Senin, 31 Maret 2008

Ratusan Rumah Penduduk di Jambi Rusak Diterjang Angin

Jambi-Ratusan rumah penduduk di Kota Jambi rusak berat diterjang angin kencang disertai hujan deras, Minggu (30/3) malam. Musibah angin kencang disertai hujan itu juga menewaskan Afrizal (32) warga Kelurahan Suka Karya, Kecamatan Kotabaru.

Korban tewas saat disengat listrik akibat petir ketika membetulkan listrik di lokasi kerja sebagai mitra Pertamina di Kenali Asam Atas. Senin (31/2) korban dikebumikan setelah disemayamkan dirumah duka.

Menurut data yang diperolah dilapangan, Senin (31/3) 22 dari 118 rumah rusak parah malam hari tersebut. Sementara jaringan listrik dan telepon rumah juga banyak terputus diterjang hujan disertai angin kencang tersebut. Selain merusak rumah warga, hujan disertai angin kencang juga menumbangkan ratusan pohon besar di Kota Jambi.

Kerusakan rumah paling parah terdapat di Kecamatan Telanaipura dengan kerusakan rumah 82 unit. Kemudian Kecamatan Jelutung 20 unit dan sisanya di Kecamatan Kotabaru dan Jambi Selatan. Menurut ketua RT 26 Kelurahan Legok, Telanaipura, Said Hasan, hampir seluruh rumah warga hancur.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi Drs M Asnawi AB kepada Batak Pos mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan seluruh lurah dan camat se Kota Jambi untuk mendata kerusakan akibat hujan disertai angin kencang tersebut.

Disebutkan, puluhan rumah yang rusak parah itu akibat tertimpa pohon yang tumbang. Pemerintah Kota Jambi hingga Senin (31/3/2008) belum memiliki data jumlah rumah atau sekolah yang rusak akibat angin kencang disertai hujan dras tersebut.

Menurut data sementara yang diterima Sekda Kota Jambi, rumah yang rusak itu terdapat di Kecamatan Jelutung, tepatnya di Kelurahan Payolebar, Jelutung dan Lebak Bandung. Di RT 19 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, sebanyak 20 rumah rusak, 5 rusak berat/roboh dan 15 rumah dilaporkan mengalami rusak ringan.

Sedangkan dua rumah di RT 52 (Depan Asrama SPM) Kelurahan Jelutung juga rusak, 1 rumah rusak parah dan 1 rumah rusak ringan. Di Kelurahan Payolebar (belakang Hotel Bungo Kincai) 1 rumah tertimpa pohon tumbang dan 1 rumah rusak akibat terjang angin kencang.

Disebutkan, angin kencang juga merusak 10 rumah di kelurahan Beringin (belakang Kantor Depag Kota Jambi, red). Kesepuluh rumah rusak akibat angin kencang. Lima rumah sengnya melayang dan 5 rumah gentengnya hancur akibat tertimba bekas swayalan. Sedangkan pohon tumbang di Pasar Jambi sampai kemarin tidak ada.

Di kelurahan Solok Sipin 51 rumah juga dikabarkan rusak. Dua rumah diantaranya rusak parah karena tertimpa pohon kelapa, membuat pemilik rumah terpaksa mengungsi. Di Kecamatan Kotabaru belum ada laporan kerusakan. Tetapi yang jelas Pohon tumbang di terdapat di Kelurahan Paal V (Purnama) dan Pall 10. (Asenk Lee)

Tidak ada komentar: