.

.
.

Sabtu, 06 September 2014

Panitia Sediakan Layar Khusus Menampilkan Nilai Capaian Peserta



JAMBI-Sekitar 1226 peserta MQK Nasional ke V mengikuti perlombaan di Arena Utama Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang, Seberang Kota Jambi. Para peserta ini akan mengikuti 42 mata lomba yang terbagi dalam 21 majelis lomba.

Ketua Panitia Lokal MQKN sekaligus Kepala Kemenag Provinsi Jambi Mahbub Daryanto melaui Wahyudi Kasubag Humas Provinsi Jambi kepada Harian Jambi, Jumat (5/9) mengatakan, selurahan mata lomba merupakan bagian dari 8 cabang keilmuan ditambah satu cabang perlombaan yakni debat Bahasa Arab.


“Untuk kategori usia, dalam perlombaan ini dibagi dalam tiga kelompok. Yakni kelompok Ula atau tingkat SD, Wustha (tingkat Madrasah Tsanawiyah) dan Ulya ( Madrasa Aliyah)." katanya.

Disebutkan, dalam MQK yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini pada intinya memperlombakan kemampuan para peserta dari sisi kemampuan membaca dan memahami kitab kuning serta kemampuan berbahasa Arab.


“Yang dinilai dalam perlombaan ini adalah tingkat kemampuan anak dalam membaca kitab kuning dan tingkat pemahamannya," katanya.

Menurut Wahyudi, puncak dari perlombaan ini akan berlangsung pada hari Minggu (7/9) mendatang. “Semua ada cabang keilmuan ditambah satu debat bahasa Arab. Masing-masing cabang berbeda kriteria penilaiannya," katanya.


Kata Wahyudi, guna memudahkan para peserta dan pihak official memantau perkembangan peserta, panitia penyelenggara sudah menyediakan layar khusus yang akan langsung menampilkan nilai capaian peserta. “Layar khus itu  supaya para peserta dan pendampingya bias langsung melihat perolehan nilai dari dewan hakim. Tiap cabang sudah kita siapakan semua," tutupnya.(khr/lee)

Tidak ada komentar: