Sabtu, 03 Mei 2008

Masyarakat Batak Dihimbau Jangan Tergiur Bujuk Rayu Kandidat Walikota

Pilkada Walikota Jambi

Jambi, Batak Pos

Masyarakat Batak yang berdomisili di Kota Jambi dihimbau agar tidak termakan bujuk rayu tim sukses kandidat pasangan Walikota Jambi periode 2008-2013 mendatang. Masyarakat Batak diminta agar tetap menjaga netralitas agar tidak berdampak pada pengkotak-kotakan etnis, khususnya masyarakat Kota Jambi asal Sumatera Utara.

Kini ada oknum tim sukses dari empat kandidat bakal calon walikota yang mencoba merayu tokoh-tokoh masyarakat Batak, baik dari unsur marga dan agama agar turut serta mendukung pasangan calon tertentu. Hal itu dilakukan dengan mengatasnamakan masyarakat Batak dan agama.

Masyarakat Batak di Kota Jambi harus menghindari bujuk rayu sesaat tersebut. “Mari kita bersikap netral dan jangan melakukan propaganda mendukung calon-calon tertentu. Silahkan kita pilih calaon pemimpin kita seturut hati nurani dan sesuai dengan trak record dan visi misi kandidat calon,”ujar S Purba, salah seorang pengurus punguan (kumpulan) marga di Jambi, kepada Batak Pos, Kamis (1/5).

Menurutnya, kini banyak oknum yang mengaku tim sukses kandidat bakal calon walikota membujuk untuk bergabung membujuk masyarakat lainnya untuk memilih calon tertentu. Bahkan menurutnya, bujukan itu dengan mengiming-imingi jabatan di PNS bagi oknum yang kini PNS.

Hal senada juga disampaikan Friston R Sinaga, Ketua Pemuda Gereja Kriesten Protestan (GKPS) Resort Jambi. Menurutnya, sebaiknya tim sukses para kandidat jangan membawa agama untuk mendukung salah satu kandidat.

Menurutnya, ada beberapa oknum yang mengaku tim sukses dari salah satu pasangan kandidat memanfaatkan gereja dan perkumpulan marga-marga, bahkan jabatan di birokrasi untuk mendukung salah satu kandidat.

“Kalau hal ini terjadi, akan terjadi pengkotak-kotakan masyarakat Batak dari lima puak yang berdomisili di Jambi. Masyarakat Batak dari lima puak yang ada di Jambi harus bersatu memilih calon pemimpin yang berjiwa Nasionalis tanpa membedabedakan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan,”katanya.

Kini ada empat pasangan kandidat balon walikota yang akan maju di Pilkada Kota Jambi, 20 Agustus 2008 mendatang. Mereka akan merebut simpatik 388.460 mata pilih.

Pasangan Sutrisno (mantan Danrem 042 Garuda Putih Jambi) dengan Efendi Hatta (Ketua DPC Partai Demokrat), diusung Partai Demokrat, Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Kemudian pasangan dr Bambang Priyanto (Profesional) dengan Sum Indra (Ketua DPD PAN Kota Jambi), diusung PAN, PBB, PPP dan PKPB.

Zulkifli Somad SH (Ketua DPRD Kota Jambi) dengan Agus Suyandi Roni (Sekretaris DPD PDI-P Provinsi Jambi), diusung PDIP dan PBR.

Selanjutnya Drs Asnawi AB (Sekda Kota Jambi) dengan Nuzul Prakaza (Anggota DPRD Kota Jambi-Golkar) diusung Golkar, PKS, PDS dan delapan partai Gurem non kursi di DPRD Kota Jambi. ruk

Tidak ada komentar: