Rabu, 16 April 2014

Daun Sirih Tak Sekadar Jenis Tumbuhan Biasa



Tanaman Sirih
Daun sirih yaitu satu diantara type tanaman asli Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat atau bertumpu pada batang pohon lain. Pada zaman dulu budaya kakek & nenek kita kerap mengunyah daun sirih berbarengan dengan gambir, pinang dan kapur. Namun bersamaan dengan perubahan zaman, hal itu berangsur-angsur sudah menghilang. Tapi hingga kini masih masyarakat di daerah tertentu yang tetap mengabadikan daun sirih sebagai cemilan, khususnya kaum hawa.

ROSENMAN M, Jambi

Daun sirih memiliki fungsi yang benar-benar penting dalam kehidupan dan beragam upacara adat. Kegunaan daun sirih benar-benar banyak baik untuk kesehatan dan kecantikan, hingga daun sirih bisa dipakai dalam kehidupan keseharian. Baik dalam perawatan ataupun pengobatan beragam penyakit.
Daun sirih mempunyai zat atau senyawa yg mempunyai kekuatan untuk membasmi kuman dan berbentuk antifungi dan antioksidan. Di luar itu daun sirih pun kerap digunakan untuk menyembuhkan penyakit.


Satu di antara misalnya yakni dengan merebus daun sirih untuk menyingkirkan bau badan, batuk, jerawat, keputihan dan sebagainya. Nyatanya tidak cuma itu saja kegunaan daun sirih untuk kesehatan, ada banyak lagi kegunaan yang lain yg butuh Anda kenali untuk menyembuhkan beragam penyakit ringan dan berbahaya. 

Ingin tau apa sajakah kegunaan sirih untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, silakan simak dalam artikel di bawah ini :

Fungsi Daun Sirih Bagi Kesehatan

Menyembuhkan Kanker

Daun sirih bisa berguna untuk menyembuhkan kanker, Anda bisa memakainya untuk mengobatinya dengan langkah mengambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus sampai airnya menyusut sampai 1/4 sisi, kemudian ambillah air hasil rebusan daun sirih itu, campur dengan madu. Minumlaj 3 kali satu hari pada waktu masih dalam situasi hangat.

Memperlancar Buang Air Kecil

Daun sirih berbentuk diuretik yang berguna untuk memperlancar buang air kecil. Bila Anda alami penyakit sulit buang air kecil, Anda bisa coba memakai daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat juice daun sirih. Langkahnya yaitu dengan mencampurkan juice daun sirih dengan madu & susu, lalu diminum selama 1 minggu sekali.

Menyembuhkan Mimisan

Bila Anda kerap alami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, Anda bisa menghentikannya dengan memakai daun sirih. Langkahnya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yg agak muda, lalu lumatkan, gulung sembari ditekan sampai keluar minyaknya. Kemudian pakai untuk menyumbat hidung sampai tidak keluar darah lagi.

Menyembuhkan Luka Bakar
Bila Anda alami luka disebabkan luka bakar, seperti terkena knalpot atau sebagainya Anda bisa memakai daun sirih untuk mengobatinya. Langkahnya yaitu dengan memeras daun sirih seperlunya, lalu imbuhkan sedikit madu, kemudian bubuhkan di bagian kulit yg luka disebabkan terbakar. Kerjakan langkah tersebut sampai luka pulih.

 Menyembuhkan Bronkitis

Anda memiliki persoalan dengan batuk bronkitis, Anda bisa coba mengobatinya dengan memakai daun sirih dengan langkah merebus 5 sampai 7 lembar daun sirih yg sudah dicuci sampai bersih bersama-sama dengan sepotong gula batu di dalam 2 gelas air bersih. Tuggu hingga sampai tersisa satu gelas saja. Lalu minum 3 kali satu hari tiap-tiap sepertiga gelas.

Menangani Diare

Diare adalah satu diantara penyakit yg bisa bikin Anda bolak-balik ke kamar mandi, bila Anda alami diare Anda bisa coba mengatasinya dengan memakai daun sirih dengan langkah mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica & 1 sdm minyak. Lalu tumbuk ketiga komposisi itu sampai lembut, lalu gosokkan pada perut pasien diare.

Menyembuhkan Koreng atau gatal-gatal

Satu di antara fungsi daun sirih yakni bisa menyembuhkan koreng dan gatal-gatal yg dikarenakan oleh kuman & jamur. Anda bisa mengobatinya cuma dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan itu dipakai untuk mandi atau dapat juga dengan membersihkan kulit yg tekena gatal saja. Langkahnya dengan mengambil 15 sampai 20 lembar daun sirih, lalu cuci bersih & rebus. Sebisa mungkin pakai air rebusan daun sirih dlm situasi tetap hangat.

Menyembuhkan Jerawat

Anda memiliki persoalan dengan jerawat & segera ingin menghilangkannya, Anda bisa memakai daun sirih dengan langkah mengambil 8 sampai 10 lembar daun sirih, lalu cuci bersih, remas atau ditumbuk kasar, lalu seduh dengan air panas & pakai air itu untuk membersihkan luka. Kerjakanlah langkah tersebut sampai 2 atau 3 kali satu hari.

Menyingkirkan Bau Badan

Anda memiliki persoalan dengan bau badan, & hendak menghilangkannya dengan cara alami. Anda bisa mencobanya dengan memakai daun sirih untuk menghilangkannya dengan langkah mengambil 5 lembar daun sirih & rebus dengan dua gelas air. Tunggulah sampai tersisa sampai 1 gelas saja. Lalu minulah pada siang hari. Kerjakan langkah tersebut sampai bau badan hilang.

Menyembuhkan Bisul

Bila Anda tengah terkena bisul, maka Anda bisa memakai daun sirih untuk mengobatinya. Langkahnya benar-benar gampang, cuma dengan menumbuk daun sirih tua seperlunya, kemudian tambahkan ke area yg terkena bisul. Supaya daun sirih tidak terlepas, baiknya balut menggunkan kain.

Demikian faedah daun sirih untuk kesehatan kali ini. Anda bisa memakai daun sirih sbg komposisi alami untuk menyembuhkan beragam penyakit, dimulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Terima kasih sudah membaca artikel tersebut & semoga berguna.

Setidaknya ada manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan. Manfaat daun sirih – Seperti yang kita ketahui bahwasanya aaun sirih memiliki sangat banyak khasiat dan manfaat yang bisa kita pakai di dalam kehidupan keseharian kita.

Daun Sirih mempunyai kandungan banyak minyak asitri di mana di dalamnya terdapat banyak minyak betiephenol, pati, seskuiterpen, diastase, gula, zat samak dan kavikol.

Zat atau senyawa itu mempunyai kekuatan untuk membasmi kuman, dan miliki sifat antiofungia serta antioksidan. Orang tua kita dulu menjadikan daun sirih untuk obat jerawat, keputihan, mimisan, mata merah, serta masih banyak lagi yang lain. Oh iya manfaat daun sirih dapat juga menyembuhkan disfungsi ereksi.

Manfaat daun sirih itu sendiri bisa kita temui dan kita sajikan dengan beragam langkah atau langkah. Daun sirih bisa digunakan untuk penyembuhan, misalnya dengan di rebus untuk menyembuhkan jerawat, keputihan, menyingkirkan bau badan, batuk, bronkitis dan lain sebagainya.
(net/lee)