.

.
.

Friday, 5 September 2014

HBA: Pengentasan Kemiskinan Program Utama Kedepan

JK saat kunjungannya ke Rumah Dinas Gubernur Jambi, tampak JK dan HBA bercengkrama

Jambi- Pelatihan Penyegaran Fasilitator Kecamatan (FK dan FT) PNPM Mandiri Perdesaan Gelombang I dibuka langsung oleh Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA), senin (1/9), bertempat Golden Harvest Hotel.

Upaya pengentasan kemiskinan menjadi program utama dalam  pemerintahan, keberadaan masyarakat miskin telah menjadi tanggungjawab yang harus terselesaikan segera.

"Program pengentasan kemiskinan yang bermacam bentuk, begitu concern(serius) pemerintah pada upaya pengentasan kemiskinan," ungkap HBA.

Kata HBA, PNPM Mandiri sangat strategis dan sangat membantu dalam upaya mengentaskan kemiskinan, program  Pemerintah Pusat tersebut memiliki tujuan yang mencakup berbagai bidang pemberdayaan masyarakat, "Pemerintah Pusat dengan program PNPM menyentuh MDGs, infrastruktur, PLTMH untuk listrik masyarakat serta upaya membangun sikap masyarakat menerima pembangunan," lanjut HBA.

Pentingnya upaya pengentasan kemiskinan juga dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi dengan Program Satu Milyar Satu Kecamatan yang semua bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin,"Samisake untuk masyarakat miskin juga ada enam Kabupaten dengan program yang sama," jelas HBA.

HBA menempatkan kemiskinan yang masih dirasakan masyarakat di Provinsi Jambi harus dilakukan upaya maksimal dan kerjasama dalam pengentasannya,"Angka kemiskinan sudah menurun namun concern(fokus) kita upaya menuntaskan masyarakat dari kemiskinan merupakan program utama kita kedepan," kata HBA.
Masih adanya Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi yang belum membuat program serupa PNPM,HBA menghimbau segera diupayakan. 

sebelumnya dalam laporan Kepala BPMPP  Hj. Enni Hariyati menyampaikan acara yang bertujuan meningkatkan kapasitas Fasilitator Kecamatan serta memberikan semangat dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Dalam Laporan Hj. Eni menjelaskan tujuh program PNPM Mandiri diantaranya Program PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Integrasi, MP3KI, PNPM Mandiri Perkotaan, RIS, PIP dan PNPM PISEW.
PNPM Mandiri Perdesaan dialokasikan untuk 83 kecamatan yang tersebar di sembilan Kabupaten di Provinsi Jambi.

Total dana 77, 2 miliar bersumber dari APBN sebesar 70, 785 miliar dan APBD Kabupaten 6,415 miliar.
PNPM Integrasi dialokasikan untuk Kabupaten Batanghari, Sarolangun dan Kerinci dengan dana 12,3 miliar dan MP3KI merupakan program baru dialokasikan di Kecamatan Batangasai Sarolangun, Kecamatan Maro Sebo Ulu Batanghari, Kecamatan Berbak Tanjabtim, Kecamatan Pengabuan Tanjabbar.

Kegiatan membangun jalan, jembatan, air bersih, saluran irigasi, bangun pasar, instalasi PLTMH, dermaga/tambatan perahu, tembok penahan tebing, operasional UPK dan TPK, bangun gedung sekolah, rehab gedung sekolah, pelatihan keterampilan, bangun gedung kesehatan, serta program lainnya.

"Jenis kegiatan yang dilaksanakan pada tiga program murni usulan masyarakat desa," kata Kepala Badan.
Peserta pada gelombang pertama sebanyak 68 orang yang hadir 64 orang.(. Humasprov-Jambi)

No comments: