.

.
.

Saturday, 6 September 2014

MQKN Hormati Tamu, Warga Antar Makanan Kepada Kafilah

Mahbub Daryanto
JAMBI-Gubenur Provinsi Jambi H.Hasan Basri Agus merasa terharu atas antusiasme serta sambutan dari masyarakat Jambi Kota Seberang terhadap para kafilah dan official yang sedang mengikuti pelaksanaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQKN) yang dipusatkan di Ma’had Aly Pondok Pesantren As’ad Jambi Kota Seberang.

Hal itu diungkapkan Gubenur Jambi setelah mendapat laporan dari Camat dan Lurah jika ada warga yang bersedia mengantarkan makanan kepada para kafilah secara suka rela. “Saya mendapat laporan dari lurah bahwa ada warga yang mengantarkan makanan secara cuma-cuma kepada para kafilah,” katanya.


Disebutkan, hal itu dilakukan karena masyarakat Seberang Kota Jambi dikenal dengan religius dan keramahan masyarakatnya dalam menghormati tamu seperti yang sesuai diajarkan dalam Islam.

“Dalam ajaran Islam diajarkan kita harus menghormati tamu, dan memberikan pelayanan yang terbaik buat tamu, karena itu merupakan ajaran agama untuk berbuat baik kepada sesama,” ujarnya.

Selain itu Gubenur Jambi juga mengungkapkan, Jambi Kota Seberang merupakan daerah yang telah banyak melahirkan para kyai dan ulama yang sudah tersebar ke banyak daerah di Indonesia.

“Kota Seberang ini telah melahirkan banyak kyai dan ulama dan kita telah tersebar ke seluruh pelosok daerah, bahakan keluar daerah Provinsi Jambi,” katanya.

Menurut Hasan Basri Agus, MQKN selain sebagai ajang silaturrahmi dengan para santri juga dalam rangka mengukur kemampuan santri di bidang kitab kuning yang menjadi tradisi dunia pesantren.

“Di alam MQKN santri tidak saja bersilaturahir dengan santri se-Indonsia namun disini juga merupakan ajang adu bakat dan kemampuan dalam membaca kitab kuning dan memahaminya," katanya.(khr/lee)


No comments: