Jumat, 28 Agustus 2009

740 Armada Bus Tambahan Mudik dari Jambi

Jambi, Batak Pos

Dinas Perhubungan Provinsi Jambi menyediakan 740 armada bus guna mengantisipasi lonjakan mudik lebaran dari Jambi. Jumlah tersebut terdiri dari 365 armada bus angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 375 bus untuk angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Sementara untuk armada cadangan bisa menggunakan armada Koperasi Unja, IAIN, Bus Pemda dan lainnya. Untuk angkutan darat, armada bus sudah cukup. Demikian dikatakan Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Anwar Harminto, Jumat (28/8).

Menurutnya, masalah tarif penumpang, untuk saat ini tidak ada kenaikan, hanya saja batas bawah dan batas atasnya dilihat dulu. Untuk kelas ekonomi AKAP batas bawah Rp 90 perkilometer dan batas atas Rp146 perkilometer.

Disebutkan, guna mengatasi masalah kemacetan, Dishub Provinsi Jambi mendirikan posko di titik rawan. Titik rawan yang dimaksud yakni rawan kemacetan, kecelakaan, dan rawan longsor.

“Kita sudah mempersiapkan tempat khusus seperti posko terpadu untuk angkutan lebaran nanti, untuk memantau titik rawan tersebut. Posko tersebut terdapat di Alam Barajo, dan beberapa posko lainnya yang masih di bicarakan kehadapan Gubernur Jambi,”katanya.

Disebutkan, jalur mudik rawan terdapat di perbatasan Jambi-Bungo, Batanghari, Tembesi ke Bungo. Sedangkan untuk yang aman ada di Kota Jambi, Sarolangun berbatas dengan Tembesi tidak ada masalah. Jambi Pekanbaru dan Jambi Palembang juga tidak ada masalah. ruk

Tidak ada komentar: