.

.
.

Rabu, 16 April 2014

Prediksi 7 Kursi Caleg di DPR RI Dapil Jambi

PREDIKSI CALEG DI DPR RI DAPIL PROVINSI JAMBI

Hj Saniatul Lativa
Hasil Pileg 9 April 2014

Walaupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi baru akan melakukan pleno suara Pileg 24 hingga 27 April mendatang, namun berbagai prediksi kursi DPR RI sudah mulai dapat diterka. Tujuh kursi di DPR itu masing-masing satu kursi dari PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, Demokrat dan Hanura.

ROSENMAN M, Jambi

Dari penelusuran informasi, bahkan Caleg DPR RI incumben juga banyak yang tumbang. Sementara Caleg DPR perempuan justru lebih mendulang suara lebih banyak. Dua istri Bupati aktif yakni Istri Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan, Ir Hj Esrita Usman Ermulan (Gerindra) dan istri Bupati Tebo Sukandar, Hj Saniatul Lativa (Golkar).

Sementara Caleg DPR RI perempuan lainnya yakni dr. Hj. Indrawati Sukadis, M,Si dari Partai Demokrat. Sementara Caleg incumben dari Golkar Selina Gita, SE diyakina tak masuk senayan.

Sementara sejumlah ketua umum partai politik tingkat Provinsi Jambi yang mencaleg namun tidak lolos, yakni Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi H Arsutan Adil Hendra MM dan Ketua DPD Nasdem Provinsi Jambi H  Agus Suyandi Boni, SH, MH. Keduanya merupakan caleg nomor urut satu dari partai masing-masing.

Prediksi tujuh kursi DPR RI akan ditempati oleh  M R Ihsan Yunus, MEconStd (PDIP), Hj Saniatul Lativa (Golkar), Ir Hj Esrita Usman Ermulan MSi (Gerindra), dr Hj Indrawati Sukadis, M,Si (P Demokrat-incumben), H A Bakri HM SE (PAN-incumben),  Drs. H. A. Murady Darmansyah (Hanura-incumben) dan Ir Tigor GH. Sinaga (Nasdem).

Berdasarkan hasil perolehan suara di TPS se Provinsi Jambi, ke tujug caleg DPR RI ini diprediksi kuat bakal duduk
di DPR RI. KPU Provinsi Jambi baru akan mengumumkan hasil Pileg pada 27 April 2014 mendatang.

Sementara jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Provinsi Jambi untuk Pemilu 2014 berjumlah 2.528.361 dari 3.532.126 jiwa jumlah penduduk Provinsi Jambi. Jumlah suara sah Pileg 9 April 2014 belum dipublis KPU Provinsi Jambi.

Jumlah DP4 itu terbagi laki-laki sebanyak 1.297.288 jiwa dan perempuan sebanyak 1.231.073 jiwa yang  tersebar di 11 kabupaten/kota. Sementara jumlah DPT Dapil Kota Jambi berjumlah 435.010 dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.706. 

Sedangkan Bilangan Pembagi Penduduk selanjutnya disingkat BPPd untuk satu kursi DPR RI mencapai 64.220 suara. 

Provinsi Jambi menjadi salah satu daerah pertarungan caleg dari masing-masing partai politik di Pemilu 9 April mendatang. Total 82 orang maju sebagai caleg di daerah pemilihan Jambi.

Sepuluh partai politik mengajukan 7 orang calon di dapil ini. PKS dan PKPI hanya mengajukan 5 orang.

Daerah pemilihan Jambi terdiri dari Kerinci, Merangin, Sarolangun, Batang Hari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Tebo, Kota Jambi, dan Kota Sungai Penuh.

Muhammad Rakyan Ihsan Yunus

Anak pasangan Irsal Yunus dan Agnita Singedekane ini mengikuti jejak orangtuanya menjadi politisi di Senayan periode 2014-2019. Ayahnya adalah anggota legislatif di periode sebelumnya, sedangkan ibunya Sekretaris Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan.

Berada dalam partai politik yang sama seperti orangtuanya, Ihsan Yunus dipercaya menjadi Wakil Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA, Departemen Balitbang DPC PDI Perjuangan Jakarta, Bendahara Umum PPGI, dan Sekretaris Departemen Hubungan Internasional DPP PDI Perjuangan. Setelah mengabdi hampir 10 tahun di PDI Perjuangan, lulusan University of Queensland Australia ini menjadi caleg mewakili PDI Perjuangan nomor urut 1 di dapil Jambi.

dr. Hj. Indrawati Sukadis, M.Si

Caleg incumbent dari Partai Demokrat ini kembali mencalonkan dirinya untuk menjadi calon anggota legislatif dari dapil Jambi dan mendapat nomor urut 1. Rekam pendidikannya yang terakhir adalah pascasarjana ilmu administrasi YAPPANN Jakarta, dan gelar dokter ia raih dari Universitas Kristen Indonesia tahun 1980.

Bendahara Umum DPP Partai Demokrat ini di DPR membidangi Infrastruktur, Perhubungan dan Perumahan Rakyat, di organisasi lainnya Indrawati Sukadis tergabung dalam Yayasan Ginjal Nasional Indonesia dan Yayasan Peduli Anak Indonesia.

H.A. Bakri, HM, SE

H.A. Bakri dikenal sebagai pengusaha yang sukses di daerah asalnya Jambi, pada Pemilu legislatif 2009 lalu, Bakri cukup signifikan perolehan suaranya. Bakri saat ini tercatat sebagai Kapoksi V Fraksi PAN DPR RI yang menangani persoalan pembangunan dan infrastruktur sangat sesuai dengan latar belakang dia sebagai pengusaha jasa konstruksi di Jambi.

Bakri pernah menjadi pengurus Koni dan Ketua PBSI Jambi, pernah menjadi Ketua Kadin serta Ketua ICBC atau Indonesia-China Business Council. Karirnya dalam politik dimulai ketika dia menjabat sebagai bendahara DPW PAN Jambi dan kemudian terpilih menjadi ketua di DPP PAN sebagai Ketua Bapilu PAN untuk wilayah Jambi-Bengkulu. Di  pemilu 9 April 2014 PAN kembali mengusung dirinya untuk menjadi caleg dengan nomor urut 2 untuk dapil Jambi.

Drs. Abdul Murady Darmansyah

Sebagai anggota komisi IV membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, Bulog, kelautan dan perikanan, Abdul Murady Darmansyah menjadi caleg incumbent yang maju di dapil Jambi dari Partai Hanura nomor urut 1.

Rekam jejaknya di Partai Hanura antara lain, menjadi Ketua Korwil Sumatera, Wakil Bendahara DPP Partai Hanura, dan menjadi Bendahara Fraksi Hanura. Selain itu, Abdul Murady Darmansyah pernah menjadi penasihat DPW Muhammadiyah Jambi dan menjadi Anggota Penasihat Bupati Kerinci. (*/lee)

KOLOM

Caleg DPR RI Pileg 9 April 2014

PARTAI NASDEM
1. H . Agus Suyandi Boni, SH, MH
2. Siti Nurzanah
3. Izhar Majid
4. Drs. H. A. Baidawi Jabbar, MM
5. Hj. Farida Hamid
6. Rina Susanti, SKM
7. Ir Tigor GH. Sinaga

PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

1. H. Handayani, SKM
2. Aprizal
3. Wilda Tussururoh
4. Raden Abu Bakar Abdillah
5. Raden Syafril Abdurrahman
6. Nurul Hidayatul Ummah
7. Siti Huzaefah


PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

1. Venny Zano
2. Reni Lestari, S.si
3. Syafrudin Hadi
4. Zalmasri Rida, BBA, SE
5. Siti Roudoh, Lc
 
PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN

1. M. R. Ihsan Yunus, MEconStd
2. H. Abdul Halim, SE
3. Hj. Yulinar, SE, S.ip
4. Hj. Teti Kurniawati, SH, M.kn
5. Dodi Sularso, SH
6. Dr. Ir. H. Safrial, MS
7. Dorni Sefrini

PARTAI GOLONGAN KARYA

1. Selina Gita, SE
2. Pinto Jayanegara BA, S.Psi, M.Si
3. Kemas Faried Alfarelly, SE
4. DR. Ir. Hj. Hariatia, ME
5. Drs. H. Joeslin Nasution, M.Si
6. Hj. Saniatul Lativa
7. Drs. H.Ismail Tajuddin


PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA


1. Ir. H. Arsutan Adil Hendra, MM
2. Ir. Hj. Esrita Usman Ermulan, MSi
3. Drs. HM. Najmi, MPd
4. Ahmad Gunawan
5. Siti Jarnah
6. H. Bambang Hermanto
7. Dra. Hj. Yulisma

 PARTAI DEMOKRAT

1. dr. Hj. Indrawati Sukadis, M,Si
2. Drs. H. Syofyan Ali
3. Drs. H. Zulfikar Achmad
4. Dipo Nurhadi Ilham, MBA
5. H. Ahmad Subandi Budianto, SE, MM
6. Camelia Puji Astuti, S.Sos, MA
7. Lia Yulia Sumantri

 PARTAI AMANAT NASIONAL

1. Ir. Erwina Yunarti
2. H. A. Bakri HM, SE
3. H. Herman Kadir, SH, H.Hum
4. Drs. H. A.Wahab Hasyab
5. Dedi Masiuni, SE
6. Nurlaela
7. Dwi Yosi Romila

 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

1. Dra. Hj. Elviana, M.Si
2. Namira Andriani, SH
3. Drs. H. Masril Muhammad MM, MBA
4. Ir. Ami Taher
5. Hj. Suryani, SH
6. Syahgawi Absry, SE
7. Arya Permana Graha
 
 PARTAI HATI NURANI RAKYAT


1. Drs. H. A. Murady Darmansyah
2. H. Iskandar, SH
3. Dwi Putri Rahmatiah, SE
4. H. Iskandar, SH
5. Dwi Putri Rahmatiah, SE
6. Drs. Afrizal Said, MM
7. DR. Firdaus Nur
8. Yuldawati Tanjung, SH
9. Betti Florinda, SP


PARTAI BULAN BINTANG


1. Ir. Afriansyah Noor, M.Si
2. M. NasirAlmi
3. Fauziah Noor
4. Andi Elyusra Bakar
5. Drs. H. Sirawaihi, SH
6. Ida Yani Nasron
7. Helmiyanti, SH


PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA

1. Asmara Roni, BE
2. Nelson B
3. Reiny Losanty
4. Leoni Agustina Diani, SE
5. Bejo Santoso S.Kep, Ns
6. Lia Linawati
7. Muhammad Agus Widiyanto

(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI RABU 16 APRIL 2014)

Tidak ada komentar: