.

.
.

Senin, 28 April 2014

Aksi Sosial Donor Darah di HUT GKPS Jambi ke-31



 
Petrus Purba warga Jemaat GKPS Jambi yang berpartisipasi mendonor dalam rangka HUT GKPS Jambi ke 31 di GKPS Jambi, Minggu 27 April 2014. Foto-foto Asenk Lee Saragih.
Dalam rangka Paskah dan Hari Ulang Tahun (HUT) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi ke 31 (27 April 2014), Pemuda GKPS Jambi memprakarsai aksi social donor darah bekerjasama dengan PMI Jambi. Aksi donor darah yang diikuti sekitar 24 orang Jemaat GKPS Jambi dilaksanakan di lapangan parkir GKPS Jambi, Jalan Kapten Sujono No 12 Kecamatan Kotabaru Jambi Minggu (27/4/14).

ROSENMAN MANIHURUK, Jambi
 
Aksi donor darah ini mendapat antusias dari Jemaat GKPS Jambi, walaupun masih banyak yang enggan mendonor karena merasa belum siap. Aksi Donor darah dimulai usai ibadah kebaktian Minggu (27/4). 

Menanggapi aksi donor darah yang diprakarsai PGKPS Jambi, Pdt JP Tamsar STh mengatakan, hal itu sebagai wujud kepedulian gereja terhadap sesama umat manusia. Terlebih bagi mereka yang membutuhkan darah melalui PMI Jambi. Semoga aksi
donor darah ini sebagai kegiatan rutin PGKPS Jambi dalam berbagi kasih lewat aksi donor darah.

Ketua PGKPS Jambi, Ronald Purba mengatakan, aksi donor darah ini dalam rangkain perayaan Paskah dan HUT GKPS Jambi ke 31. Lewat aksi sosial donor darah, jemaat GKPS Jambi semakin menjadi garam dan terang bagi masyarakat sekitar dan sesama manusia.
Dirinya mengucapkan terimakasih atas respon jemaat GKPS Jambi ikut mendonor darah hingga mencapai 24 orang. Kedepannya dirinya berharap peserta pendonor darah di GKPS Jambi bisa lebih banyak lagi.

Dari 24 orang jemaat GKPS Jambi yang mendonor darahnya diantaranya Letkol Inf Drs R Saragih, Petrus Purba, Sy Awal JD Damanik, Ny Pdt JP Tamsar STh Boru Saragih, St Jabangun Sitopu, Sy VM Purba, St R Purba, Jerry Munthe, Sy Jamansen Saragih SE, Ny St JT Damanik Boru Djawak, Sy Asi M Damanik.

Mereka menyebutkan aksi donor darah yang diprakarsai PGKPS Jambi itu semoga dapat dilakukan secara berkesinambungan. Mereka juga meminta agar GKPS Jambi bisa melakukan program rutin aksi donor darah bekerjasana dengan PMI Jambi.

Petugas PMI Jambi, H A Husaini pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan rutin donor minimal sekali dalam 3 bulan. Hal itu bagus khususya bagi mereka yang masih dibawah 50 tahun.

Menurutnya, aksi donor darah yang dilakukan GKPS Jambi cukup baik demi pemenuhan kebuhutan darah di PMI dan menolong sesama yang membutuhkan. Dirinya juga berharap agar lembaga gereja dapat melakukan kegiatan rutin donor darah.

“Saya sudah ke 104 mendonor darah. Dan sudah mendapat Piagam dan Peniti Emas Bintang Satia Lencana Kebaktian Sosial dari Kementerian Sosial RI yang langsung diberikan oleh Predisen RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta belum lama ini,” kata H A Husaini.

GKPS Jambi 31 Tahun


Kiri kenanan St JT Damanik, Pdt JP Tamsar STh, Sy Friston R Sinaga SPd, St R br Purba, Shinta br Haloho, Sy DC br Girsang, St JB Sitopu dan St GM Saragih. Foto bersama usai menyerahkan hadiah pemenang vokal group dalam rangka HUT GKPS Jambi ke 31 di GKPS Jambi Minggu 27 April 2014. Foto-foto Rosenman M/HARIAN JAMBI.

GKPS Jambi yang dulunya merupakan induk GKPS Resort Palembang dan GKPS Resort Muarabungo merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-31 pada Minggu, 27 April 2013.
Perayaan HUT ke-31 GKPS Jambi  tersebut ditandai dengan pelaksanaan kebaktian minggu di GKPS Kotabaru Jambi. Perayaan HUT ke-31 GKPS Jambi tersebut berlangsung sederhana. Pada kebaktian juga diadakan sayembara vocal group antar empat sektor GKPS Jambi.
Berdasarkan keputusan dewan juri oleh Pdt JP Tamsar STh, sayembara vocal group itu Juara I Sektor Korintus (Wilayah Paal V Kotabaru), Juara II Sektor Efesus (Mayang sekitarnya), Juara III Sektor Tesalonika (Wilayah Telanaipura) dan Harapan I Sektor Filipi (Wilayah Jambi Selatan). 

Warga jemaat yang mengikuti kebaktian dan pesta sekitar 300 orang atau sekitar 50 % dari sekitar 666 jiwa warga jemaat GKPS Jambi. Kegiatan ibadah pesta HUT tersebut berlangsung singkat, diselingi vocal group dewasa antar sektor.

Perayaan HUT ke-31 GKPS Jambi tersebut difokuskan pada ibadah tanpa adanya perayaan. GKPS Jambi terbentuk menjadi GKPS Persiapan Jambi 1 April 1985. Saat itu jumlah warga jemaat sebanyak 45 kepala keluarga (KK). 

Sejak Minggu, 23 Oktober 2011, GKPS Jambi sudah dimekarkan menjadi GKPS Kotabaru Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi. Jumlah warga jemaat GKPS Kotabaru Jambi saat ini mencapai 142 KK (666 jiwa).

Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar, STh dalam kotbahnya pada kebaktian minggu pesta HUT ke-31 GKPS Jambi tersebut mengatakan, perkembangan GKPS di Jambi merupakan berkat Tuhan. Karena itu warga jemaat GKPS Jambi tidak boleh merasa sombong iman berkat berkembangnya GKPS Jambi selama ini.

Perkembangan GKPS Jambi yang telah mekar menjadi tiga resort selama 30 tahun ini menunjukkan berkat Tuhan Allah tidak dihalang-halangi oleh siapa pun. Tuhan pasti memberikan berkat dan keselamatan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Untuk itu orangpercaya tidak boleh merasa sombong dan merasa diri lebih benar dan baik. “Kita tidak boleh merendahkan/lecehkan orang lain, termasuk mereka-mereka yang baru percaya kepada Allah atau menjadi warga Kristen. Jadi, kita tidak boleh sombong rohani, hanya karena usia kita menjadi Kristen sudah cukup lama”,  katanya. (*/lee) (HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI SENIN 28 APRIL 2014)



PGKPS Jambi


VG Sektor Korintus JUARA I

FOTO-FOTO LEBIH LENGKAP KLIK: https://www.facebook.com/asenk.l.saragih

Tidak ada komentar: