.

.
.

Sabtu, 15 Februari 2014

7 Ribu Orang Saksikan Ritual Cap Go Meh

Kelenteng Hong Kheng Tong, Lorong Koni I Jelutung, Kota Jambi, Jumat.Foto Asenk Lee Saragih
Kota Jambi - Diperkirakan 7.000 orang menyaksikan perayaan Cap Go Meh yang berpusat di Kelenteng Hong Kheng Tong, Lorong Koni I Jelutung, Kota Jambi, Jumat malam. 

Perayaan Cap Go Meh yang dimulai pukul 7 hingga 10 malam itu juga diwarnai oleh suara petasan dan kembang api yang menggelegar di udara. 

Warga Tionghoa dan Pribumi tumpah ruah memenuhi jalanan di kawasan itu, menyaksikan ritual Tandu Dewa dan atraksi lainnya, termasuk barongsay dan dua penyanyi mandarin. 

Panitia Cap Go Meh, Asiong, memperkirakan jumlah pengujung malam itu berkisar 7.000 orang, sebab warga bukan saja berjejalan di sekitar kelenteng, tapi juga memenuhi jalan raya. 

Walikota Jambi Sy Fasha bersama sejumlah pejabat lainnya termasuk Bupati Tanjung Jabung Timur Zumi Zola mengambil kesempatan bernyanyi bersama lagu mandarin. 

Fasha juga berduet bersama istri, Yuliana, menyanyikan lagu berbahasa mandarin. Diakhir lagu, dia memberikan sekutum bunga mawar kepada istrinya.  

Dalam sambutannya, Fasha berjanji akan merayakan Cap Go Meh tahun depan selama tiga hari dan berpusat di Kantor Walikota. Dia juga berjanji , akan menganggarkan dana untuk perayaan budaya dan keagamaan itu dari APBD Kota Jambi. 

“Tahun depan Cap Go Meh akan lebih meriah lagi, seluruh etnis akan diikutsertakan dalam perayaan ini. Kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari, dan tidak menutup kemungkinan tahun depan akan kami anggarkan dalam APBD," kata dia dalam sambutannya di Kelenteng Hok Kheng Tong, Lorong Koni I, Jelutung, Jumat. (*)HARIAN JAMBI
 
 
Penulis: Andri Mustari
Editor: Nurul Fahmy

Tidak ada komentar: