Jumat, 27 Agustus 2010

Gubernur Jambi Serahkan Zakat Untuk 305 Warga Fakir Miskin

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs.H. Hasan Basri Agus , MM, yang diwakili Wakil Gubernur Jambi Drs. Fachrori Umar, M. Hum, menyerahkan Zakat, Infak dan Sadakah (ZIS) kepada 305 orang yang berhak menerima (mustahiq), masing-masing fakir miskin 256 orang dan mualaf sebanyak 49 orang. ZIS itu diserahkan Kamis (26/8), bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Hadir pada kesempatan ini, anggota muspida Provinsi Jambi, Kepala Kementerian Agama Provinsi Jambi, para Kepala Dinas/Badan/Kantor, Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, pengurus Bazda Provinsi Jambi, Pengurus UPZ mitra Bazda Provinsi Jambi, dan para penerima, dan undangan lainnya.

Gubernur Jambi mengatakan, zakat adalah salah satu dari Rukun Islam, dan setiap muslim dan badan usaha yang dimiliki seorang muslim yang telah memenuhi persyaratan wajib untuk menunaikannya. Harta yang dikumpulkan dari pengeluaran zakat wajib diserahkan kepada mereka yang berhak untuk menerima.

Kemudian Gubernur menjelaskan, agar Bazda agar zakat yang diterima dapat dikelola dengan sebaik-baiknya, maka dibentuklah Badan Amil Zakat. Badan inilah yang bertanggungjawab melakukan sosialisasi, mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat sesuai ketentuan-ketentuan hokum Islam.

Sebelumnya Ketua Bazda Provinsi Jambi Drs. AM. Firdaus, M. Si dalam laporannya mengatakan, Bazda Provinsi Jambi yang dibentuk sejak tahun 2001 hingga saat ini telah mengalami perkembangan yang baik, dimana upaya penghimpunan dana zakat, infaq dan sadaqah dari yang berkewajiban membayar zakat (muzakki).

“Pada awalnya hanya sedikit yang terkumpul, tahap demi tahap masyarakat sudah beralih menyerahkan zakatnya kepada Bazda. Berbagai upaya telah dilakukan Bazda untuk terus memberikan kesadaran masyarakat akan kewajibannya dengan melakukan sosialisasi ke Dinas/Badan/Kantor dan Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, dan instansi pemerintah lainnya,”katanyanya.

Berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut telah membuahkan hasil, dimana pada tahun 2010 ini hingga bulan Juli telah terkumpul uang zakat, infaq dan shadaqah dari muzakki sejumlah Rp.355.888.372,- dan dari jumlah trersebut telah disalurkan kepada yang menerima sejumlah Rp.241.409.394,- dalam berbagai bentuk kegiatan. ruk

Tidak ada komentar: