.

.
.

Tuesday, 4 March 2014

Politeknik Jambi Pertama, Berbasis Teknologi Industri


Politeknik Jambi. Foto Harian Jambi

Lembaga pemerintahan dan perusahaan mulai merekrut tenaga kerja yang mengacu pada dunia teknologi dan industri. Namun baru segelintir saja pemuda jambi yang menguasai hal tersebut. Karena memang, lembaga pendidikan khusus yang mengacu pada bidang ini di Jambi masih tergolong minim.

MUSLIHIN, Jambi

Keberadaan Politeknik Jambi membawa angin segar bagi pelajar SMA sederajat, khususnya SMK yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi. Ini akan menjadi peluang besar bagi mereka, untuk mengisi kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan.

Politeknik adalah sebuah perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Lingkar Barat 2 Lorong Veteran RT 4 Kelurahan Bagan Pete Kecamatan Kotabaru Kota Jambi. Dalam kampus ini, mahasiswa akan dilatih untuk mempelajari teknik-teknik berbasis teknologi, yang berkaitan langsung dengan dunia industry.

Politeknik Jambi atau yang biasa disingkat dengan Poljam, dipimpin oleh Ir Hilda Porawati, MT. Ia adalah Direktur Politeknik Jambi yang dikenal sebagai sosok yang cerdas. Baik dari segi karya dan intelektualitasnya pun telah diakui.

Hilda telah banyak memperjuangkan generasi muda yang bermimpi meraih prestasi gemilang. Tidak sedikit dari mahasiswa Politeknik yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan.

4 Jurusan Konsentrasi

Poljam berkonsentrasi pada 4 jurusan yakni jurusan teknik mesin, teknik elektronik, tenik listrik dan jurusan akuntansi. Ini adalah kampus teknik pertama yang di Provinsi Jambi. Untuk menemukan lokasinya, Anda bisa menempuh perjalanan dari Jalan Lintas Timur kemudian masuk ke kawasan sekitar Kampoeng Radja, lanjutkan perjalanan lurus Anda dan ketika bertemu pos, di situlah Anda akan menemukan kampus Politeknik.

Politeknik memiliki visi, menjadikan institusi pendidikan yang tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas ahli terampil dan karya inovasi teknologi, yang sesuai dengan kebutuhan nasional dan diakui internasional. 

Sedangkan misinya, menyelenggarakan pendidikan professional, melaksanakan kegiatan penelitian dan transfer ilmu pengetahuan teknologi di bidang teknik. Kita pernah mendengar kata Politeknik identik dengan kesehatan, namun yang perlu di garis bawahi sebelumnya, bahwa Politeknik yang dimaksud ini bukan Politeknik kesehatan. Akan tetapi kampus perguruan Politeknik ini adalah kampus perguruan ilmu teknik tentang dunia mesin dan elekronika. 

Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi, Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bersifat sistem keilmuan vokasi penerapan pelatihan  keahlian. Bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi generasi muda dan anggota masyarakat yang memiliki kemampuan pofesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia, serta memperkaya kebudayaan nasional.

Fasilitas dan Keunggulan

Politeknik Jambi sebagai kampus baru, didirikan sejak awal Tahun 2003. Kampus ini memiliki bermacam-macam keunggulan. Baik dari segi tenaga pengajar dan fasilitasnya. Tenaga pengajar dari kampus ini berjumlah 31 tenaga pengajar, yang merupakan alumni dari pasca sarjana ilmu teknologi dan teknik, yang juga didatangkan dari kampus-kampus ternama seperti UGM, UNSRI, UNPAD dan beberapa kampus ternama lainnya. 


DOK/HARIAN JAMBI
PRAKTIK: Mahasiswa Politeknik saat melakukan praktikum di laboratorium kampus.
KULIAH: Aktifitas belajar mengajar di dalam kelas. Mahasiswa lebih dulu diperkenalkan dengan teori sebelum melakukan praktik.

Selain itu, kampus ini juga terletak di lokasi strategis  yang dikelilingi oleh pohon-pohon hijau. Sehingga udara kampus pun terasa asri dan segar. Kampus ini juga terletak di areal yang jauh dari kebisingan, sehingga menjadikan konsentrasi belajar mahasiswa menjadi semakin nyaman.

Mahasiswa Politeknik Jambi saat ini berjumlah 313 mahasiswa. Kampus Politeknik ini nampak begitu megah dengan gedung berlantai tiga. Lantai ini didesain dengan gaya gedung yang modern, tidak kalah saing dengan kampus yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Di dalamnya juga tertata rapi dan bersih, dengan ruang belajar sebanyak sembilan lokal.

Kampus ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti Mushala, perpustakaan, lapangan futsal, laboratorium dan kantin.

Politeknik Jambi Menyediakan 4 jurusan terbaik untuk dapat mengantarkan Anda kepada masa depan. Mudah mendapatkan lapangan perkerjaan baik dalam lingkup lokal maupun nasional bekerja di perusahaan negeri maupun swasta seperti jurusan teknik mesin, teknik listrik, teknik elektronika dan akuntansi.(*/poy)

***

Terima Mahasiswa Baru

Politeknik Jambi menerima tamatan sekolah dari SMA, SMK, MAN sederajat, namun diutamakan bagi alumni SMK. Karena telah terbiasa belajar tentang keterampilan permesinan. Akan sangat tepat jika alumni SMK memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah tinggi. 

Saat ini, bagi anda yang putus sekolah belum melanjutkan ke perguruan tinggi bisa melanjutkan kuliah ke Politeknik. Mengingat sebentar lagi, siswa yang akan menghadapi ujian nasional, seringkali kita bingung ketika lulus sekolah harus masuk keperguruan mana yang bisa menjamin masa depan. 
Penerimaan mahasiswa baru di Politeknik (Poljam) dilaksanakan pada tahun 2014-2015 dengan program diploma 3 ini, di mana gelombang 1 pendaftarannnya akan dibuka pada Tanggal 1 Mei-6 Juli 2014. Regestrasi 9 Juli hingga 21 Agustus 2014. 

Selanjutnya, gelombang kedua pendaftaran pada 7 Juli hingga 10 Agustus, dengan registrasi pada 13  hingga 25 Agustus 2014. Kemudian gelombang ketiga pada Tanggal 11 Agustus hingga 7 September 2014, dengan registrasi pada Tanggal 10 September hingga 15 September 2014.

Politeknik Jambi merupakan kampus yang diakui secara nasional dan kualitas pendidikan yang tak diragukan lagi telah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Dikti Jakarta. 

Politenik Jambi telah banyak mengantarkan alumni mahasiswanya ke dunia kerja. Mereka sukses sejahtera, seperti contohnya Ahmadi tamatan tahun 2010 yang bekerja di perusahaan minyak dan gas, sebuah perusahaan swasta di Kota Jambi. Yang lainnya seperti  Ari Setiawan, alumni wisudawan Tahun 2008 yang bekerja di PT Petrocina. Selanjutnya, Syukri, tamatan tahun 2010 sudah bekerja di PT Conoco Philip.

Masih banyak lagi bukti keberhasilan tamatan sekolah tinggi Politeknik jambi namun hanya saja mereka banyak bekerja di luar Provinsi Jambi sepak terjangnya sudah merambah ke kancah nasional.

Bekerja Secara Mandiri

Menuntut ilmu saat ini sangat diperlukan keterampilan praktik keahlian sehingga setelah tamat tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bekerja secara mandiri, maupun berkerja di industri perusahaan-perusahaan. Terbukti selama ini sekolah hanya dengan teori belaka bahkan tidak jarang akan menimbulkan masalah yang menambah pengangguran setiap tahunnya setelah tamat kuliah.

Jefri (23) contohnya, mahassiswa Politeknik Jambi jurusan teknik mesin semester 6 ketika ditemui, mengaku bahwa dirinya sangat beruntung bisa sekolah di kampus tersebut.menurutnya, kuliah  di Politeknik selain pendidikannnya yang berkualitas juga mampu mencetak SDM yang handal. 

“Alhamdulillah saya sudah merasakan ilmunya rasanya mau terjun ke dunia kerja, tapi sayang kita belum tamat. Karna apa yang kami pelajari sambil praktik sama halnya cara kerja di perusahaan. Kemudian juga masalah kerja saya tidak khawatir bahkan optimis sekali untuk meraih masa depan yang cerah dari sini,” ujarnya.

Lain lagi dengan Ahmadi tamatan 2008  yang telah bekerja di perusahaan Migas Kota Jambi. Menurutnya, kuliah di ilmu teknik di kampus Politeknik Jambi telah membuahkan hasil baginya.

“Saya bangga kampus itu telah mengantarkan saya sejauh ini, dan telah mampu hidup mandiri yang bekecukupan. Kuliah di Politeknik pendidikannya sangat memadai telah banyak mengeluarkan tamatan yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Saya berharap generasi muda semakin semangat mengejar impian,” ujarnya.

Jika Anda yang sudah lulus sekolah SMA maupun SMK atau sekolah setingkat menengah lainnya, dapat lansung mendaftar di kampus ini. Dengan biaya pendaftaran Rp 200 ribu, berikut dengan beberpa persyaratan lainnya.

Sistem Perkuliahan

Perkuliahan di Politeknik Jambi  memiliki dua sistem. Yakni sistem regular dan kelas ekstensi. Untuk kelas ekstensi, diperuntukkan bagi mahasiswa berkuliah sambil kerja. Sistem kuliah kelas untuk biaya kuliah per semester untuk kelas reguler semester pertama sebesar Rp 5.441000. biaya tersebut telah masuk untuk membeli baju almamater, baju kerja laboratorium dan lainnya.

Semakin tinggi semester, uang pembayaran semester pun akan semakin menurun. Misalnya ketika semester 4-6 semester tinggal Rp 3.476.000. Kemudian untuk pembayaran semester kelas ektentensi bagi yang kuliah sambil bekerja semester pertama membayar Rp 6.391000. Sama halnya dengan regular, semakin tingi semestrnya uang semester juga akan semakin menurun. Setiap semester pada semester akhir hanya akan membayar Rp 4.426.000. Namun biaya kuliah reguler lebih murah dari ekstensi.

Pembayaran semester dapat dikredit secara bertahap dengan pembayaran pertama 60 persen dan pembayaran tahap dua 40 persen. Anda tidak perlu khawatir dan tidak akan rugi sesuai dengan hasil yang kita dapat nantinya. 

Selain itu, kampus Politeknik juga menyediakan berbagai macam biaya siswa seperti biaya siswa yayasan bagimu negeri yakni bantuan belajar mahasiswa. Kemudian biaya siswa PPA peningkatan prestasi akademik dan juga beasiswa tidak mampu. Beasiswa diberikan setiap semester dan tahunnya baik yang dikucurkan pemerintah maupun swasta. Beasiswa Rp 4 juta per orang bagi yang memperolehnya sesuai dengan aturan ketentuan syarat-syaratnya yang tidak menyulitkan.

Praktik 60 Persen

Sistem belajar di kampus Politeknik  belajar teori 40 persen dan mengarah ke praktik 60 persen, yang dipandu dengan sistem modul tahap demi tahap. Dengan demikian mahasiswa belajar dengan mudah dan terukur. 

Setelah tamat mahasiswa dibekali dengan iijazah, dibekali sertifikasi keahlian yang berstandar nasional dan internasional. Masa penempuhan kuliah selama 6 semester  dengan sistem paket SKS per semester. Metode pembelajaran sistem ceramah terjadwal, diskusi, kerja di lapangan, magang ke perusahaan. Selanjutnya, materi juga diberikan per judul materi khusus.yang terukur. Sehingga mahasiswa dapat menguasainya secara mendetail yang tidak membingungkan.

Darmuji M Pd, Pembantu Dekan 3  mengatakan, bahwa hadirmya Politeknik bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia mahasiswa yang mampu menjawab tantangaan zaman dunia industry dan teknologi. Melihat semakin gencarnya dunia industri dan perusahaan-perusahaan saat ini, membutuhkan tenaga kerja yang profesional. Maka, dituntut pada generasi muda untuk menguasai ilmu di bidang tersebut. Seperti ilmu teknik mesin, elektronika, listrik,dan akutansi sebagai pengelola administrasi perusahaan. 

“Mahasiswa kita tamatan kampus Politeknik Jambi atau Poljam ini, 96 persen lebih mereka sudah berhasil. Rata-rata sudah bekerja di mana-mana, baik di pegawai negeri maupun bekerja di perusahaan swasta,” ungkapnya.(hin/poy) (HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI SELASA 4 FEBRUARI 2014)




No comments: