FOTO IST.OKEZONE.COM |
Sepeda motor Honda
terbaru muncul setiap tahunnya. Dengan mengusung teknologi tercanggih,
motor terbaru Honda menjadi paling unggul di kelasnya. Para pecinta motor Honda
selalu menunggu kemunculan produk-produk motor Honda terbaru.
ROSENMAN M, Jambi
Dengan semakin menggeliatnya pasar sepeda motor di Indonesia, Honda
Motor selalu berusaha untuk memanjakan para konsumen setianya dengan merilis
produk-produk terbaru.
Tahun ini saja, Honda mengeluarkan beberapa varian baru yang
benar-benar gres dan beberapa model pengembangan yang sudah ada. Tentunya diiringi
dengan spesifikasi yang mumpuni pula.
Memiliki sepeda motor Honda
baru adalah impian semua orang,
jelas membeli motor Honda baru ketimbang motor bekas lebih menguntungkan. Namun
di antara calon pembeli terkadang masih sulit untuk memutuskan, apakah mau
membelinya secara kredit atau membelinya secara cash.
Mempertimbangkan bujet yang dimiliki, jika ingin membeli
secara cash berarti harus terkumpul sejumlah uang terlebih dahulu seharga
sepeda motor Honda yang ingin dibeli baru bisa memiliki motor Honda baru.
Tidak masalah bagi Anda yang memang sudah merencanakan sejak
lama untuk membeli motor Honda baru dan sudah mulai menabung sejak lama.
Tinggal datang ke dealer Honda motor terdekat, selesaikan proses administrasi,
maka motor Honda baru Anda pun siap di antar ke rumah Anda.
Sementara jika Anda memutuskan untuk membeli motor Honda baru
secara kredit, Anda tidak perlu menunggu uang terkumpul senilai harga motor
baru tersebut.
Perbedaan Honda Verza 150 VS Honda Mega Pro
Honda Verza 150 telah resmi diluncurkan dan siap bersaing
untuk meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Kuda besi yang merupakan keluaran
terbaru dari pabrikan Honda mempunyai desain yang sporty dan terlihat sangat
tangguh yang membuat motor ini menjadi pilihan bagi yang gemar dengan motor sport.
Bagi Anda yang mungkin sedang mencari motor sport tetapi
dengan harga terjangkau, sangat tepat sekali apabila memilih Honda verza 150.
Sepintas Verza 150 mirip dengan Honda Mega Pro apakah ini sebagai pembaharuan
dari Mega Pro? Perbedaan Honda Verza 150 dan Honda Mega Pro ada 46 point.
Sasis
Diketahui bahwa walaupun sama sama menganut tipe diamond, akan tetapi beberapa detail sedikit berbeda, misalnya saja terlihat jarak antara kedua pipa sub frame pada verza sedikit lebih lebar dan ada tambahan pillinon boncenger (footstep) yang terpisah dari footstep rider.
Diketahui bahwa walaupun sama sama menganut tipe diamond, akan tetapi beberapa detail sedikit berbeda, misalnya saja terlihat jarak antara kedua pipa sub frame pada verza sedikit lebih lebar dan ada tambahan pillinon boncenger (footstep) yang terpisah dari footstep rider.
Tampak juga
Sasis NMP sedikit lebih nukik pada bagian subframe plus penempatan braket
monoshok. Lho koq Sasis Verza pada down tubenya bisa nggak dicoak? hmmm bisa
jadi karena mulut manfold exhasus verza lebih nonjol keluar karena adanya
tempat O2 sensor, imho.
Rem dan Grip
Sudah jelas banget bahwa Seluruh varian Verza menggunakan rem drum alias tromol, sednagkan NMP pada versi CW nya menggunakan rem belakang cakram. Eh pada Verza disediakan pengait helm juga lho seperti pada PCX, dan CB, jadi lebih rapih kalo mengaantung helm.
Knalpot
Walaupun memiliki dimensi yang sepetinya sama persis, akan tetapi dari luar sekilas terlihat bahwa warna membuat perbedaan signifikan pada Knalpot Verza yang dilabur Hitam dof.
Akan tetapi jika
kita belek dalamnya terlihat knalpot verza memiliki katalitik converter. Secara
logika harga Knalpot averza harusnya lebih mahal dari pada knalpot NMP.
Kabel Gas
Kabel gas Verza jelas beda dengan Kabel Gas NMP. Kabel gas verza menganut Push-pull throttle wire, ada dua kabel kawat gas kembar satu narik satu ndorong. Katanya mekanisme ini disinyalir membuat betotan lebih enteng.
Final Drive Ratio
Sproket depan NMP dan verza menggunakan spek yang sama yakni 14 mata, akan tetapi sproket belakang Verza memiliki jumlah mata yang lebih sedikit yakni 41 mata. Sedangkan NMP 42 mata. Disinyalir Verza lebih ngejar top speed dan irit.
Alternator
Kumparan Alternator Verza yang sudah 3 phase sedikit berbeda dengan Kmparan alternator NMP yang masih 1 phase. Alternator adalah part kelistrikan berupa kumparan yang mengubah gerakan mekanik menjadi listrik.
Kumparan Alternator Verza yang sudah 3 phase sedikit berbeda dengan Kmparan alternator NMP yang masih 1 phase. Alternator adalah part kelistrikan berupa kumparan yang mengubah gerakan mekanik menjadi listrik.
Ternyata model 3
phase yang sudah ditemukan dari jalan Nicola tesla memiliki tingkat efesiensi
yang lebih baik 150 % dibanding single phase.
Panel Speedometer
Verza adalah budget sport Motorcycle, so pasti ada fitur yang dikurangi. Jadi jika di NMP kita menemukan adanya Takometer buat menentukan dan melihat putaran mesin sehingga bisa menentukan kapan saat terbaik dan ter efesien mengganti gear.
Maka pada
Verza keputusan ini dilakukan hanya menggunakan pendengaran dan perasaan karena
Varza nggak memiliki takometer. Dirasakan kitiran mesin sudah ngegerung maka
udah ketinggian, ganti gear. Selain itu juga panel Meter verza nggak dilengkapi
Jam digital.
Panel Saklar Setang
Panel Saklar Setang
Walaupun sudah menganut standar pola penyusunan saklar setang terbarunya Honda, Panel Saklar Setang verza banyak yang nggak ada seperti saklar pilih lampu. Saklar lampu dim dan choke. Ini semua dikarenakan sudah AHO dan sudah injeksi. Sedangkan engine kill switch sama sama nggak ada di NMP dan verza.
Mesin
Dalam mesin seperti ukuran piston, transmisi dan kompresi sama banget. Perbedaannya adalah karena sudah injeksi Verza menggunakan beberpa sensor seperti pengukur suhu oli (EOT), O2 sensor, dan Trotel Possition. Karena Verza sudah menggunakan O2 sensor tidak dibutuhkan lagi SAS yang tadinya dibenamkan di NPM. Otomatis tutup kepala silindernya beda dikit.
Timing Pengapian
Timing pengapian berbeda antara Verza dan NMP. Menuut AHM hal ini dilakukan karena Verza lebih menekankan pada kehematan penggunaan bahan bakar.(berbagai sumber/lee)
============
KOLOM
Honda Verza Paling Irit di Kelasnya
Touring Ekspedisi Nusantara Satu Hati untuk
Negeri tak hanya berhasil membuktikan ketangguhan mesin motor sport Honda tapi
juga berhasil mencatatkan konsumsi BBM teririt melalui Honda Verza 150 yaitu
84,5 km/liter. Rekor ini dicetak pada rute Bekasi - Purwokerto dengan kondisi
jalan macet dan rusak.
Kondisi jalan tersebut tidak menghalangi 12 rider
turing ini untuk menjajal ketangguhan dan keiritan Honda Verza 150. Karakter
jalan yang berkelok, rusak, menanjak, hingga terjal pun dilibas tanpa halangan
berarti.
Kelok sembilan di Padang, Sumatera Barat, kondisi
jalan rusak pascahujan di beberapa wilayah di Sumatera dan Jawa yang belum
sempat diperbaiki, hingga terjalnya pegunungan Bromo, Jawa Timur sepanjang
6.000 km diselesaikan dalam 16 hari.
Dengan penuh semangat, 12 rider dari berbagai
komunitas Honda di Indonesia menguji ketangguhan mesin dan beragam fitur
unggulan pada 3 tipe motor sport Honda, New Megapro FI, Honda CB150 StreetFire
dan Honda Verza 150.
Bahkan Honda Verza 150 mampu menghasilkan
konsumsi BBM rata-rata sebesar 56,6 km/liter, melampaui hasil pengukuran
konsumsi BBM yang dilakukan perusahaan dengan metode ECE R40 yaitu 48 km/liter.
General Manager Marketing Planning and Analysis
Division PT Astra Honda Motor (AHM), Agustinus Indraputra mengatakan, hasil yang dicatat dalam kegiatan
Ekspedisi Nusantara Honda ini mencerminkan bahwa teknologi injeksi Honda mampu
memberikan penghematan konsumsi BBM yang signifikan dalam berkendara
sehari-hari dengan berbagai kondisi jalan.
“Teknologi PGM-FI Honda sudah lama dikenal hemat
bahan bakar. Bahkan dalam kondisi cuaca dingin yang ekstrim di Gunung Bromo
pun, teknologi injeksi Honda terus menyuplai bahan bakar yang irit tanpa
kendala apapun. Kali ini motor sport injeksi Honda Verza 150 mampu
membuktikannya. Kami semakin optimis model ini mampu memenuhi kebutuhan
masyarakat yan,” ujarnya.
Honda Verza 150 menghasilkan performa berkendara
yang maksimal karena dibekali mesin 150cc, 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal,
5-Kecepatan yang menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel
Injection). Mesinnya powerful, responsif, ramah lingkungan serta menghasilkan
konsumsi bahan bakar terhemat di kelasnya.(net/lee)
****
Berikut ini beberapa keuntungan membeli motor Honda baru
secara kredit :
1. Proses sangat mudah, tidak perlu ribet-ribet.
2. Dijamin barang yang Anda terima masih dalam kondisi
baru
3. Hanya perlu mempersiapkan uang DP saja, silahkan Anda
melihat brosur-brosur atau leaflet yang di tawarkan. harga uang DP pun bisa
berbeda-beda. Dan uang DP ini pun biasanya masih sesuai dengan isi kantong.
4. Tidak perlu menabung dalam jangka waktu yang lama dan
dalam jumlah yang banyak.
5. Motor Honda baru Anda pasti di asuransikan jika Anda
memutuskan untuk kredit motor Honda baru Anda di astra motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar