.

.
.

Senin, 02 Juni 2014

Melewati Empat Tahapan PSB di SMAN Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti




Kepala Sekolah SMAN Titian Teras Ededy Purwanta MPd
Sepertinya halnya sekolah menengah atas lainya. SMAN Titian Teras juga mengadakan penerimaan siswa baru (PSB). Namun PSB di SMAN Titian Teras berbeda dengan sistem penerimaan sekolah menengah atas lainnya. Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2014/2015 tidak sama dengan penerimaan siswa baru seperti yang sudah-sudah.

KAHARUDDIN, Jambi

SMA Titian Teras didirikan atas dasar kerja sama Yayasan Pendidikan Jambi. Pemerintah Daerah Tingkat 1 Jambi dan Kanwil Depdikbud Provinsi Jambi. SMA Titian Teras diresmikan pada tanggal 15 juli 1994 oleh Gubernur Jambi selaku Kepala Daerah Tingkat 1 Jambi. 

Pada tanggal 6 Januari 2012, SMA Titian Teras berubah setatus menjadi sekolah negeri dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 54 tahun 2011 dan namanya pun berubah menjadi SMAN Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti (TTHAS).

Kepala SMA Negeri Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti Jambi, Drs Edy Purwanta, M.Pd menjelaskan akan membuka penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2014/2015.  Pendaftaran akan dimulai 10 Maret - 10 Mei 2014 melalui website SMAN TTHAS www.smattjbi.sch.id. 

“Berbeda dengan tahun sebelumnya proses tes pada tahun ini direncanakan akan menggunakan sistem komputerisasi,” katanya.

Edy menambahkan bahwa secara umum syarat pendaftaran. Pertama calon siswa berasal dari SMP dan MTs, kedua usia tidak lebih I7 tahun  pada bulan Juli 2014, ketiga tinggi badan untuk putra minimal 155 Cm, dan untuk putri 150 Cm dengan berat badan proporsional, keempat berkelakuan baik, berdasarkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.

Kelima, berbadan sehat tidak mengidap penyakit menular, penyakit jantung, asma, dan penyakit lain yang dapat mengganggu kegiatan belajar berdasarkan surat keterangan dari instansi yang berwenang (Puskesmas/Rumah Sakit).

Keenam, tidak memiliki cacat fisik yang bisa mengganggu aktivitas fisik dan atau kegiatan pembelajaran, ke tujuh Lulus Ujian Nasional (UN ) Tahun Ajaran 2013/2014, kedelapan siswa bersedia tinggal di asrama selama pendidikan dan bersedia mematuhi segala peraturan/tata tertib yang berlaku di SMAN TitianTeras H. Abdurrahman Sayoeti.

Persyaratan Khusus

Dia melanjutkan, persyaratan khusus, calon siswa memiliki salah satu kriteria sebagai berikut; pertama peringkat 1-10 dari semester 1 s.d. 5 pada kelas reguler atau semua siswa dari kelas unggul dan akselerasi dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.

Kedua, memiliki prestasi akademik (OSN, OPSI, Bahasa Inggris) minimal tingkat provinsi dibuktikan dengan sertifikat. “Selain nilai akademik yang baik seleksi juga dilihat dari prestasi calon siswa yang pernah mendapat prestasi minimal tingkat provinsi,” katanya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, dokumen pendaftaran, bagi calon peserta didik baru yang telah mengupload formulir lewat situs ppdb harus mengirimkan persyaratan administrasi ke Sekretariat PPDB 2014 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Jl. Lintas Jambi – Muara Bulian Km. 21 Pijoan Telp. 07415917788.

Syarat administrasi itu berupa foto kopi rapor semester 1 s.d. 5 dilegalisir kepala sekolah, surat keterangan peringkat kelas dari sekolah, surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit, surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah, fotocopy sertifikat/piagam penghargaan dilegalisir kepala sekolah, pas foto 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 4 lembar. “Itulah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon siswa baru," jelasnya.

Kemudian, hal lain yang perlu diperhatikan adalah yang pertama. Semua persyaratan dimasukkan ke dalam map tulang. Yang kedua, warna biru untuk laki-laki wama merah untuk perempuan. Berkas persyaratan administrasi yang tidak lengkap (D. 1 s.d. 6) dinyatakan gugur. 

Ketiga, berkas persyaratan yang diserahkan ke panitia PPDB tidak dapat diambil kembali(menjadi dokumen panitia). Keempat, rapor dan sertifikat asli diserahkan ke panitia PPDB pada saat tes akademik dan dapat diambil setelah tes akademik selesai.

“Jika persyaratan administrasi tidak lengkap maka calon siswa baru dinyatakan gugur dalam seleksi," katanya.(*/lee)
**

Tahapan Seleksi PSB di SMAN TTHAS

Menurut Kepala SMA Negeri Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti Jambi, Drs Edy Purwanta, M.Pd, jadwal kegiatan, kata Edy, tanggal 27 Februari - 26 April 2014 sosialisasi, 10 Maret - 10 Mei 2014 pendaftaran melalui situs PPDB, 15 Mei 2014 pengumuman seleksi adminditrasi melalui situs PPDB, 19 - 22 Mei 2014 tes akademik dilakukan secara komputerisasi di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemudian  24 Mei 2014 Pengamumuman Seleksi Tes Akademik melalui situs PPDB, 26 - 28 Mei 2014 Psikotes, wawancara, Tes kesamaptaan, cek fisik dan kesehatan, 7 Juni 2014 Pengumuman Akhir, pada tanggal 9 – 14 Juni 2014 daftar ulang, tanggal 22 Juni 2014 Serah Terima Siswa, tanggal 23 - 25 Juni 2014 pembekalan siswa baru, tanggal 26 - 28 Juni 2014 MOS dan 12) 7 Junli 2014 mulai proses pembelajaran 2014/2015. “Begitulah proses penerimaan siswa baru di sekolah kita," katanya.

Adapun tahapan yang akan dilalui dalam seleksi masuk SMAN Titian Teras adalah, yang pertama tahapan tes administrasi, yang kedua tes akademik, dan tes yang ketiga terdiri dari tiga tes yaitu, psikotes, kesemaptaan, cek fisik dan kesehatan.

Seterusnya tes wawancara, dari tahapan-tahapan tersebutla akan ditentukan calon siswa baru yang akan diterima. “Jika calon siswa baru dapat lolos dari tahapan-tahapan itu makan calon siswa tersebut akan di terima di SMAN TT ini," katanya.(khr/lee)
***

Terima 453 dari 1.167 Pendaftar

Sekolah SMAN Titian Teras
Kepala SMA Negeri Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti Jambi, Drs Edy Purwanta, M.Pd mengatakan, adapun jumlah calon siswa yang mendaftar ke SMAN Titian Teras H Abdurahman Sayoeti sejumlah 1.167 dari sebelas kabupaten kota yang ada di Provinsi Jambi.

Peserta yang lulus tes administrasi sebanyak 1.040 siswa, dan yang tidak lulus tes administrasi adalah sebanyak 125 siswa. Dari 1040 yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 995 dan akan mengikuti tes seleksi.

Sebanyak 45 siswa yang dinyatakan tidak bisa mengikuti tes seleksi berikutnya. Selanjutnya disusun daftar peringkat dan 453 peserta tes untuk calon peserta tes tahap selanjutnya. 

Dari 453 yang akan mengikuti tes selanjutnya adalah perwakilan dari dua kota dan sembilan kabupaten di Provinsi Jambi. Diantaranya, Kota Jambi 239 siswa, Muarojambi 13 siswa, Batanghari 22 siswa, Tebo 28, Bungo, 34 siswa.

Kemudian Kabupaten Sarolangun 19 siawa, Merangin 28, Tanjung Jabung Timur 6 siswa, Tanjung Jabaung Barat 28 siswa, Kerinci 14 siswa, Kota Sungai Penuh 11 siswa, dan yang berasal dari luar daerah 11 siswa. “Pengumanan kelulusan akan diumumkan pada tanggal 7 Juni 2014,"katanya. (khr/lee)

Tidak ada komentar: