.

.
.

Selasa, 02 September 2014

Jambi Janji Tampilkan yang Terbaik

Ketua Panitia Mahbub Daryanto 
Jambi - Persiapan Jambi selaku tuan rumah Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) Tingkat Nasional ke-V telah mempersiapakan diri dalam menghadapi pertandingan. Seleksi tingkat provinsi juga telah dilakukan sebelumnya. Dalam Musabaqah Qira'atil Kutub Jambi mengutus dua tim dari Jambi.

Ketua Panitia MQKN ke-V yang juga menjabat Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Provinsi Jambi Mahbub Daryanto kepada Harian Jambi, Senin (1/9) mengatakan persiapan lokal dalam MQK sendiri sudah mempersiapkan dengan matang.

Ada dua tim lokal yang sudah dipersiapkan dan telah dilatih oleh para Ustaz dan para Kiai beberapa bulan yang lalu. Dan dua tim yang ikut merupakan hasil seleksi dari pesantren se-Provinsi Jambi.


Dan Pondok As'ad juga telah dilatih dengan ustaz-ustaznya. “Kita mengutus dua kontingen satu kontingen merupakan hasil seleksi se-Provinsi Jambi satu kontingen lagi dari Ponpes As'ad Seberang Kota Jambi,” ujarnya.
Disebutkan, dalam MQKN ini, pihaknya tidak bisa mentargetkan untuk mendapat juara. Pada MQKN di NTB, Kemenag Jambi mendapat 5 medali perunggu dan perak.

“Mudah-mudahan tahun ini masih bisa dipertahankan. Karena dulu tingkat Wustha (jenis perlombaan, red), sekarang tingkat Ulya. Pihaknya berharap dapat mempertahankan apa yang telah dimenangkan di NTB lalu. Kita berharap masih bisa mempertahankan prestasi yang telah kita dapatkan," katanya.

Dikatakan, semua pesantren berlomba-lomba untuk melakukan pembinaan. Begitu pula dengan Kemenag Provinsi Jambi berlomba-lomba mengadakan pembinaan. “Untuk menjadi juara semua, semua ponpes memperketat pembinaan agar bisa tampil sebagai juara,” katanya.

Lebih lanjut Mahbub mengatakan, ada beberapa tingkatan lomba ada tingkatan usia SD/MI, tingkat Ulya, tingkat SMP/MTS namanya Wustha, dan tingkat SMA/MAN disebut Ulya.



Kitab-kitabnya juga berjenjang dengan 21 majelis lomba. “Dalam MQK kita tidak menargetkan jadi juara. Namun kita tetap berusaha untuk menampilkan yang terbaik,” ujarnya. (khr/lee)

Tidak ada komentar: