.

.
.

Tuesday, 28 October 2014

Tiga Menteri Ikuti Jejak Sang Ayah



Lukman Hakim

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro
Indroyono Soesilo
Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 34 menteri yang duduk di Kabinet Kerja periode 2014-2019, Senin (27/10). Ada tiga orang yang merupakan anak dari mantan menteri. Mereka adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, dan Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Lukman Hakim adalah putra KH Saifuddin Zuhri, yang merupakan menteri agama ke-9 Indonesia. Dia menjabat pada tahun 1962-1968 di era pemerintahan Presiden Sukarno.

Pria kelahiran 25 November 1962 itu merupakan lulusan Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta. Ia memiliki karier yang panjang di legislatif. Lukman telah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat sejak 1997 dan juga pernah menjadi Ketua Fraksi PPP serta anggota Tim Kuasa Hukum DPR.

Sementara Indroyono Soesilo adalah anak mantan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Soesilo Soedarman. Indroyono dipanggil kembali ke Indonesia oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya dia menjabat sebagai Dirjen FAO PBB di Roma. Indroyono merupakan satu-satunya orang Indonesia di top executive FAO (Badan Pangan Dunia) PBB di Roma, Italia. Pria kelahiran 27 Maret 1955 ini sebelumnya juga berkarier di bidang kelautan dan perikanan.


Ia adalah salah satu pendiri Kementerian Kelautan dan Perikanan. Indroyono menjabat sebagai Dirjen Penyerasian Riset dan Eksplorasi Laut Departemen Kelautan dan Perikanan pada tahun 1999 dan kemudian menduduki posisi Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) pada periode 2001 - 2008.

Pria berusia 59 tahun ini merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Geologi. Ia kemudian menempuh pendidikan master di Universitas Michigan, Amerika Serikat, jurusan Penginderaan Jauh serta mendapat gelar doktor dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, di bidang Geologi Penginderaan Jauh.

Adapun Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro adalah putra mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Soemantri Brodjonegoro yang menjabat pada 1967 hingga 1973. Soemantri juga pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sebelum menjabat Menkeu, Bambang Permadi adalah Wakil Menteri Keuangan. Pria kelahiran 3 Oktober 1966 itu mendapat gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Dia kemudian menyabet gelar Master of Urban Planing dari University of Illinois, Amerika Serikat. Di universitas yang sama dia mendapat gelar doktor di bidang Regional Planning.(dtk/lee)

No comments: