Rabu, 01 Juni 2011

Muarojambi Dapat Dana PNPM Rp 2,4 Miliar

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Kabupaten Muarojambi tahun ini mendapat kucuran dana Program Nasional Pengembangan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) sebesar Rp 2,4 miliar. Dana tersebut guna memajukan masyarakat pedesaan di Muarojambi.

Dana yang dialokasikan dari APBN serta dana pendamping APBD Kabupaten Muarojambi, sebesar Rp 2,4 miliar. APBN dialokasikan sebesar Rp 1,920 M, sedangkan dari APBD kabupaten sebesar Rp 480 juta. Tahap pertama telah dicairkan 19 Mei lalu sebesar 40 persen.

Demikian dikatakan Kepala BPMPD Kabupaten Muarojambi, H A Roni, di Muarojambi, Jumat (27/5/11). Menurutnya, bertepatan dengan pencairan dana tahap pertama ini telah dialokasikan dana untuk Kecamatan Jaluko sebesar Rp 180 juta, Kumpeh Rp 240 juta, Mestong Rp 180 juta, Kumpe Ulu Rp 180 juta dan Kecamatan Sungaibahar Rp 180 juta.

“Khusus Kecamatan Sungaibahar dana ini dialokasikan pada Desa Rantau Harapan dengan kegiatan pembangunan gedung Posyandu dan Desa Panca Mulya dengan kegiatan pengerasan jalan,'' paparnya.

Menurut Roni, tahap pertama pada bagian kegiatan perencanaan dalam program ini juga telah dicairkan dengan jumlah nominal bervariasi. Di antaranya Kecamatan Jaluko sebesar Rp 22,4 juta, Kumpeh Rp 23,4 juta, Mestong Rp 20,4 juta, Kumpe Ulu Rp 22,4 juta dan Kecamatan Sungaibahar Rp 24,4 juta.

Pencairan dana dalam program PNPM-MP tahun 2011 melalui tahap-tahapan sesuai dengan naskah perjanjian urusan bersama Pemerintah Kabupaten Muarojambi dengan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia pada 21 Februari lalu.

Bila ditemukan kendala-kendala dan permasalahan dalam melaksanakan program PNPM-MP diharapkan semua komponen yang terlibat dalam program ini dapat mengonsultasikan kepada BPMPD Kabupaten Muarojambi selaku pembina dan pengendali program itu. ruk

Tidak ada komentar: