Minggu, 05 Mei 2013

Pelabuhan Ujung Jabung Jadi Prioritas Program Nasional

(Kiri ) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan (Plt) Menteri Keuangan, Hatta Rajasa berbincang dengan Gubernur Jambi HBA pada Musrenbangnas 2013 di Jakarta.

Desaign Rencana Pelabuhan Ujung Jabung.


Jambi, Beritaku

Rencana pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Timur sebagai pelabuhan samudera di Provinsi Jambi menjadi program prioritas nasional. Pembangunan pelabuhan itu guna menunjang transportasi laut di Segitiga Emas Perekonomian Indonesia (Singapura-Malaysia-Jambi-Indonesia).

Hal itu terungkap saat Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mengikuti acara Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (MUSRENBANGNAS)  Tahun 2013 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja (RKP) dengan Thema “Memantakan Perekonomian Nasional bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang berkeadilan”.

Menurut HBA, pelabuhan Samudera di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur  (Tanjabtim), Provinsi Jambi itu sesuai dengan hasil kajian Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus bersama perwakilan pemerintah pusat, yakni Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI), Kemal Heryandri dan Direktur Transportasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ir. Bambang Prihartono, telah meninjau lokasi rencana pelabuhan,  Selasa (3/7/13) lalu di Desa Sungai Itik, Kabupaten Tanjabtim mengatakan, Provinsi Jambi.

Menurut HBA, Pelabuhan Samudera Ujung Jabung merupakan cita-cita untuk untuk memajukan Provinsi Jambi. “Pelabuhan Samudera Ujung Jabung ini menjadi cita-cita rakyat Jambi, cita-cita kita, cita-cita kami para pemimpin, baik Gubernur (Jambi), Bupati  Tanjabtim, dan seluruh bupati se Provinsi Jambi,”katanya.

Gubernur HBA menekankan, untuk Jambi bangkit, untuk Jambi yang lebih maju kedepan, Pelabuhan Samudera Ujung Jabung harus terwujud. Gubernur Jambi sangat mengarapkan dukungan dari pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, dan masyarakat Ujung Jabung.

“Banyak infrastruktur yang harus disiapkan berkaitan dengan rencana pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, mulai dari jalan sampai infrastruktur di pelabuhan itu sendiri,”katanya.

Disebutkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah/APBD) Perubahan tahun 2012 lalu, hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung disiapkan, yaitu feasibility study (studi kelayakan), desain, Amdal, DED (Detail Engineering Design), dan juga termasuk jembatan menyeberangi Simpang Datuk.

Bupati Tanjabtim, Zumi Zola telah mencadangkan lahan 4.200 hektar untuk lokasi pelabuhan tersebut. Zumi juga mengapreasiasi kerjasama yang luar biasa antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dalam rangka mewujudkan pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung.

Menurut Gubernur Jambi, H. Hasan Basri, pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung jadi prioritas program Nasional, juga diapresiasi Presiden dan Wakil Presiden dan Menteri PPN/BAPPENAS.

Acara Pembukaan MUSRENBANGNAS 2013  yang dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia SBY di Aula Birawa Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (30/4/13). Presiden didampingi Wakil Presiden RI Boediyono dan Menteri PPN/BAPPENAS serta Para Menteri Indonesia Bersatu 2, dan juga dihadiri oleh Para Gubernur/Bupati/Walikota seluruh Indonesia dan para Ketua BAPPEDA se Indonesia.

Gubernur Jambi HBA mengikuti seluruh rangkaian acara pembukaan sampai dengan mengikuti acara pleno pleno serta mendengarkan paparan dari para nara sumber yang terdiri dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menko Perekonomian, Menko Kesra, Menko Polhukam dan papran Ketua APPSI.

Gubernur Jambi juga mengikuti acara Penutupan MUSRENBANGNAS 2013 yang ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia di tempat yang sama pada hari selasa sore.

Usai mengikuti rangkaian kegiatan tersebut Gubernur Jambi mengungkapkan rasa bersyukur bahwa pada akhir MUSRENBANGNAS 2013 ini, Pelabuhan Ujung Jabung yang ada di Provinsi Jambi menjadi Prioritas Program Nasional untuk tahun 2014.

Ketua BAPPEDA Provins Jambi, Fauzi Ansori menegaskan bahwa arah kebijakan Pembangunan Nasional dan pembangunan daerah disusun berdasarkan isu strategis daerah yaitu masalah kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi dan infrasuktur, itu yang akan kita dorong kedalam APBD Provinsi dan Kab/kota dan APBN. (srg)

Tidak ada komentar: