.
.

Kamis, 20 November 2014

Integritas Kunci Kualitas Sumber Daya Manusia

Bogor-Integritas menjadi hal terpenting dalam peningkatan kualitas manusia dalam dunia kerja. Sebelum masuk ke dunia kerja, pendidikan menjadi kunci dalam pembentukan integritas tersebut.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, jika anak didik tidak dipersiapkan secara serius, maka anak didik ini akan menjadi bagian masa lalu dengan integritas yang tidak diprioritaskan. Selain integritas, entrepreneurship dan entrepreneur skill ini juga membentuk manusia yang bisa mengubah masalah dan tantangan menjadi harapan.

“Orang yang pesimis akan melihat kesempatan adalah kesulitan, sebaliknya dengan orang optimis melihat kesulitan menjadi kesempatan,” kata Mendikbud saat menghadiri International Conference On the Alignment of Education and Job Market yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di IPB International Convention Center, Bogor, Selasa (18/11) seperti dikutip Harian Jambi dari http://kemdikbud.go.id.


Mendikbud mengatakan, kemampuan komunikasi yang tinggi juga diperlukan. Terutama saat ini komunikasi tidak lagi melalui agen tetapi secara langsung. “Kemampuan menulis, kemampuan bicara sangat penting, serta kemampuan menyerap informasi juga sangat penting,” kata Mendikbud.

Untuk membentuk anak didik yang mempunya komunikasi yang baik, kata dia, guru harus dididik terlebih dahulu untuk dapat menulis dan berbicara yang baik. “Jika guru dapat mengajar dengan kemampuan komunikasi lisan yang baik dan mengemukan ide melalui tulisan yang bagus, maka ia akan menghasilkan anak didik yang luar biasa pula,” ujar Mendikbud.

Selain itu, anak didik diharapkan tidak hanya diajarkan bahasa Indonesia tetapi juga dibekali dengan bahasa internasional tanpa melupakan adat istiadat kita karena dengan kemampuan tersebut anak akan menguasai dunia. (lee)

Tidak ada komentar: