.

.
.

Selasa, 10 September 2013

Ratusan Penerima BLSM di Kota Jambi Dipaksa Berjemur dan Kehujanan

Pembagian BLSM Tahab 2 (September) di Kantor Pos Cabang Jelutung Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.








Jambi, Bute Ekspres


Ratusan penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kota Jambi “dipaksa”  berjemur dan kena hujan saat antri menerima BLSM tahab kedua yang mulai dikucurkan Kantor Pos Jumat (6/9/13). Pihak Kantor Pos Jambi tampak kurang siap dalam menyalurkan BLSM di Kota Jambi, sehingga pembagian BLSM di Kantor Pos Pusat Cabang Jambi dan Pos Cabang Jelutung, Jumat (6/9/13) amburadul.

Warga yang hendak menerima BLSM saling berebut karena pihak kantor pos setempat hanya menyediakan satu meja pelayanan dengan jumlah petugas hanya tiga orang dengan pengawalan seorang Polisi. Sementara penerima BLSM mencapai ratusan orang. Hal itu tampak di Kantor Pos Cabang Jelutung Kota Jambi.


Bahkan ratusan penerima BLSM harus duduk dilantai lapangan kantor pos dan dealer sebuah kenderaan yang berdampingan dengan kartor pos tersebut. Pengamatan Bute Ekspres sejak Jumat pagi calon penerima BLSM sudah memadati halaman kantor pos Cabang Jelutung Kota Jambi.

Kantor Pos Indonesia Cabang Jelutung hanya menyediakan sekitar 20 kursi tanpa adanya tenda sebagai pelindung dari sengatan matahari dan hujan. Pukul 15.00 WIB warga terpaksa kocar kacir karena sempat turun hujan selama 10 menit. Hingga pikul 16.00 WIB antrian penerima BLSM masih panjang di Kantor Pos Jelutung Jambi.


Hal yang sama juga terjadi di Kantor Pos Pusat Kota Jambi, Jumat (6/9/13) sore, warga yang antre menerima BLSM kocar-kacir karena hujan mengguyur kota itu. Warga yang tidak sempat mendapatkan BLSM di kantor pos setempat banyak yang pulang karena tidak sabar mengantre di tengah guyuran hujan.

Sementara itu kantor pos – kantor pos cabang kecamatan di Kota Jambi penjagaan polisi tidak ketat. Penjagaan longgar oleh pihak kepolisian. Antian kenderaan bermotor (roda dua) tampak mengular di Kantor Pos Jelutung dan Kantor Pos Pusat Jambi.

Pantauan Bute Ekspres di kantor pos Kecamatan Jelutung, Jalan DI Panjaitan, Kota Jambi, Jumat (6/9) rata-rata penerima BLSM memiliki sepada motor. Sementara warga miskin di Kota Jambi yang belum menerima kartu perlindungan sosial (KPS) sudah banyak datang ke kantor pos tersebut untuk menanyakan kepastian pembagian BLSM untuk mereka.

Namun para warga miskin tersebut terpaksa kembali karena pihak kantor pos tidak berwenang menetapkan penerima BLSM. Petugas kantor pos pun meminta warga mengurus KPS mereka kepada pihak pemerintah setempat atau rukun tetangga (RT) masing-masing. srg

Tidak ada komentar: