.

.
.

Rabu, 19 September 2012

Teduhnya Pesta Olobolob GKPS Resort Bungo Dibawah Kebun Sawit

Pdt JP Tamsar STh dan Inang saat menyerahkan hadiah Juara I dan Juara Umum Paduan Suara Gemende Koor se Resort Muarobungo kepada GKPS Dirigen PS Muarobungo di GKPS Sukamarmur, Minggu 19 September 2012. Foto batakpos/Rosenman Manihuruk

Bungo,  BATAKPOS

Pesta Olob-olob Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) se Resort Muarobungo yang dipusatkan di GKPS Sukamakmur, Kabupaten Bungo, Minggu (16/9/12) berjalan bersahaja dan penuh keakraban dibawah sejuknya kebun kelapa sawit. Pimpinan Pusat GKPS diwakilkan oleh  Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh.

Ketua Panitia Pesta Olob-olob GKPS se Resort Muarobungo 2012, St Robert Girsang (GKPS Sukamakmur) kepada BATAKPOS di GKPS Sukamakmur, Minggu (16/9/12) mengatakan, jemaat hadir sekitar 300 orang se Resort Jambi yang meliputi GKPS Muarobungo, GKPS Simpang TKA, GKPS Sumbersari, GKPS Bangko, GKPS Bangun Garingging/Sungkei dan GKPS Sukamakmur. 

Ibadah dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan Prosesi Pdt JP Tamsar (Kotbah), Pdt Paran Leo Girsang SSi (Votum) dan Pimpinan Majelis Se Resort Muarobungo dan Pengurus GKPS Resort Bungo. Kebaktian dilaksanakan di luar gereja dibawah tenda dikelilingi rindangnya daun kelapa sawit.

Pembacaan Surat Tongosan (kata sambutan) dibacakan oleh Pertusan Sinode Bolon GKPS Resort Bungo, Kanon Olobolob oleh St B.A Puba, Doa Syafaat oleh Wakil Ketua Resort Muarobungo, Galangan (Persembahan) oleh seluruh Pengantar Jemaat GKPS se Resort Muarobungo.

Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh selaku perwakilan Pimpinan Pusat GKPS dalam kotbahnya (Markus 8 : 27-38) mengatakan, makna dari Pesta Olobolob GKPS 109 tahun injil di tanah Simalungun ada empat garis yang dapat dimaknai hingga kehidupan sekarang.

Makna pertama yakni hilangnya kuasa kegelapan (Okultisme-penyembahan berhala) di Simalungun, berjalannya kesetaraan gender dan penegakan Hak Azazi Manusia (HAM), dengan 109 tahun injil di Tanah Simalungun mampu menerima orang lain dengan penuh kasih serta kesaksian bahwa Yesus Kristus adalah Juru Selamat dan Juru Damai dalam kehidupan.

Pada kebaktian itu, dilaksanakan juga lomba paduan suara Gemende Koor berjudul “Ham Naibatakku”  Cipt PL Gr Ernist Purba. Pdt JP Tamsar STh bertindak sebagai juri tunggal pada lomba paduan suara tersebut.

Sebelum perlombaan, Pdt JP Tamsar STh menjelaskan kriteria penilaian yang meliputi Tempo, Vokal, Harmonisasi, Penjiwaan, Penampilan. Penilaian juga dilakukan dengan longgar karena melihat situasi tempat pelaksanaan lomba koor di alam terbuka dibawan pohon kelapa sawit.

Usai kebaktian dilanjutkan dengan acara lelang dan hiburan. Pdt JP Tamsar STh juga didaulat untuk membawakan tiga buah lagu yang berhasil mengumpulkan dana Rp 2,8 juta untuk membantu Panitia.

Pengamatan BATAKPOS menunjukkan, suasana meriah tampak pada acara hiburan (manortor) dari jemaat se Resort Bungo. Bahkan Inang Pdt JP Tamsar STh br saragih juga ikut menari dan berjoget menambah suasana semakin meriah dan penuh keakraban. Terhimpun dana pada Pesta Olobolob itu, sekitar Rp 28 juta.

Pada akhir acara pengumuman juara Gemende Koor oleh Pdt JP Tamsar. Juara I Kontingen Paduan Suara GKPS Muarobungo dengan nilai 360, Juara II GKPS Simpang TKA nilai 325, Juara III GKPS Sumbersari nilai 320, Juara Harapan I GKPS Bangko nilai 315, Juara Harapan II GKPS Bangun Garingging/Sungkei nilai 293 dan Harapan III GKPS Sukamakmur dengan nilai 290.

Ketua Panitia Pesta Olob-olob GKPS se Resort Muarobungo 2012, St Robert Girsang (GKPS Sukamakmur) mengatakan, pihaknya bersuka cita melihat antusiasme jemaat GKPS se Resort Jambi dalam Pesta Olobolob tersebut.

Dirinya juga mengatakan terimakasih kepada Pdt JP Tamsar beserta Inang dan anaknya, Niel serta Wakil Ketua Pengurus GKPS Resort Jambi, St Jabangun Sitopu dan Asenk Lee Saragih yang membuat Susana Pesta olob-olob semakin meriah dengan menyumbangkan lagu-lagu.

Sebelum Pdt JP Tamsar menutup acara dengan Doa, mengundang jemaat GKPS Resort Jambi se resort Muarobungo untuk hadir pada Pesta Marsombuh Sihol Simalungun dalam rangka Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi, Sabtu-Minggu 29-30 September 2012 di GKPS Kotabaru Jambi. RUK

Tidak ada komentar: