.

.
.

Sabtu, 22 September 2012

Jemaah Haji Jambi Diterbangkan Dalam Selimut Kabut Asap

KEBUN SAWIT TERBAKAR


Jambi, BATAKPOS

Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama asal Jambi tahun 2011 mulai diberangkatkan menuju Batam dengan maskapai Lion Air dan Sriwijaya, Kamis (20/9). Walau diselimuti kabut asap, Bandara Sultan Taha Jambi dinyatakan siap untuk melayani keberangkatan JCH asal Jambi.

Kepala Bandara Sultan Thaha Jambi, Dorma Manalu melalui Manager Operasional Bandara Sultan Taha Jambi, Alzog Pendra Budhi, SSiT kepada wartawan, Kamis (20/9) mengatakan, pihaknya siap untuk memberangkatkan Jamaah Calon Haji asal Jambi.

Menurut Alzog, sejak Rabu malam, pesawat yang akan membawa JCH asal Jambi sudah mendarat di Bandara Sultan Taha Jambi. “Pesawat sudah standby dan  tadi malam menginap di bandara,”katanya.

Disebutkan, aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Taha Jambi belakangan ini sering terganggu oleh kabut asap. Sejauh ini, belum ada upaya berarti yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

“Belum ada upaya yang bisa dilakukan. Sejauh ini kita hanya bisa berupaya membuat penumpang senyaman mungkin, dengan fasilitas yang kita miliki. Soal kemungkinan pemasangan alat bantu pendaratan bagi pesawat, yakni Instrumen Landing System (ILS), rencana itu memang ada. Namun untuk pemasangan ILS tersebut tidak mudah,”kata Alzog.

Menurut Alzog, struktur tanah di sekitar bandara saat ini tidak memungkinkan untuk pemasangan ISL. Pemasangan dimungkinkan sekitar satu atau dua tahun kedepan dan perlu dikaji dulu dan tanahnya juga harus diratakan dulu.

Perwakilan Lion Air Jambi, Mardanus mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi jamaah yang akan berangkat ke tanah suci, pihaknya juga menganggap apa yang sudah dilakukan ini merupakan ibadah hal ini demi kebaikan umatnya.

Selain Lion Air ada maskapai Sriwijaya air juga yang akan memberikan pelayanan dalam rangka perjalanan haji ke tanah suci. Mardanus berjanji sudah siap melayani jamaah haji sepenuh hati. RUK

Tidak ada komentar: