.

.
.

Wednesday, 29 August 2012

Amerika Berencana Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Jambi

Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Scot Marciel

Jambi, BATAKPOS

Provinsi Jambi terpilih sebagai kota percontohan untuk program Millennium Challenge Corporation (MCC) yang didanai pemerintah Amerika Serikat (AS). Amerika Serikat berencana membangun pembangkit listrik mikro hidro dan hal-hal yang ramah lingkungan.

Demikian dikatakan Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Scot Marciel kepada wartawan di Jambi, Selasa (28/8/12) saat melakukan kunjungan kerja ke Jambi Senin-Selasa. Menurutnya, Provinsi Jambi dan Sulawesi Barat dipilih sebagai percontohan karena pemerintah setempatnya dinilai sangat berkomitmen dalam masalah lingkungan.

“Kita akan melakukan proyek seperti pembangkit listrik mikro hidro dan hal-hal yang ramah lingkungan. Soal lokasi proyek akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi,”katanya.

Menurut Scot Marciel, nilai investasi program MCC untuk Indonesia, mencapai  $330 juta yang digunakan untuk kemakmuran hijau, tetapi belum ditentukan berapa alokasi untuk masing-masing provinsi.

Scot Marciel menekankan dua hal, education and living in harmony (pendidikan dan hidup rukun). Dirinya sangat menghargai autusiasme para pengajar dan para santri Ponpes As'ad dalam menuntut ilmu.

Pihaknya akan mengusahakan memberikan buku-buku bahasa Inggris ke Ponpes As'ad sebagai salah satu upaya kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan Ponpes As'ad.

Kata Scot Marciel, pendidikan merupakan prioritas utamanya, salah satunya dengan meningkatkan beasiswa. Dia juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan program peningkatan pendidikan dasar di Indonesia.

Dubes AS didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) As'ad, di Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, (Seberang Kota Jambi), Senin sore (27/8).

Scot Marciel juga melakukan ramah tamah di rumah dinas Walikota Jambi. Menurut Scot, kunjungannya ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan kemitraan. “Jadi kemitraan bukan hanya di ibukota saja, tapi juga di daerah,”kata Scot.

Dalam kunjungan dua hari itu, Scot juga akan mengadakan pembicaraan dengan siswa di salah satu sekolah di Kota Jambi. Selain itu juga akan membicarakan mengenai pembangunan ekonomi dengan Walikota Jambi. “Kita bicarakan ekonomi ramah lingkungan,”ujarnya. RUK

No comments: