.

.
.

Senin, 29 Oktober 2012

Sholat Idul Adha di Masjid Agung Alfalah Jambi Berjalan Hikmat

Hangat : Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM (paling kiri) disambut hangat oleh Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta usai menyerahkan secara simbolis hewan qurban kepada pegurus Masjid Agung Al-Falah, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk
Qurban : Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM saat menyerahkan satu ekor sapi qurban kepada Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar disaksikan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta secara simbolis di Masjid Agung Al-Falah, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk

 Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta mendapat salaman dengan Jemaah usai Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al-Falah, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk
 

Susana Sholat Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al-Falah, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk

 Usai Sholat Idul Adha, para Jemaah melanjutkan jiarah kepada sanak saudara atau orang terkasih yang mendahulia mereka. Jiarah dengan membersihkan makam dan menabur kembang serta memanjatkan Doa tampak di TPU Kebun Jahe, Kota Jambi, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk


 Sembelih : .Penyembelihan hewan Qurban ( 4 kambing, 1 sapi) di Langgar Baiturah Mah, Jelutung Kota Jambi, Jumat (26/10/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk


Jambi, BATAKPOS

Sholat Idul Adha 1433 H atau lebih dikenal dengan Hari Raya Qurban dan Hari Raya Haji di Masjid Agung Al-Falah Jambi berjalan tertib dan hikmat. Sholat itu dihadiri Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Zurman Manap,  Rektor Universitas Jambi dan ribuan jemaah.

Bertindak sebagai Imam Drs H.M.Havis Dahrani MA, Khatib Dr Subhan M A Rahman M Ag, Bilal oleh M.Zubir S.Pdi. Jemaah yang hadir melebihi kapsitas isi Masjid “1000 Tiang” tersebut sehingga Jemaah melakukan Sholat di  halaman Masjid. Jemaah yang hadir mulai dari anak-anak hingga orang tua lansia. Ibadah Sholat dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 09.30 WIB.

Imam Drs H.M.Havis Dahrani dalam pesan Khotbahnya mengajak agar seluruh umat yang merayakan Hari Raya Idul Adha untuk kembali merenungkan kembali arti dari saling mengasihi dan saling memberi.

“Hari Qurban bagi Umat Islam, adalah hari berbagi sedekah kepada mereka yang kurang mampu. Saling member dan peduli tidak hanya pada Hari Idul Adha, namun bisa dilakukan setiap saat. Dihari Qurban ini menandakan kepedulian Umat terhadap sesama tanpa memandang latar belakang sosial dan golongan,”katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyerahkan 10 hewan Qurban ( 9 sapi, 1 kambing) kepada pengurus masjid secara simbolis.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Berhard Panjaitan MM juga menyumbangkan satu ekor sapi besar kepada Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar disaksikan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus secara simbolis untuk pengurus Masjid Agung Al-Falah.

Kehadiran Ir Berhard Panjaitan MM mendapat sambutan hangat dari Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta karena memberikan waktu hadir dan berbagi hewan qurban walau beda kepercayaan (Nasrani).

“Kita saling member sesame umat, tanpa melihat beda Agama. Kepada siapapun kita bisa member. Ini adalah momen yang baik untuk member terhadap sesama lewat Idul Adha. Kita Iklhas untuk menyumbangkan Qurban satu ekor sapi. Semoga qurban itu bermanfaat bagi Jemaah yang membutuhkan,”katanya.

Sementara Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus mengatakan, perayaan Idul Adha sebagai momen penting bagi Umat Muslim untuk saling berbagi dan saling silaturahmi.

“Mari bagi masyarakat Provinsi Jambi untuk saling berbagi hewan Qurban bagi yang tidak mampu. Melalui Hari Raya Qurban ini kita semakin termotifasi untuk saling peduli sesama. Mari berikan hewan Qurban kepada mereka yang tidak mampu,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: