.

.
.

Monday, 16 June 2014

Media Siarkan Aliran Sempalan yang Merusak Tatanan Kehidupan Beragama

KHITAN: Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (paling kanan) saat meninjau Khitanan massal dalam rangka HUT Perguruan Hidayatullah Islamiah (PHI) ke-80 serta Haul KH M Daud Arif ke-39 tokoh pendiri PHI di Ponpes Hidayatullah Islamiah, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Sabtu (14/6). Foto-R MANIHURUK/HARIAN JAMBI

Akhir-akhir ini di media elektronik dan media cetak, banyak aliran-aliran sempalan, yang pada akhirnya merusak tatanan kehidupan beragama dan bernegara. Kejadian ini secara tidak langsung akibat dari minimnya pengetahuan dan pemahaman dalam mempelajari ilmu agama.

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Perguruan Hidayatullah Islamiah (PHI) ke-80, serta Haul KH M Daud Arif ke-39, tokoh pendiri PHI di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sabtu (14/6).

Menurut HBA, perlu adanya proteksi dan filterisasi hal tersebut. “Akhir-akhir ini banyak kita saksikan, banyak aliran-aliran sempalan yang secara tidak langsung merusak tatanan kehidupan beragama dan berbangsa. Hal tersebut terjadi akibat pemahaman dan pengetahuan ilmu agama yang minim.


“Kita tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi di negeri kita ini. Untuk itu peran Pondok Pesantren sebagai lembaga lembaga pendidikan kita harapkan mampu memproteksi dan memfilter ajaran-ajaran yang menyesatkan tersebut,” kata HBA.

HBA juga menjelaskan bahwa visi Jambi EMAS tidak akan terwujud tanpa ditopang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di segala bidang. “Tidak hanya secara intelektual tetapi juga secara spritual. Kita menyadari Pesantren memiliki sumbangsih yang besar dalam mencetak SMD yang unggul,” katanya.

Gubernur Jambi HBA menegaskan, sesuai dengan visi Jambi EMAS 2015, Pemerintah Provinsi Jambi memprioritaskan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan setelah peningkatan infrastruktur lainnya.

“Kepada generasi muda, saya menghimbau untuk selalu dan senantiasa menimba ilmu, jangan cepat merasa puas. Pemerintah akan selalu berupaya mempermudah masyarakat dalam memperoleh pendidikan, dan kita terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Gubernur Jambi HBA juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pesantren Hidayatullah Islamiah, serta pesantren-pesantren lainnya di Provinsi Jambi yang telah berupaya dan berusaha meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Jambi, serta bebagai kerjasama yang telah dijalin selama ini dalam mengangkat harkat dan martabat Provinsi Jambi. (lee)


No comments: