.

.
.

Selasa, 13 Mei 2014

SDN 47 Merupakan Sekolah Inti di Provinsi Jambi


SDN 47 Kota Jambi

Sebagai salah satu sekolah bertaraf internasional, SDN 47 Kota Jambi berhasil menelorkan siswa-siswa berprestasi. Dan bukan hanya siswanya yang berprestasi namun SDN 47 juga berhasil meraih piagam penghargaan dari Gubernur Jambi sebagai pemenang lomba  unit pelayanan publik di bidang pendidikan se-Provinsi Jambi.

Masih banyak prestasi yang telah di peroleh oleh SDN 47 Kota Jambi ini.  Bangunan SD bertingkat 3, yang terletak di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Telanaipura, saat dikunjungi, suasana sekolah tampak sepi. Siswa tampak tengah belajar. Sesekali terdengar suara guru atau siswa dari salah satu kelas. Saat jam istirahat, semua murid keluar dari kelas. Sekolah itu cukup terkenal di Kota Jambi.

Kepala Sekolah SDN 47 Syargawi SPd, MPdI mengatakan,  telah banyak prestasi yang telah didapatkan oleh SDN 47 dari prestasi lokal hingga
prestasi nasional. Di tahun 2013 saja pihaknya bisa memenangkan berbagai macam perlombaan dari tingkat kota hingga tingkat provinsi.

Namun pada tahun 2014 tepatnya bulan Januari SDN 47 mendapat kepercayaan sebagai pemenang  unit pelayanan publik dibidang pendidikan se-Provinsi Jambi tahun 2013.

“Penghargaan ini membutuhkan penilaian selama satu tahun dan alhamdulillah kita yang mendapat perhargaan terbaik satu dari Gubernur Jambi Hasan Basri Agus,” katanya.

Dia menambahkan, piagam penghargaan tersebut didapatkan dalam perlombaan  unit pelayanan publik dibidang pendidikan se-Provinsi Jambi tahun 2013. Pihaknya mendapatkan pringkat satu se-provinsi. 

Inilah prestasi terbesar yang didapatkan SDN 47 pada awal 2014 meski pelaksanaan perlombaan di tahun 2013 karena penilannya membutuhkan waktu satu tahun maka pengumumanya pada bulan Januari 2014. “Piagam ini baru kita terima Januari 2014,” katanya.

Dilanjutkannya, sistem  penilaian dalam unit pelayanan publik dibidang pendidikan ini mencakup keseluruhan seperti, penilaian proses kegiatan belajar mengajar. Dilihat dari evaluasinya, kemudian perencanaannya, serta pelaksanaannya.

Dari 18 karakter pihaknya hanya mengambil tiga karakter yang pertama religius kedua disiplin dan yang ketiga jujur. Dari tiga hal tersebut dibuat suatu bukti fisik seperti melayani tamu dengan baik. “Hal itu yang menjadi penilaian dalam unit pelayanan publik dibidang pendidikan dan alhamdulillah kita la pemenangnya,” ujarnya.

Dan masih banyak prestasi yang telah di dapatakan SDN 47 seperti perlombaan O2SN dan lomba gigi bersih se-Kota Jambi. Dalam setiap perlombaan yang diikuti oleh SDN 47 selalu membawa kemenangan dari sitap perlombaan minimal siswa yang diutus mendaptakan juar 3 dan selainnya menjadi pemenang.

Dalam tahun ajaran 2013-2014 pihaknya menargetkan 45 piala dalam setiap perlombaan namun pihaknya sudah mendapatkan piala lebih dari itu. “Target kita dalam tahun ajaran 2013 - 2014 yaitu 45 piala. Namun target kita alhamdulillah sudah melebin target," katanya.

Pihaknya berharap, semua perestasi yang didapatkan SDN 47 dapat dipertahankan karena tidak jarang SDN 47 menjadi pemenang dalam setiap perlombaan yang diadakan di Kota Jambi. 

Dan prestasi yang didapatkan selalu tinggi dibandingkan dengan SD -SD sederajat yang ada di Kota Jambi. Dalam setiap perlombaan pihaknya minaimal mendapatkan juara tiga dalam perlombaan dan maksimalnya mendapat juara satu dalam setiap perlombaan. “SD kita minimal mendapat juara tiga setiap perlombaan yang diikutinya," katanya.

Syargawi mengatakan, berdasarkan keunggulan yang dimiliki  SDN 47 sehingga SDN 47 mejadi sekolah inti di Provinsi Jambi. Yang membedakan SD yang lain dengan SDN 47 merupakan sekolah yang berkarakter, dengan ketentuan kali terlambat tidak dibolehkan masuk.

Pihaknya juga menekankan kedisiplinan pada siswa sehingga siswa bisa menimbulkan jiwa disiplin dalam dirinya. “Karakter dan disiplin yang harus dibangun untuk meningkatkan prestsi sekolah,” katanya.

Adapun jumlah siswa yang ada di SDN 47 sebanyak 1468 dalam posisi berjalan kerena sering kali ada yang pindah setelah kenaikan kelas. Dalam pesiapan ujian ahir sekolah untuk tingkat SD pihaknya sudah mempersiapkannya dengan matang seperti telah mempersiapkan pengawas,  nomor ujian, dan persiapan lokal. 

UN SD


Kepala Sekolah SDN 47 Kota Jambi Syargawi SPd MPd

Di tahun ini siswa SDN 47 yang mengikuti ujian ahir sekolah sebanyak 210 dan pihaknya telah mempersiapkan 11 lokal, dan setiap lokal diisi 20 siswa. “Untuk menghadapi ujian ahir sekolah tanggal 19 mendatang kita juga siap," katanya.

Sementara itu menurut Dr Jamaluddin  Mpd selaku pengamat pendidikan mengatakan, jika dilihat dari fasilitas dan sarana prasarananya memang SDN 47 layak menjadi sekolah inti karena SDN 47 mempunyai manajemen yang baik dalam mengelolah sekolah dan semua fasilitas yang dibutuhkan siswa dapat dipenuhi oleh pihak sekolah.

Jadi tidak ada salahnya jika SDN 47 menjadi sekolah dasar percontohan di Provinsi Jambi. “Jika dilihat dari pasilitas dan sarana prasaranya wajar saja kalau SDN 47 menjadi sekolah inti apalagi SDN 47 kan perjadi jadi sekolah RSBI,” ujarnya.

Dia melanjutkan jika dilihat dari prestasi yang telah didapatkan oleh SDN 47 sudah selayaknya SD tersebut menjadi sekolah favorit di Kota Jambi. Namun dari segi lokasi SDN 47 itu sudah telalu sempit dan pembelajarannya kurang kondusif.

Karena berada di pinggir jalan besar dan suara-suara kendaraan yang lalu lalang akan mengganggu pendengaran sehingga hal itu dapat mengganggu siswa dalam belajarnya.

“Sekolah itu memang bagus namun posisinya saja yang karang bagus untuk konsentrasi siswa karena suara brisik dari lalu lalang kendaraan,” katanya.

Ditambahkan, dalam segi prestasi memang SDN 47 melahirkan orang -orang yang berprestasi dan membuat anak-anak lebih kreatif yang timbul dari diri anak sehingga SD tersebut terus mendapat prestasi dibandingan sekolah-sekolah dasar lainnya. 

Jika yang masuk sekolah tersebut merupakan anak-anak yang sudah berprestasi sehingga pihak sekolah hanya memolesnya dan membentuk siswa yang kreatif sehingga melahirkan siswa yang berprestasi. “Kalau kita lihat SDN 47 mempunyai prestasi yang bagus, dalam hal perlombaan dan lain sebagainya," katanya.(KAHARUDDIN, Jambi/lee)




Tidak ada komentar: