Rabu, 05 Agustus 2009

Ribuan Ibu Hamil Terima Kelambu Berinsektisida Gratis

Jambi, Batak Pos

Ribuan ibu hamil di Kota Jambi menerima kelambu berinsektisida secara gratis dari Dinas Kesehatan Kota Jambi. Kelambu yang dibagikan itu sebanyak 3.139 guna menghindari terjadi hal yang buruk bagi janin seperti indikasi menyebabkan abortus dan kegagalan bayi lahir rendah (BBLR) serta anemia.

Kabid Pengendaalian Masalah Kesehatan (PMK), Dr Yulinda Fetritura, Jumat (31/7) mengatakan, program bantuan kelambu berinsektisida merupakan program nasional dari departemen kesehatan (Depkes) RI.

Disebutkan, ada empat daerah di Provinsi Jambi yakni Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Merangin dan Batanghari yang menerima bantuan kelambu berinsektisida itu.

Dalam setahun memiliki 12 ribu kelambu dengan target penyaluran 3.172 orang ibu hamil. Jumlah itu mengingat korban positif malaria sejak Januari hingga Juni 2009 mencapai 241 orang terjangkit.

Disebutkan, dibandingkan tahun 2008, tahun 2009 terhitung mengalami penurunan. dari 1.644 orang menjadi 1.617 orang terjangkit malaria fifak dan 18 orang terjangkit malaria fasifam.

“Dinkes Kota Jambi mengantisipasi dengan memberikan obat khusus bagi penderita malaria. Obat yang tidak dijual dipasaran tersebut yaitu Aptemicemin Combination Therapy(ACT),”katanya. ruk

Tidak ada komentar: