Senin, 15 Juli 2024

Hasil Final Copa America 2024: Argentina vs Kolombia, Argentina Juara Copa Amerika 2024, Kalahkan Kolombia Skor 1: 0 Babak Ekstra Time

Selebrasi Martinez usi mencetak gol untuk kemenangan Argentina melawan Kolombia di Final Copa Amerika 2024, Senin (15/7/2024). (IST) 


Amerika-Argentina bermain imbang melawan Kolombia pada pertandingan final Copa America 2024, Senin, 15 Juli 2024 pada fulltime. Laga yang digelar di Hard Rock Stadium, Miami, Amerika Serikat itu berakhir dengan skor 0-0 dalam waktu normal, sehingga berlanjut ke perpanjangan waktu. Pada perpanjangan waktu babak kedua menit ke 111 Martinez menjebol gawang Kolombia dan skor pecah 1: 0 untuk Argentina.

Lionel Messi mengalami cedera pada kaki kanannya sehingga harus ditarik keluar pada menit ke-64 dan digantikan oleh Nicolas Gonzalez. Pemain Inter Miami itu tampak melempar sepatu sebelum duduk di bangku cadangan, lalu menangis.

Babak Pertama

Lionel Messi menciptakan peluang emas pertama untuk Argentina pada menit ke-20. Umpan cutback Angel Di Maria disambut dengan tendangan first time yang mengenai badan Julian Alvarez sehingga bola memantul, tetapi masih bisa diamankan kiper Camilo Vargas.

Tempo permainan berjalan cukup cepat dengan Kolombia lebih banyak menguasai bola. Hingga menit ke-30, Luis Diaz dan kawan-kawan unggul 56 persen, berbanding 44 persen penguasaan bola Argentina. Mereka juga telah menciptakan tiga tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawanng, tetapi belum ada yang benar-benar berbahaya.

Jefferson Lerma membuat peluang emas pertama untuk Kolombia pada menit ke-33. Gelandang berusia 29 tahun itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang, namun dapat ditepis Emiliano Martinez.

Kolombia banyak melancarkan serangan melalui kedua sisi sayap yang dihuni Luis Diaz dan James Rodriguez, namun umpan silang maupun cutback yang dilepaskan kerap dimentahkan para pemain belakang Argentina. Memasuki 10 menit akhir babak kedua, Argentina berbalik menguasai permainan. La Albiceleste membangun serangan dengan Lionel Messi sebagai pusatnya. Akan tetapi, aliran bola kerap mentok di area sepertiga akhir lawan.

La Albiceleste memperoleh peluang lewat sema tendangan bebas pada menit ke-44. Umpan Messi disambut sundulan Nicolas Tagliafico yang masih melambung tipis di atas gawang Camilo Vargas. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Final Copa Amerika 2024, Argentina vs Kolombia.

Babak Kedua

Santiago Arias melepaskan tendangan keras dari sisi kanan kotak penalti Argentina pada menit ke-47 usai menerima umpan Luis Diaz. Tetapi tendangan fullback berusia 32 tahun itu masih melebar tipis dari gawang Emiliano Martinez.

Angel Di Maria mendapat peluang emas pertama di babak kedua pada menit ke-57. Winger asal klub Benfica itu melakukan akselerasi di sisi kiri untuk melewati satu bek Kolombia dan melepaskan tendangan keras tepat ke arah gawang, tetapi Camilo Vargas masih mampu menepisnya.

Petaka datang bagi Argentina pada menit ke-64. Lionel Messi mengalami cedera usai benturan di babak pertama. Pelatih Lionel Scaloni langsung menarik sang kapten dan memasukkan Nicolas Gonzalez sebagai penggantinya.

Sisa pertandingan babak kedua, Argentina terus menggempur pertahanan Kolombia. Keluarnya Messi tidak membuat serangan La Albiceleste mengendur. Berbagai pola serangan dilakukan, namun pertahanan Kolombia masih terlalu kokoh. Skor 0-0 bertahan hingga peluit panjang ditiup, pertandingan lanjut ke babak tambahan.



Perpanjangan Waktu

Pada perpanjangan waktu, 2 kali 15 menit, pada menit ke 111 babak kedua ekstra time, Martinez berhasil menjebol gawang Kolombia. Skor berubah jadi 1: 0 untuk Argentina. Hingga berakhir waktu ekstra time 2X15, skor tidak berubah dan Argentina menjuarai Copa America 2024 di USA, Senin (15/7/2024).

Usai ditarik Messi, laga Argentina vs Kolombia kembali berjalan makin alot. Minim peluang dihadirkan kedua tim, dengan banyak terjadi perebutan bola di area tengah.

Hingga 90 menit tuntas, tak ada gol tercipta. Argentina vs Kolombia dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak pertama extra time, juga belum ada gol tercipta. Argentina punya beberapa peluang, namun urung berbuah gol. Di babak kedua, Argentina akhirnya bisa memecah kebuntuan. Gol didapat Tim Tango!

Lautaro Martinez yang mencetak gol. Mendapat sodoran Giovani Lo Celso ke kotak penalti, sepakan striker Inter Milan itu bisa menaklukkan Camilo Vargas. Argentina unggul 1-0 di menit ke-112.

Hingga masa perpanjangan waktu tuntas, tak ada gol balasan dicetak Kolombia. Kemenangan 1-0 Argentina bertahan, dan memastikan Lionel Messi dkk juara Copa America 2024. (Berbagaisumber)


Tidak ada komentar: