Senin, 20 September 2010

Provinsi Jambi Kembangkan Holtikultura di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi akan mengembangkan sektor pembudiyaan bibit dan kebun atau Holtikultura di Jambi. Pengembangan Holtikultura di Provinsi Jambi sangat penting sekali untuk diperkuat. Karena dalam bidang ini bukan hanya sektor pertanian saja, melainkan juga di sektor perkebunan seperti repelanting karet.

Demikian dikatakan, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus saat meninjau langsung Balai Benih Induk Holtikultura di Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, Minggu (19/9). Gubernur Jambi juga mengunjungi Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) dan Balai Benih Indah Palawija.

“Saya melihat peran balai benih ini sangat penting sekali untuk pengembangan sektor Holtikultura di Jambi. Dan ini sangat perlu sekali kita perkuat. Pemerintah telah sepakat terutama instansi terkait dalam penyusunan anggaran tahun depan untuk mengalokasikan dana agar dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada,”katanya.

Gubernur Jambi mengungkapkan perlunya pengenalan pengembangan bibit ini kepada seluruh siswa. Supaya para siswa dapat mengetahui bagaimana cara pengokulasian bibit, serta pengembangan budidaya pertanian lainnya.

Dari sepuluh (10) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) yang ada di Indonesia, hanya Provinsi Jambi yang memiliki lahan paling luas yaitu seluas 50,25 Ha, yang terdiri dari 8 Ha areal perkantoran/bangunan lainnya dan 42,25 Ha areal lahan praktek (perkebunan tanaman pangan, holtikultura dan ternak). ruk

Tidak ada komentar: