.

.
.

Friday, 5 September 2014

Selamat Datang Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman

Salam Komando Brigjen Pol Bambang Sudarisman (kiri) dengan Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya
JAKARTA - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman melantik 16 pejabat tinggi kepolisian untuk mengemban tugas baru terkait mutasi jabatan di lingkungan Polri yang bertujuan untuk penyegaran tugas kepolisian agar lebih dinamis.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat melaksanakan upacara serah terima jabatan. Hal ini harus dimaknai sebagai upaya perbaikan kinerja Polri, sekaligus untuk regenerasi personil-personil Polri," kata Kapolri Jenderal Pol Sutarman di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Keenam belas pejabat polisi yang dilantik tersebut akan menduduki posisi baru, menggantikan beberapa personil sebelumnya yang memasuki masa pensiun. Adapun keenam belas pejabat Polri yang dilantik oleh Kapolri di Ruang Rapat Utama Mabes Polri adalah sebagai berikut.


Pertama, Irjen Pol Dwi Priyatno resmi menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, menggantikan Komjen Pol Anton Bachrul Alam yang memasuki masa pensiun dan dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri. Sebelumnya, Dwi Priyatno menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Kedua, Irjen Pol Haka Astana M. Widya menjabat AS SDM Kapolri menggantikan Irjen Pol Mustafa Hari Kuncoro. Ketiga, Irjen Pol Burhanuddin Andi menjabat Koorsahli Kapolri. Posisi itu sempat kosong ditinggalkan pejabat sebelumnya yang telah lama pensiun.

Keempat, Brigjen Pol Condro Kirono menjabat Kakorlantas Polri, menggantikan Irjen Pol Pudji Hartanto. Kelima, Brigjen Pol Moechgiarto menjabat Kadivkum Polri, menggantikan Irjen Pol Anton Setiadji. Keenam, Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar menjabat Gubernur Akpol, menggantikan Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Ketujuh, Irjen Pol Unggung Cahyono menjabat Kapolda Metro Jaya, menggantikan Irjen Pol Dwi Priyatno.

Kedelapan, Irjen Pol Anas Yusuf menjabat Kapolda Jatim, menggantikan Irjen Pol Unggung Cahyono. Kesembilan, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menjabat Kapolda Sumut, menggantikan Irjen Pol Syarief Gunawan. Kesepuluh, Irjen Pol Andayono menjadi Kapolda Kaltim, menggantikan Irjen Pol Dicky D Atotoy.

Kesebelas, Irjen Pol Anton Setiadji menjadi Kapolda Sulsel, menggantikan Irjen Pol Burhanuddin Andi. Kedua belas, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan menjadi Kapolda Riau, menggantikan Brigjen Pol Condro Kirono. Ketiga belas, Brigjen Pol Bambang Sudarisman menjabat Kapolda Jambi, menggantikan Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya.

Keempat belas, Brigjen Pol Srijono menjabat Kapolda NTB, menggantikan Brigjen Pol Moechgiarto. Kelima belas, Brigjen Pol Endang Sunjaya menjabat Kapolda NTT, menggantikan Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana. Keenam belas, Brigjen Arman Depari menjabat Kapolda Kepri, menggantikan Brigjen Pol Endjang Sudrajat.


Sebelumnya Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti membantah adanya kabar bahwa mutasi jabatan di lingkungan Polri itu bermuatan politis. "Ngga ada tuh, biasa saja. Muatan politisnya dimana? Yang pensiun ya harus tetap diganti. Dan yang sudah lama tetap harus diganti supaya ada regenerasi juga, ada penyegaran," ujar Badrodin. 
DILANTIK : Kapolri Jend Pol Sutarman saat melantik Bambang Sudarisman sebagai Kapolda Jambi.
Kapolda Baru, PR Lama
 
BALIK kampung. Iya, kata ini sangat tepat ditujukan untuk pria yang bernama Bambang Sudarisman. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1687/VIII/2014 tanggal 27 Agustus 2014, resmi ditunjuk sebagai Kapolda Jambi. Selanjutnya, pada tanggal 3 September 2014 lalu, dirinya bersama 15 pejabat tinggi kepolisian resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Sutarman.

Bambang Sudarisman ternyata bukanlah orang baru menginjakkan kaki di Provinsi Jambi. Dari beberapa catatan yang ada, Bambang Sudarisman pernah menjabat Kapoltabes Jambi (sekarang Kapolresta Jambi) tahun 2003-2004. Tak hanya itu, jenderal bintang satu ini juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Tenalaipura, Kota Jambi pada tahun 1985 silam.

Dengan jabatan Kapolda yang baru menggantikan posisi Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya, tentunya tugas-tugas (tak) baru juga. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh jabatan Kapolda yang baru tersebut. Meskipun ini juga merupakan target (visi) bagi Kapolda Bambang Sudarisman.

Misalnya, akan melakukan pemberantasan terhadap kegiatan pertambangan liar (illegal mining), seperti Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang sedang marak di beberapa daerah di Provinsi Jambi. Selain itu, tugas lama yakni maraknya perjudian yang melalui teknologi internet (judi online) yang berhasil diungkap oleh aparat penegak hukum seperti di beberapa kota besar di Indonesia. Selain dua kasus tindak kriminalitas umum tersebut, tugas lama walaupun jabatan Kapolda baru yakni akan menindak bagi para koruptor.

Iya, semoga dengan Kapolda baru meskipun tugas lama bisa mencapai target dan berwujud nyata sehingga apa yang dilakukan bisa dirasakan dampak yang positif bagi masyarakat. Selamat bertugas Kapolda Brigjen Pol Bambang Sudarisman, semoga apa yang diharapkan bisa terwujud. Selain itu, selamat jalan bagi Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya yang telah mengabdi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. 

Pengabdian dan tugas yang diemban selama menjabat Kapolda, semoga dapat penghargaan dan amal ibadah untuk dunia dan akhirat. Selamat bekerja untuk Bambang Sudarisman. Provinsi Jambi merupakan kampung halaman dan bisa memberikan wujud kinerja yang nyata dan berdampak positif bagi masyarakat dan daerah. Aamiin. (Sumber: Harian Jambi)

Penyambutan Brigjen Pol Bambang Sudarisman di Bandara Jambi. Foto Fajar Yogi Arisandi

Penyambutan di Bandara Jambi



No comments: