Minggu, 01 Juni 2008

Donny Pasaribu SP, Aktivis Muda yang Selalu Memperjuangkan Keadilan Bagi Kaum Miskin

Donny Pasaribu SP

BERITAKU-Pria Batak kelahiran Jambi 20 Agustus 1974 ini merupakan aktivis muda di Jambi yang getol menyuarakan gerakan pemberantasan korupsi dan segala penindasan rakyat miskin.


Berkecimpung di lembaga swadaya masyarakat (LSM) membuat dirinya semakin tajam dalam menganalisa permasalahan khususnya ketidak adilan yang dilakukan pemerintah terhadap rakyat.

Berjuang demi rakyat, prinsip yang dipegang teguh anak pertama dari dua bersaudara pasangan J Pasaribu/ M br Silitongan ini. Membawa aspirasi masyarakat tertindas dengan LSM National Park Safety Foundation (NP-SAND), sudah diwujudkannya dalam berbagai gerakan yang mengkritisi kasus korupsi dan pembalakan liar di Jambi.

Adalah Donny Pasaribu SP. Dirinya menceritakan pengamanan dan programnya kedepan saat berbincang-bincang dengan Batak Pos di kantornya, baru-baru ini. Pria yang akrab dengan kalangan jurnalis di Jambi ini, memiliki 12 program strategis untuk mengembangkan Kota Jambi.

Guna mewujudkan hal tersebut, dirinya mencoba masuk di Partai Politik di Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dengan salah satu jabatan strategis. Menurut Pria yang banyak berkarier di LSM ini, dirinya menawarkan prioritas isu perjuangan sebagai kandidat bakan calon anggota dewan di DPRD Provinsi Jambi daerah pemilihan Kota Jambi.

Tiga isu prioritas itu adalah peningkatan sektor pendidikan dan kesehatan lebih baik. Kedua menciptakan iklim bisnis yang sehat, adil dan aman sebagai Kota Jambi menjadi pusat perdangan dan bisnis, jaminan standar pelayanan publik yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kota Jambi.

Donny Pasaribu yang baru mengakhiri masa lajangnya awal tahun 2008 ini mengatakan, setidaknya ada 12 program yang ditawarkan untuk membangun Kota Jambi lebih maju lagi.

Program itu adalah mendorong percepatan pembenahan sarana dan prasarana sekolah di Kota Jambi maksimal dalam dua tahun anggaran, termasuk SD dan SMP di Kota Jambi bebas internet.

"Mendorong peningkatan kesejahteraan guru melalui insentif dan fasilitas kerja, membangun data base guru yang ada di Kota Jambi serta memberikan fasilitas tambahan, mendorong pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dari SD hingga tingkat SMA bahkan hingga sarjana bagi yang berdomisili di Kota Jambi,"kata Sekretaris Bidang Ikatan Alumni Universitas Jambi (IKA-Universitas Jambi) 2004-2008.

Kemudian, mendorong eksekutif untuk melakukan program-program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat perkotaan sehingga meminimalisasi orang berobat /sakit serta pengobatan gratis bagi yang sakit, mendorong keterlibatan organisasi atau kelompok masyarakat dalam peran-peran ekonomi perkotaan sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat.

Donny Pasaribu lebih jauh mengatakan, poin lain dari 12 program tawaran adalah mendorong terciptanya standar pelayanan publik yang memiliki kepastian hukum disetiap institusi pemerintah yang transparan dan bertanggungjawab.

Mendorong terciptanya pelibatan masyarakat yang lebih optimal dalam pengambilan keputusan dalam program-program pembangunan dn pengembangan kota.

Mengoptimalkan pengawasan-pengawasan terhadap pungutan-pungutan liar yang menyebabkan ekonomi biaya tinggi. Kemudian mendorong penyempurnaan tata ruang Kota Jambi yang lebih baik, menciptakan iklim infestasi bisnis yang sehat, aman dan berkeadilan menuju Jambi sebagai kota perdagangan dan bisnis yang mampu menyerap tenaga kerja lokal (dari masyarakat kota).

Poin program ke 12 yakni pengawasan yang ketat terhadap pengalokasian dana yang bersumber dari PAD kota/APBD Kota Jambi sehingga benar digunakan untuk meningkatan pendapatan masyarakat kota agar mampu meningkatkan daya beli.

Menurut pria lulusan SMA Xaverius 2 Kota Jambi ini, menggeluti LSM, politik dan berswasta membuat dirinya membuka akses luas terhadap lembaga, pemerintah dan masyarakat.

Kata pria batak lulusan Sarjana Pertanian Universitas Jambi tahun 1999 ini, LSM yang pernah digelutinya antara lain Forum Penyelamat Hutan Jambi (FPHI), Aliansi LSM Jambi untuk Karet Rakyat, Aliansi LSM Jambi Anti Korupsi dan kini aktif juga di Pemuda HKTI Provinsi Jambi dengan jabatan sekretaris.

Kini dirinya terpanggil untuk mengabdi untuk rakyat dengan mohon doa restu maju pada Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Jambi 2009 mendatang dari PDK. Dirinya juga mohon restu dari masyarakat Kota Jambi, khususnya asal Tano Batak dari lima puak (Toba, Simalungun, Karo, Pakpak dan Tapsel). (Asenk Lee Saragih)

CURICULUM VITAE DATA PRIBADI

NAMA : Donny Pasaribu, SPTempat dan Tgl. Lahir : Jambi, 20 Agustus 1974Agama : Kristen ProtestanPekerjaan : SwastaAlamat Rumah : Jl. Patimura Lrg Nusa Indah 2 No. 86 Rt 12 Simp. IV Sipin Jambi 36124.Alamat Kantor : Jl. Jl. A. Hasan Lrg Muhajirin No 42/21 Simp. IV Sipin Jambi 36124.

PENDIDIKAN

No Institusi Tamat Tahun1 SD. Nas. Sariputra Jambi 19872 SMP Xaverius 2 Jambi 19903 SMA Xaverius 2 Jambi 19934 Fakultas Pertanian Univ. Jambi (Strata I) 1999
PENGALAMAN ORGANISASI

No. Organisasi Jabatan Tahun1. BPMF Pertanian Universitas Jambi Wakil Ketua 1995-19962. GMKI Cab Jambi. Wk Sekretaris Bid Organisasi 1996-19983. Local Committee International of Agriculture Students (IAAS) Public Relation 1995-19964. National Park Safety Foundation (NP-SAND) Direktur Eksekutif 2002-20065. 

Dewan Kesenian Jambi (DKJ) Anggota Komite Musik 2004-2005
6. Forum Penyelamat Hutan Jambi (FPHJ) Koordinator 2002-20047. Persyarikatan Rakyat Wk. Sekretaris 2004-20068. Ikatan Alumni Universitas Jambi (IKA-UNJA) Sekretaris Bidang 2004-20089. Badan Khusus Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesi (HKTI)Prov Jambi Sekretaris 2003-200810. Dewan Pimpinan Daerah Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB) Provinsi Jambi Sekretaris 2003-2006

PENGALAMAN KERJA

No. Kegiatan Kerjasama Lembaga Waktu1. Project Officer Pelestarian "Mentok Rimba" di Taman Nasional Berbak Balai Taman Nasional Berbak 20022. 

Koordinator Pelaksana Lomba Pembuatan Modul Pendidikan se-provinsi Jambi Yayasan KEHATI 20013. HUMAS Advokasi (Investigasi dan kampanye ) Illegall Logging diprovinsi Jambi . Forum Penyelamat Hutan Jambi (FPHJ) 2004-Sekarang4. Fasilitator Program Pemetaan Partisipatif di 5 desa Ex. HPH Silva Gama Kabupaten Tebo. 

Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) 2001-20025. Jaringan Badan Warisan Sumatra . BWS- Medan 2000-sekarang6. Assistan specialist training, media and Advocacy programme Good Governance dan Anti Korupsi di PDKP KBH- YPBHI Jambi. 

Yayasan Pendidikan dan Bantuan Hukum Indonesia (YPBHI), Friederic Nauman Stiftung (FNSt) dan Uni Eropa 2002-20047. Wakil Direktur CV Kencana Abadi. - 2005-sekarang8. Koordinator Survey Sosial Ekonomi Masyarakat sekitar PT. IFA Fakultas Pertanian Universitas Jambi 20019. 

Tim Konsultan dan Advokasi Resolusi Konflik di Perkebunan Sawit PT. Asiatic Persada. Kantor Pengacara IMSA & Associates Jambi dan PT. Asiatic Persada 200510. 

Fasilitator Program Pembelajaran Bersama Pengelolaan Sumberdaya Alam Oleh Masyarakat Lokal Yayasan Prakarsa Madani dan yayasan KEMALA 200211. Wakil Direktur CV Kencana Abadi 2004 – Skr12. Comanditer Cv Ghalindo 2006 - Skr
PENGALAMAN PELATIHAN/KURSUS

No. Kegiatan Kerjasama Lembaga Waktu1. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) GMKI cab. Jambi 19952. Diklat Pelacakan Mikoriza Universitas Bengkulu 19963. TOEFL Lembaga Kebahasaan Institute Pertanian Bogor (IPB) 19984. 

Pelatihan Pembangunan Hutan Kemasyarakatan BRLKT Jambi dan OECF 19995. Training of Decentralization on Natural Resources Management and conflict resolution in Indonesia World Bank Institute and FASID 20016. Training Media FNSt – Indonesia 20047. Pelatihan Participatory Rural Appraisal (PRA) Institute Pertanian Bogor (IPB) 1998.

Tidak ada komentar: