.

.
.

Kamis, 08 Mei 2014

Menjaring Talenta Musik Klasik dan Tari Kreasi di FLS2N



 

Pada usia belia banyak talenta-talenta yang dimiliki siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jambi. Melalui Fetival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Seni Tari Kreasi dan Seni Musik Klasik tingkat Provinsi Jambi tahun 2014 yang digelar sejak tanggal 5 Mei hingga 9 Mei mendatang, diharapkan muncul seniman-seniman muda berbakat dari Provinsi Jambi.

KAHARUDDIN, Jambi

Kegiatan FLS2NSeni Tari Kreasi dan Seni Musik Klasik tingkat Provinsi Jambi tahun 2014 yang dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Telanaipura Kota Jambi dapat menjaring siswa-siswi yang memiliki talenta.

Guna mengetahui potensi dari setiap siswa SMK dalam berkreasi dalam seni musik dan tari, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mefestiva untuk mencari SMK berprestasi yang akan mewakili Provisi Jambi untuk
festival nasional yang akan di laksanakan di Semarang pada tanggal 1 Juni hingga 7 Juni mendatang.

Perlombaan ini diikuti oleh seluru SMK se-Provinsi Jambi. Perlombaan Festival Lomba Seni Siswa Nasiolan merupakan penyeleksian untuk mewakili Jambi dalam perlombaan FLS2N ditingkat nasional nantinya.


Ketua Panitia FLS2NSeni Tari Kreasi dan Seni Musik Klasik tingkat Provinsi Jambi, Ismail mengatakan, festival lomba seni siswa budaya yang diadakan Dinas Provinsi Jambi yang dibuka pada tanggal 5 Mei di Abadi Hotel dan FLS2N berlansung selama empat hari di lapangan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Perlombaan  Seni Musik dilaksanakan pada hari Selasa 6 Mei dan lansung final. Sedangkan untuk pelombaan seni tari dilaksanakan hari Rabu 7 Mie juga akan lansung final. Pengumuman hasil perlombaan akan diumumkan pada saat penutupan yang akan diadakan pada hari Kamis tanggal 8 Mei di Hotel Abadi. “Perlombaan ini buka  tanggal 5 Mei dan ditutup pada tanggal 9 Mei,” katanya.

Pelaksanaan FLS2NSeni Tari Kreasi dan Seni Musik Klasik tingkat Provinsi Jambi 2014 diikuti peserta 220 orang terdiri dari 22 orang pendamping dan 198 peserta dengan mengikuti perlombaan yang pertama lomba seni musik / bend 9 orang perkabupaten.

Kedua perlombaan seni tari kreasi yang juga melibatkan 9 siswa per kabupaten. “Semua Sekolah SMK di kabupaten kota  mengirimkan perwakilan dari dua mata lomba yang di lombakan, dan masing perlombaan melibatkan 9 siswa,” katanya.

Dia menambahkan adapun tema dari festival lomba seni siswa adalah, melalui festival lomba seni siswa nasional FLS2N SMK tingkat Provinsi Jambi “Sebagai bentuk karakter bangsa, kita perkokoh persatuan dan kesatuan untuk membangun manusia Indonesia yang cerdas dan kreatif, berbudaya dan berdaya saing menuju Jambi emas 2015”.

Pihaknya meminta kepada setiap utusan SMK agar berlomba dengan kreatifitas dan selalu menjunjung tinggi sportifitas/ “Kita meminta kepada peserta lomba untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam perlombaan ini,” katanya.

Dilanjutkan, FLS2NSeni Tari Kreasi dan Seni Musik Klasik tingkat Provinsi Jambi itu bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bidang seni tari dan seni musik.

Kemudian memberikan pembekalan kepada para peserta agar lebih siap dalam menghadapi perlombaan tingkat nasional. Selanjutnya melatih kesiapan mental para peserta dalam mengikuti perlombaan baik untuk tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Tujuan lainnya yakni menseleksi siswa SMK untuk mewakili Provinsi Jambi pada tingkat nasional. “Jadi tujuan melaksanakan PLS2N untuk mencari bakat dari tiap daerah yang nantinya akan mewakili provinsi jambi menuju FLS2N ketingkat nasional," katanya. 

Adapun siswa SMK yang mewakili kabupaten kota masing seperti dari
Tanjung Jabung Timur mengirim SMK 1, Tanjung Jabung Barat mengutus SMK 1, Sarolangun mengutus SMK 8, Muarojambi SMK 1.

Kemudian Kabupaten Tebo mengutus SMK 2, Bungo mengutus SMK 1, Kerinci SMK 2, Sungai penuh SMK 3, Kota Jambi mengutus SMK 2, Batanghari mengutus SMK 2dan Kabupaten Merangin mengutus SMK 1. “Semua SMK yang diutus itu merupakan pemenang FLS2N tingkat kabuten kota masing-masing,” kata Ismail.

Pihaknya berharap, setelah kegiatan Festival Lomba Seni Siswa dapat menambah ilmu dan pengetahuan siswa SMK tentang seni Musik dan Seni tari. Pemenang FLS2N akan mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional.

Siapapun yang mejadi pemenang akan di FLS2N nantinya ketika mewakili Jambi  menjadi pemenang FLS2N ditingkat nasional nantinya. “Kita berharap saipapun yang menjadi pemenang dan akan mewakili Jambi dalm festival lomba seni siswa tingkat nasional nanti akan membawa nama harum Jambi,” katanya.(*/lee)
***

Tim Juri Nilai Tiga Aspek

Sementa itu, Darwan selaku seniman sebagai koreografer, dan juga sebagai juri mengatakan, dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional dinilai dari tiga aspek yaitu, wiraga, wirama, wirasa.

Wiraga itu ekplorasi dari pleksibilitas gerak dilihat dari bentuk gerak, jangkaun gerak kemudian pawer dari gerak, ekspresi gerak. Sedang wirama melihat dari ketepatan irama sesui apa tidak irama dengan gerakan.

Kemudian penilaian wirasa lebih kepada pengahayatan gerak dan irama. “Memperlihatkan ekspresi wajah, ekspresi pawer dan ekspresi gerak itulah yang menjadi penilaian kita," katanya.

Dia melanjutkan, peserta yang mengeluarkan power dan pengayatan dalam gerak yang menjadi peni
laian utama dalam perlombaan itu, dan bagai mana peserta dapat menampilkan tarian dengan penuh percaya diri.

Dalam penilaian pihaknya juga mengacu pada petujuk penilaian pusat dalam betuk wiraga, wirama, wirasa, jadi pihaknya hanya menilai berdasarkan petujuk dari pusat. “Dalam penilaian kita mengacu pada petunjuk dari pusat,” katanya.

Dalam festival lomba seni siswa yang diperlombakan merupa tari kelompok. Jadi yang menjadi penilaian juga dari gerakan kompak. Dalam komposisi tari tersebut tidak harus kompak semua karena dalam menyusun dinamika.

Ada yang berlainan gerak berlainan komposisi. Pengaturan ruang waktu dan tenaga. Dalam penilaian juga ada penilaian waktu yaitu, tempo dan bisa mengunakan ruangan secara maksimal.

“Ada ruang dari komposisinya dan ruang dari geraknya, dan jika mereka perputar seluas apa mereka menggunakan ruang itu,” katanya.

Untuk angka penilaiannya dari 50 sampai 100 dan angka selahnya 5. Jadi sistem peniannya dari berselang 50, 55, 60, 65, dan seterusnya. Penilain dilihat dari bagaimana peserta masuk, dan menampilkan tarian yang dibawakan.

Penguasan ruang dan ekspresi dari setiap peserta.  Jumlah stiap penampilan berjumlah 9 orang kerana merukan tari kelompok. “Sistem penilaian kita dari bagai mana persta masuk mejikan tarian hingga kembali," katanya.(khr/lee)(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI, KAMIS 8 MEI 2014)
JURI  PERLOMBAAN SENI TARI  DARWAN

KETUA PELAKSANA FLS2N TINGKAT PROVINSI ISMAIL







Tidak ada komentar: