Rabu, 28 Desember 2011

Tiket Mudik Natal Dan Tahun Baru Dari Jambi Ke Sumut Penuh

Jambi, Batak Pos


Pemesanan tiket pulang kampung (mudik) Hari Natal dan Tahun Baru dari Jambi tujuan Sumatera Utara (Sumut) kini sudah penuh. Tiga jenis transportasi angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) seperti Bus Sentosa, Intra dan Bus RAPI yang biasa digunakan pemudik dari Jambi ke Sumatera, Jumat (23/12) sudah penuh hingga tanggal 31 Desember mendatang. Bahkan sejumlah PO menambah armada guna mengantisipasi lonjakan penumpang.


“Pesanan tiket jurusan Sumut seperti Medan, Siantar, Kisaran hingga 31 Desember sudah penuh. Tiket mudik ke Sumut dengan Bus RAPI mudik Natal dan Tahun baru diluar perkiraan. Padahal mudik paling rame pada hari raya lebaran. Namun mudik Natal dan tahun baru kini penumpang melonjak drastis. PT RAPI harus menambah dua armada setiap harinya menjadi enam armada setiap hari dari Jambi tujuan Sumut,”kata Herlina br Aritonang, penjual tiket Bus RAPI di Loket Bus RAPI Jalan Pattimura, Kota Jambi, Kamis (23/12).


Menurut Herlina, pesanan tiket mudik natal dan Tahun Baru padat sejak tanggal 19 Desember hingga 31 Desember nanti. Sementara Asri br Ginting penjual tiket Bus RAPI lainnya mengatakan, Managemen PT RAPI terpaksa menambah dua armada saat mudik natal dan tahun baru.


Kini Bus RAPI melayani transportasi Jambi-Medan-Jambi sebanyak enam kali dalam sehari. Harga tiket Bus AC Toilet Rp 275.000 per tempat duduk dan kelas ekonomi Rp 190.000 per orang (Jambi-Medan).


Ramainya rus mudik tujuan Sumut juga diakui Agen Bus Sentosa dan Intra tujuan Jambi-Medan-Siantar. Menurut P Siahaan, agen tiket Bus Intra di Jambi, hingga kini pesanan tiket sudah penuh hingga akhir tahun ini. Pihaknya juga menambah satu armada setiap harinya tujuan Siantar.


Para pemudik tujuan Siantar, Medan kini kesulitan mendapatkan tiket mudik. Bahkan sejumlah pemudik terpaksa menggunakan sewa mobil agar bisa mudik sama-sama dengan keluarga. Hal itu dialami B Simangunsong/br Bakkara asal Panei Tongah Simalungun.


Mereka terpaksa menyewa mobil agar bisa mudik bersama keluarga. Satu mobil mereka sewa dengan harga Rp 400.000 per hari. Mereka kini tinggal di Sungai Bahar, Muarojambi dengan profesi berkebun kelapa sawit. RUK

Tidak ada komentar: