.

.
.

Wednesday, 7 May 2014

Gubernur Apresiasi Pementasan Teater Raden Mattaher di TBJ

Pementasan Teater Raden Mattaher di TBJ Senin 5 Mei 2014 malam
Pertunjukan Teater Raden Mattaher yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei di Gedung pertunjukan Taman Budaya Jambi (TBJ) berjalan lancar dan meriah. Pertunjukan teater Raden Mattaher  dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jambi Hasan Basri Agus, didampingi oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jambi Edi Erizon, Budayawan Junaidi T Noor dan tidak ketinggalan kepala Dinas TBJ Sri Purnamasyam. Gubernur Jambi mengaprasiasi kegiatan seni yang berkesinambungan di TBJ.

ANDRI MUSTARI, Jambi

Pertunjukan Teater Raden Mattaher  yang disutradarai oleh EM Yogi Swara sangat diapresiasi oleh Gubernur Provinsi Jambi. Baginya pertunjukan teater Raden Mattaher  memberikan sebuah pesan, betapa hebatnya para perjuang terdahulu dalam mempertahankan Jambi.

Memberikan sebuah pemahaman kepada generasi muda akan arti sebuah perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang demi mempertahankan agama dan bangsa.

“Saya sangat senag dan merasa bangga dengan kreatifitas yang diraih para seniman-seniman saat ini, tergambar dengan pertunjukan ini, memberikan sebuah pemahaman tentang perlawanan yang dilakukan oleh Raden Mattaher  dalam memperjuangkan Jambi,” kata HBA.

Dengan kesempatan ini Pemerintah Daerah
Provinsi Jambi telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat  untuk memberikan gelar pahlawan Nasional kepada Raden Mattaher  yang merupakan salah satu pejuang rakyat Jambi dalam melawan penjajah.

“Kita sudah mengusulkan agar Raden Mattaher  diberikan gelar pahlawan Nasional oleh  pemerintah pusat,  kita berharap dalam waktu dekat gelar itu sudah dapat disandang oleh Raden Mattaher  Jambi,” kata HBA.

Em Yogi Swara juga menyampaikan bahwa pada kegiatan ini membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk bisa dipertunjukan. Ia pun sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Gubenur Jambi dan Taman Budaya Jambi, sehingga pelaksanaan kegiatan pementasan Teater Raden Mattaher  dapat terselenggara dengan baik. “Saya berterima kasih atas bantuan yang diberikan bapak gubernur,” kata Em Yogi Swara.

Antusias penonton sangat terlihat, hampir 1000 orang penonton yang memadati gedung pertunjukan Taman Budaya Jambi. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan untuk Taman Budaya Jambi yang tidak henti-hentinya memberikan ruang kepada pelaku seni untuk selalu berkesenian.

Apapun jenis seni yang dilakukan. Hal ini juga membuat Gubernur Provinsi Jambi merasa senang dan bangga akan kinerja yang dilakukan oleh Taman Budaya Jambi dan Dinas Budaya pariwisata Provinsi Jambi. 

“Kinerja yang dilakukan Taman Budaya Jambi dan Dinas Budpar provinsi telah memberikan sebuah kebanggan tersendiri buat saya pribadi dan buat daerah, kita berharap TBJ bisa mempertahankan keaktifannya ini,” kata HBA.

Sebelum pelaksanaan pementasan tetaer Raden Mattaher , HBA beserta rombongan menyempatkan diri untuk bisa melihat pameran Artwork yang dilaksankan oleh komunitas Grindsick yang diketuai oleh Suryadinata yang merupakan salah satu seniman muda Jambi. 

Pameran yang dilaknsakan tersebut pun mendapatkan dukungan yang sangat luar biasa oleh orang nomor satu itu di Provinsi Jambi, ia mengatakan bahwa seniman muda jambi memiliki sebuah keterampilan yang tidak kalah dengan daerah-daerah lainya.

“Kreatifitas anak Jambi luar biasa, hal ini perlu didukung karena kegiatan yang dilakukan oleh para seniman muda merupakan sebuah kegiatan yang positif,” tutur HBA.

Dengan pelaksanaan pameran tersebut HBA meninggalkan sebuah pesan dalam sebuah tulisan yang ditulis langsung HBA  yaitu “Teruslah Kembangkan Inovasi dan Kreativitas”.

Selain itu HBA diberikan sebuah cindramata oleh Ketua Panitia Pameran Artwork Suryadinata, yang berbentuk miniatur kapal pesiar yang terbuat dari barang-barang bekas seperti koran dan pelepa pinang. 

Selain itu HBA juga mengunjungi warung baca yang juga salah satu dari pameran yang dibuat oleh Komunitas Grindsick yang tujuanya ingin memgembalikan semangat baca anak-anak muda. Hal ini juga mendapatkan dukungan dari Gubernur Provinsi Jambi HBA. 

Baginya TBJ, merupakan sebuah kelembagaan yang sangat memberikan ampak positif bagi anak-anak muda Jambi untuk selalu berkarya menciptakan sebuah kreatifitas dan mendaptakan prestasi yang baik. Selain itu HBA juga mengatakan bahwa kinerja yang dilakukan oleh TBJ merupakan sebuah kinerja yang sangat dikehendaki oleh dirinya.

“Kegiatan di TBJ merupakan kegiatan yang memang saya kehendaki. Ke aktifanya dalam membina, mengembangkan dan melestarikan kesenian dan kebuayaan Jambi, saya kira ini merupakan sebuah prestasi yang harus dipertahankan kalau perlu dikembangkan lagi,” ujar  HBA.

Kepala Taman Budaya Jambi Sri Purnamasyam mengatakan bahwa TBJ akan selalu memberikan ruang siapa saja yang ingin berkesenian selagi tujuanna untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang dimiliki Provinsi Jambi. 

Apapun bentuk kegiatan yang dialkuakn TBJ akan selalu membantu sesuai apa yang bisa dilakukan atau yang bisa diberikan TBJ. 

“Kita akan selalu mendukung apapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan, kita akan membantu dan selalu memfaslitasi para pelaku seni untuk bisa berkesenian dengan baik,” kata Sri Purnamasyam.
Dengan pencapaian ini maka, HBA sangat mengharapkan agar para pelaku seni selalu berkarya, berbuat untuk keentingan daerah, sehingga HBA kedepan mempunyai niatan akan membangun sebuah gedung yang memadai, dengan catatan TBJ bisa mempertahakan kinerja yang dilakukan saat ini. 

“Disaat saya baru-baru jadi gubenur kita bangun gedung pertunjukan ini. Kedepan apa bila TBJ mampu mempertahankan prestasi yang diraih saat ini, maka kita mempunyai niatan akan memberikan sebuah fasilitas yang lebih memadai untuk bisa memberikan sebuah pembinaan dengan baik kepada pelaku seni yang ada di Jambi,” kata HBA sambil tersenyum. (*/lee)


Gubernur Jambi HBA Tinjau Pameran Art Wort Star Warna di TBJ Senin 5 Mei malam

Gubernur Jambi HBA Tinjau Pameran Art Wort Star Warna di TBJ Senin 5 Mei malam

Gubernur Jambi HBA Tinjau Pameran Art Wort Star Warna di TBJ Senin 5 Mei malam

Pementasan Teater Raden Mattaher di TBJ Senin 5 Mei 2014 malam

Pementasan Teater Raden Mattaher di TBJ Senin 5 Mei 2014 malam

Pementasan Teater Raden Mattaher di TBJ Senin 5 Mei 2014 malam

Gubernur Jambi HBA Tinjau Pameran Art Wort Star Warna di TBJ Senin 5 Mei malam


No comments: