Selasa, 01 Februari 2011

Jelang Imlek 2562 Tahun 2011, Vihara di Jambi Bersolek Lampion



Jambi, BATAKPOS

Tiga hari jelang perayaan Imlek 2562 Tahun 2011 yang jatuh pada Kamis 3 Februari mendatang, Vihara di Jambi bersolek dengan berbagai jelnis Lampion. Sejumlah ritual sembahyang juga dilakukan menghantar Dewa Dapur atau Zhou Jun dan Zu Rong menuju khayangan.

Majelis Agama Khonghucu Indonesia/ Makin Sai Che Tien juga melakukan sembahyang di Vihara Budhi Dharma Jambi. Bahkan Ketua Makin Sai Che Tien, The Kien Peng (Darmadi Tekun), turut memasang lampion di Vihara tersebut.

Menurut Darmadi Tekun, ternyata nama besar dewa " Hok Hie Te Sien " yang biasa dipanggil dewa Sien Kong tak asing ditelinga umat Khonghucu tanah air. Jelang Imlek ini ritual telah dilakukan memuja dewa tersebut.

Disebutkan, dewa Hok Hie Te Sien atau Sien Kong adalah dewa pencipta Ba Gua atau alat yang lazim digunakan oleh para ahli Feng Shui, beliau juga pencipta Kompas, Obat-obat dan Aksara Mandarin.

Menurut legendanya, Hok Hie Te Sien adalah sesosok tabid istana yang melayani pengobatan kepada para petinggi istana, tidak saja sebagai sesosok tabid yang melayani menteri-menteri yang sakit, melainkan Hok Hie Te Sien karap kali mengekpimenkan aneka akar rumput untuk obat-obatan.

Hal itu termasuk akar-akaran yang beracun, selain itu buat menguji kasiat obat ciptaannya, dirinya dijadikan kelinci percobaan, sehingga sekujur tubuhnya hitam akibat menguji kasiat obat yang dibuat dengan cara meracuni diri sendiri lalu mengunakan ramuan dari akar-akaran untuk menghilankan racun yang ada ditubuhnya.

“Maka tidak heran umat Khonghucu pada mengenai nama dewa Sien Kong atau Hok Hie Te Sien. Untuk upacara ritual yang sangat saklar seperti Kho Kun dan memperingati HUT Sien Kong (sien=dewa, kong=datuk),”kata Darmadi Tekun.

Sementara Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Klenteng “Sai Che Tien” juga telah mendatangkan Lim Tek Chong pendeta Sai Kong dari Tiongkok untuk memimpin upacara ritual.

“Setiap tahun merayakan ulang tahun dewa Hok Hie Tek Sien dan ritual sembahyang Kho Kun kita datangkan Sai Kong, karena tidak sembarangan orang bisa memimpin ritual tersebut. Hal ini juga jelang Imlek tahun ini,”katanya.

Pengamatan BATAKPOS Minggu (30/1) menunjukkan, sejumlah toko yang memajang pernak pernik khas Imlek mulai diserbu warga tionghoa yang akan merayakan Imlek. Semarak Imlek di Kota Jambi sudah mulai terasa.

Hampir di semua super market, mini market dan toko-toko kawasan Kota Jambi memajang pernak-pernik keperluan Imlek secara mencolok. Para pemiliknya juga mempercantik penampilan gerainya dengan aksesoris yang bernuansa merah menyala serta kuning emas serta dekorasi khas Imlek.

Mereka memajang pernak-pernik khas Imlek itu untuk menarik pembeli menyambut tahun baru China pada tanggal 3 Pebruari 2011 mendatang.

Barang-barang tersebut cukup menghibur pandangan mata yang kebetulan melintas di kawasan Jalan Hayam Wuyuk pada malam harinya. membuat melek mata melihat aneka Teng Long/ lampion yang dipasangi lampu-lampu.

Selain lampion yang digantung di bagian depan toko tersebut. Terdapat berbagai asesoris lainnya seperti pohon Me Hwa yang dilengkapi hiasan koin emas juga indah terpampang di teras sebuah toko tersebut.

Kemudian, gambar Dewa Rejeki, Kaligrafi bahasa mandarin, kertas angpao serta perlengkapan sembahyang dan lainnya diletakkan di bagian dalam. Hal itu juga yang diakui penjaga took asesorie imlek, Aguan di Jalan Hayam Wuruk Jelutung.

Menurutnya, pernak-pernik Imlek yang tersedia di tokonya sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat Tionghoa Jambi sejak dia memajangnya pertengahan pertengahan bulan Januari lalu. Harga lampion berfariasi, puluhan ribu rupiah ada juga sampai 100 ribu rupiah lebih.

Kertas angpao juga ramai dibeli karena setiap tahun tradisi masyarakat Tionghoa adalah membagi-bagikan angpao ke saudara-suadara atau kerabat yang masih kecil. Untuk angpao ini dijual dari harga seribu rupiah hingga Rp 5.000 sampai Rp. 10.000. ruk


Pasang Lampion : Ketua Makin Sai Che Tien, The Kien Peng (Darmadi Tekun) (kanan) turut memasang lampion di Vihara Budhi Dhrama Jambi, Sabtu (29/1). Sejumlah Vihara kini bersolek jelang Imlek Kamis mendatang. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Tidak ada komentar: