Jumat, 27 Februari 2009

Gubernur Jambi Himbau Seluruh Pejabat Ikut Simulasi Pemilu 2009

Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin meminta seluruh pejabat di wilayah Provinsi Jambi termasuk para bupati/walikota dalam simulasi tatacara pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2009. Para kepala daerah di Provinsi Jambi juga diminta untuk mensukseskan Pemili Kamis 9 April 2009 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Zulkifli Nurdin usai memberikan suara dalam simulasi Pemilu Legislatif yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (26/2) pagi.

Menurut Gubernur Jambi, pencoblosan suara Pemilu 2009 ternyata cukup sulit jika dibandingkan dengan pelaksanaan pemberian suara pada pemilu-pemilu yang lalu. Karena menurutnya surat suara pada waktu-waktu yang lalu tidak selebar seperti saat ini.

“Saat ini selain ukuran surat suaranya lebar, nama dan dari masing-masing calon dari partai peserta pemilu cukup banyak, jadi selain cukup memakan waktu juga cukup sulit mencari nama caleg yang akan dipilih,”katanya.

Disebutkan, pihaknya sangat mendukung adanya simulasi Pemilu tersebut. “Saya mendukung sepenuhnya dilaksanakannya simulasi ini, karenanya saya akan menghimbau para Bupati/Walikota dan SKPD untuk mendukung pelaksanaan simulai ini. Karena saya tahu dana KPUD ini sangat minim sekali, kerananya perlu adanya kepedulian dari pemerintah daerah,”katanya.

Anggota KPU Provinsi Jambi, Kasrianto menjelaskan, dari pelaksanaan simulasi ini KPU akan mengetahui persoalan apa yang dihadapi oleh KPPS pada pelaksanaan Pemilu 2009 mendatang/

“Bgaimana dengan kondisi surat suara yang ukurannya mencapai 54 x 84 cm, kemudian berapa lama waktu yang diperlukan dalam pemberian suara di dalam bilik suara, dan apakah kotak suara yang ada bisa memuat jumlah kertas suara yang diperkirakan mencapai 500 orang, selanjutnya bagaimana cara pengisian lembaran-lembaran penghitungan suara serta bagaimana kerumitan-kerumitan yang ditemui para anggota KPPS,”katanya.

Disamping itu pelaksanaan simulasi ini akan melihat sudah sejauh mana penegetahuan masyarakat tentang tatacara pemberian suara mendatang, karena sebagaimana peraturan KPU No.03 tentang pedoman teknis pemungutan dan penghitungan suara ditempat pemungutan suara, dengan menandai satu kali pada kolom nama partai kemudian nomor/nama calon.

Bantu Rp 25 Juta

Zulkifli Nurdin secara pribadi juga akan membantu KPUD Provinsi Jambi Rp 25 juta. Hal itu dilakukannya guna kelancaran KPUD Provinsi Jambi dalam mensosialisasikan dan mensimulasikan tentang tata cara Pemilu 2009.

Menurutnya, sumbangan Gubernur Jambi secara pribadi sebesar Rp 25 Juta kepada KPUD Provinsi Jambi semata-mata demi lancarnya pelaksanaan agenda nasional dalam penyelenggaraan Pemilu nanti. ruk

Tidak ada komentar: