.

.
.

Thursday, 23 October 2014

Walikota Jambi Buka Jambi Sharia Expo 2014


Walikota Jambi Syarif Fasya saat membuka BI Jambi Sharia Expo 2014 di WTC Kamis 23 Okt 2014-Foto Rosenman Manihuruk
 Upaya Meningkatkan Akses Masyarakat ke Layanan Keuangan

JAMBI-Walikota Jambi H Syarif Fasha bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, V Carlusa secara resmi membuka acara Jambi Sharia Expo 2014 di WTC Batanghari Jambi, Kamis (23/10). Serangkaian acara pembukaan terdiri atas tarian sambutan, penyerahan simbolis akad pembiayaan, penyerahaan simbolis beasiswa dan bantuan, peninjauan stand perbankan dan kata sambutan Walikota Jambi dan V Carlusa. (Baca Berita Terkait : BI Jambi Adakan Jambi Sharia Expo (JSE) 2014 )

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, V Carlusa didampingi Deputi BI Perwakilan Jambi Poltak Sitanggang dan Kepala Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Jambi, Ihsan W. Prabawa, Kamis (23/10)  mengatakan, Bank Indonesia selaku lembaga intermediasi keuangan, perbankan dituntut memiliki peran dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah. 

Salah satunya dengan penyaluran pembiayaan ke usaha-usaha produktif. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, perbankan syariah berlomba-lomba untuk menyalurkan pembiayaan produktif kepada masyarakat. (Baca: Akses Masyarakat Terhadap Bank Syariah Semakin Terbuka)

Sebagai salah satu bentuk kepedulian Bank Indonesia dan perbankan syariah terhadap masyarakat sekitar, pada kesempatan ini diserahkan beberapa bantuan secara simbolis untuk mendukung pendidikan, perekonomian kerakyatan, maupun sosial kemasyarakatan di Provinsi Jambi. 

Disebutkan, kepedulian ini dibungkus melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) oleh KPw BI Provinsi Jambi serta Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perbankan Syariah.


Dalam rangka mendukung dunia pendidikan di Jambi, KPw BI Jambi memberikan beasiswa kepada 80 mahasiswa di dua Perguruan Tinggi Negeri di Jambi yakni, Universitas Jambi dan IAIN Sultan Thaha Saifuddin. 

Pemberian beasiswa ini merupakan program tahunan KPw BI Provinsi Jambi dengan total nilai Rp 480.000.000 (empat ratus delapan puluh juta Rupiah). Pemberian beasiswa ditandai dengan penandatangan SPK kerjasama pemberia beasiswa dengan Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc serta Rektor IAIN Sultan Thaha Saifuddin yang dalam hal ini diwakili oleh Pembantu Rektor III, Prof. Dr. Ahmad Husein Ritonga, M. Ag. 

Sebelum proses penandatanganan ini, KPw BI Jambi bersama dengan Unja dan IAIN Sultan Thaha Saifuddin telah melaksanakan seleksi administrasi dan wawancara kepada mahasiswa calon penerima beasiswa pada awal Oktober lalu sehingga terpilihlah 40 mahasiswa penerima beasiswa dari masing-masing PTN. Secara simbolis beasiswa diberikan kepada 4 (empat) orang perwakilan mahasiswa penerima.

Dalam rangka mendukung perekonomian kerakyatan KPw BI Jambi menyerahkan bantuan untuk meningkatkan produksi di bidang perikanan, perkebunan, maupun industri pengolahan. Bantuan diberikan berupa perlengkapan berusaha, maupun bahan material dan mesin untuk dapat meningkatkan pendapatan dan kemandirian masyarakat.

Di bidang sosial kemasyarakat, kepedulian perbankan syariah ditunjukkan dengan penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan di Kota Jambi. Di samping itu, Bank Indonesia juga menyerahkan bantuan kepada sekolah yang memiliki nilai lebih yakni mengelola sampah masyarakat. 

Usai acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Walikota Jambi Syarif Fasya, Walikota Jambi dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi berkesempatan untuk meninjau semua stand yang terdiri atas Bank Indonesia, perbankan syariah, dan UMKM.

Selama acara, perbankan syariah memiliki program khusus untuk menarik nasabah terutama untuk menggalakan program menabung. Setiap pembukaan rekening selama acara akan mendapat hadiah khusus dan berhak mendapat kesempatan meraih doorprize harian.

Doorprize harian akan diundi setiap hari untuk mendapatkan hadiah menarik. Di samping itu, bagi para pengunjung yang telah berkunjung ke stand-stand perbankan juga berkesempatan untuk mendapatkan layanan transportasi gratis dengan bus yang beroperasi selama acara. 

Sementara itu, Bank Indonesia menyediakan penukaran uang kecil selama acara. Bagi para pengunjung yang ingin menukarkan uang dengan uang baru pecahan kecil di bawah Rp 20.000 silahkan berkunjung ke stand Bank Indonesia. 

Bank Indonesia juga menyediakan layanan pengecekan Informasi Debitur atau yang sering dikenal dengan BI chekhing secara Gratis. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk mengetahui status pembiayaannya terutama dibutuhkan ketika akan mengajukan pembiayaan baru.

Untuk lebih menarik massa berkunjung selama acara, panitia juga menyediakan transportasi bus gratis yang dapat dimanfaatkan bagi pengunjung ke daerah-daerah tertentu.

Pembukaan ini merupakan awal dari serangkaian Jambi Sharia Expo 2014. Selama 4 hari ini, JSE akan menghadirkan talkshow mengenai perbankan syariah setiap hari, aneka lomba (JSE idol, Dai Cilik, kreasi hijab, Hafidz Qur’an), hiburan (band akustik, games) serta penutupan akan menghadirkan artis ibukota Ifan Seventeen. 

Selanjutnya dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 H, JSE akan mengadakan pawai obor dengan start awal masjid Azizi, Kebon Jeruk dan diakhiri di Mall WTC Batanghari. Doorprize senilai jutaan rupiah dipersiapkan dalam acara dimaksud.

Turut hadir pada acara itu, Walikota Jambi, H. Syarif Fasha, Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc, Rektor IAIN Sultan Thaha Saifudin, Dr. H. Hadri Hasan, MA, Pimpinan Perbankan Syariah di Provinsi Jambi, Para Kepala Dinas di Provinsi dan Kota Jambi, Pejabat Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM, Kantor Pusat BI Jakarta, hadirin dan para tamu undangan. (*/lee)
Acara Pembukaan BI Jambi Sharia Expo 2014 di WTC Kamis 23 Okt 2014-Foto Rosenman Manihuruk

No comments: