.

.
.

Jumat, 14 Juni 2013

Kota Jambi Raih Piala Adipura 2013









Jambi, Bute Ekspres

Kota Jambi akhirnya berhasil meraih Piala Adipura setelah tidak pernah meraih kembali sejak tahun 1997 silam, hamper 15 tahun. Piala Adipura tersebut langsung diterima oleh Walikota Jambi dr. H.R Bambang Priyanto di Istana Negara Jakarta, pada Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2013, Senin (10/6). Acara tersebut dihadiri Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Kota Jambi memperoleh Piala Adipura untuk kategori Kota Sedang, dimana ada empat kategori penilaian yakni kategori Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang serta Kota  Kecil, dan lebih kurang total keseluruhan penerima Piala Adipura 2013 mencapai 94 kota.

Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Menteri Lingkungan Hidup RI, Balthasar Kambuaya MBA dalam laporannya menyampaikan Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Indonesia mengusung tema "Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan".

Tema ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat luas atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumber daya alam termasuk penggunaan bahan bakar minyak  (BBM) serta pemanfaatan bahan makanan secara bijak.

Saat tiba di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi, Walikota Jambi dr. H.R Bambang Priyanto disambut oleh seluruh Pejabat Pemerintahan Kota Jambi beserta masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Jambi Mukhlis mengatakan, pada penilaian yang dilakukan oleh orang pusat, pemerintah Kota Jambi meraih nilai di atas maksimal, yaitu 74,8. “Minimal penilaian Adipura sebesar 74.00, jadi ini lebih dari 74,”kata Mukhlis.

Setelah tiba di Bandara Jambi, Piala Adipura langsung diarak dari bandara menuju rumah dinas wali kota dengan mobil yang dihias menyerupai perahu kajang lako, dengan iring-iringan kompangan dan pasukan orange (dinas kebersihan, red).

Walikota Jambi menyampaikan sangat bangga akan keberhasilan Kota Jambi meraih kembali Piala Adipura tersebut, Walikota menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya atas dukungan dan kerjasama yang baik dari semua element, baik itu Pemerintah dan masyarakat Kota Jambi sehingga Kota Jambi menjadi bersih dan berhasil meraih Piala Adipura kembali.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh warga Kota Jambi dalam menjaga kebersihan Kota ini, kebersamaan dan sinergitas antara Pemerintah dan masyarakat harus terus ditingkatkan untuk membuat Kota Jambi semakin bersih dan sehat lagi, sehingga nantinya kita akan bisa meraih penilaian yang lebih tinggi yakni Adipura Kencana,”kata Walikota Jambi.

Piala Adipura diarak keliling Kota Jambi selama dua hari (Senin-Selasa) sebagai kebanggaan masyarakat Kota Jambi yakni sebagai wujud terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Jambi yang telah menjaga kebersihan Kota Jambi Tanah Pilih Pesako Betuah. Arak - arakan dilaksanakan dari Rumah Dinas Walikota Jambi. srg

Tidak ada komentar: