.

.
.

Monday, 7 November 2016

Manikmati Kuniler Hinasumba Buatan Seksi Bapa GKPS Jambi

Hinasumba Kuliner Khas Simalungun.
Peserta Lomba Hinasumba Seksi Bapa GKPS Jambi. (Kiri ke Kanan) St J Sitopu, G Damanik, Sy R Saragih, M Saragih Sidauruk, St MS Munthe, St JB Sitopu, H Saragih. Foto-foto Asenk Lee Saragih dan Jhon Moris Siregar.

BERITAKU-Jambi-Lomba membuat kuliner atau masakan Khas Simalungun “Hinasumba” menjadi salah satu lomba kegiatan Seksi Bapa GKPS Jambi dalam rangka memeriahkan Pesta Minggu Bapa GKPS Ke 21 yang jatuh pada Minggu 6 November 2016. Dua tahun terakhir lomba Kuliner “Hinasumba” sudah menjadi agenda tetap Seksi Bapa GKPS Jambi.

Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba Pakpak mengatakan, dipilihnya Kuliner “Hinasumba” sebagai salah satu lomba, bertujuan untuk mengabadikan Adat Budaya Simalungun, khususnya bidang masakan khas Simalungun hingga ke perantauan.

“Seni, Budaya, Adat, Masalah Khas Simalungun harus kita lestarikan. Seksi Bapa merupakan tonggak utama dalam pelestarian hal tersebut. Pesta Minggu Bapa GKPS Ke 21, Seksi Bapa GKPS melaksanakan Porseni. Seperti Vokal Solo, Vokal Group, Taur Simalungun, Umpasa Simalungun, Domino, Catur dan Bola Volly,” ujar St Ir VM Purba.

Lomba Kuliner Hinasumba dilaksanakan Sabtu, (5/11/2016) di GKPS Jambi. Panitia Seksi Bapa GKPS Jambi menyediakan bahan daging ayam kampung dan bahan lainnya disediakan peserta antar Sektor. Peserta ikut dalam lomba ini yakni Sektor Korintus (St J Sitopu, Bp G Damanik, Sy R Saragih), Sektor Efesus (Bp H Saragih dan St JB Sitopu) dan Sektor Filipi (St MS Munthe dan Bp M Saragih  Sidauruk). Sementara Sektor Tesalonika absen pada kali ini.

Lomba Kuliner Hinasumba ini dimasak di lokasi lomba mulai dari pembuatan bumbu hingga proses pembuatan hingga siap saji. Juri pada lomba ini yakni St Salmen Purba. St Salmen Purba juga mengapresiasi kegiatan seksi bapa dengan mengangkat Seni Budaya Simalungun. 

Kegiatan Porseni pada Sabtu, (5/11/2016) juga memperlombakan Vokal Solo yang diikuti Bp F Lingga, O Purba  dan Sy R Saragih dengan Lagu “Haleluya No 444 “Hutatap Dompak Dolok”. Juri pada Lomba ini yakni St R Saragih S Sos. 

Kemudian Lomba Taur Simalungun dengan Thema “manaurhon hata ni Tuhan” hanya diikuti St F Sipayung dan Lomba Umpasa Simalungun (minimal 6 umpasa Simalungun namarpardomuan keseharian ni Bapa bagi keluarga lao mamboan keluarga mamuji Tuhan tarlobih hu parmingguan) hanya diikuti St Meslan Saragih SH. Padahal tahun 2015 pada kegiatan yang sama, peserta diikuti masing-masing 7 orang.

Kegiatan lainnya juga telah berlangsung sebelumnya sejak Sabtu  29 Oktober hingga 6 November 2016 seperti Domino dan Catur. Peserta Domino mencapai 32 orang dan catur 8 orang. Final Domino dilaksanakan Minggu (6/11/2016) sore dan Juara I St R Damanik, Juara II St F Sipayung, Juara III Bp M Purba (Hakim), Juara IV St Awal JD Damanik.

Sementara Final Volly juga dilaksanakan Minggu (6/11/2016) sore. Juara I Sektor Efesus, Juara II Sektor Filipi dan Juara III Bersama Sektor Korintus dan Tesalonika. Pertandingan Final Volly cukup seru anatara Sektor Efesus dan Filipi karena masing-masing Tim seimbang. Sektor Efesus sebagai juara bertahan karena tahun 2015 lalu juga Juara I Volly.

Ibadah & Donor Darah

Sementara Ibadah Pesta Minggu Bapa GKPS Ke 21 (Minggu 6 Nov 2016) di GKPS Jambi berjalan dengan baik. Ibadah dihadiri sekitar 300 Jemaat GKPS Jambi. Kotbah disampaikan St Salmen Purba, Votum Agenda Sy Rahmad Purba, Doding Sy H Saragih, Organis Sy Friston Sinaga, Songlider Bp JW Saragih Djawak, M Purba, H Simangunsong.

Sementara Tingting (Warta Jemaat) St R Damanik, Surat Tongosan St Ir VM Purba (Ketua Seksi Bapa), Galangan Sy Ir L Sipayung, Sy SD Purba, St F Sipayung dan Doa Syafaat St J Sitopu (Pembimbing Seksi Bapa GKPS Jambi). 

St Salmen Purba dalam Kotbahnya mengingatkan Anggota Seksi Bapa agar tetap menjadi Teladan Bagi Keluarga dan “Malim” itongah-tongah keluarga. Anggota Seksi Bapa GKPS juga diharapkan untuk menjaga “Hamalimon” bagi keluarga pakon Gereja dan Lingkungan.

Pada ibadah, juga dilaksanakan Sayembara Vokal Group dengan dua peserta yakni Sektor Efesus dan Sektor Filipi. Lagu VG yakni  Doding Haleluya No 493 “Naha Do Pangidahmu”. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan Lelang dan Pemotongan Kue Pesta Bapa GKPS Ke 21 yang dipandu oleh Ria Murni br Saragih (Guru Sekolah Minggu). Sembari lelang juga dibagikan Lampet kepada jemaat sebagai pengganjal sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Pemotongan Kue dilakukan Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba dan Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos dan seterusnya dilanjutkan sulang kue kepada Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh, Bivo Denny Br Damanik STh dan Seluruh jemaat dan Orang Tua yang dituakan serta perwakilan Seksi-Seksi Tingkat Jemaat GKPS Jambi.

Usai keseluruhan rangkaian acara di dalam gereja, dilanjutkan dengan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Jambi. Pada kesempatan ini Jemaat GKPS Jambi yang berdonor berjumlah 19 orang. Tahun 2015 lalu mencapai 25 orang. 

Menurut St Ir VM Purba, aksi donor darah ini dilakukan sebagai aksi Sosial Seksi Bapa GKPS Jambi untuk saling peduli terhadap sesama, khususnya lewat donor darah. Semoga acara Donor darah bisa berkelanjutan, khususnya di GKPS Jambi.  “Selamat Pesta Minggu Bapa GKPS Ke 21. Jadilah Bapa yang Mengutamakan “Hamalimon” Bagi Keluarga”. (Asenk Lee Saragih).




Inang Bivo Denny Br Damanik STh dan Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba saat mencicipi Kuliner Hinasumba Buatan Peserta Lomba Seksi Bapa GKPS Jambi.
Lomba Domino.
Inang Lansia (Naomi) Dapat Hadiah Masing-masing dua batang Lemang dari Ny Letkol R Saragih/ Br Hutajulu. 
Tiup Lilin Kue HUT Bapa GKPS Ke 21 dilakukan Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba dan Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos.
Pemotongan Kue HUT Bapa GKPS Ke 21. Pemotongan Kue Pesta Bapa GKPS Ke 21 yang dipandu oleh Ria Murni br Saragih (Guru Sekolah Minggu).
Pemotongan Kue HUT Bapa GKPS Ke 21 dilakukan Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba dan Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos.
Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba berikan Kue kepada Pdt Riando Tondang STh.
Ketua Seksi Bapa GKPS Jambi St Ir VM Purba (kanan) dan Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos. 

VG Bapa Sektor Efesus.

VG Bapa Sektor Filipi
Hinasumba Kuliner Khas Simalungun Made In Korintus.


Donor Darah

Hinasumba Kuliner Khas Simalungun Made In Sektor Efesus.

Kotbah St Salmen Purba Pakpak.

No comments: