.

.
.

Rabu, 20 Mei 2015

HBA Curhat Soal Perjuangan Pendidikannya di Hadapan Mahasiswa

HBA

Gubernur HBA : Dengan Tekad yang Besar dan Belajar yang Tekun Semua Bisa Tercapai

MUARAOJAMBI- Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menjadi pembicara utama pada acara  Talk Show yang dipandu langsung oleh pembicara kondang dari Jakarta Tina Talisa serta pembicara lainnya yaitu, Dirut PTPN VI Jambi dan V Calusa Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi bertempat Balairung Unja Mendalo, Selasa (19/05/2015). Tema dalam acara ini adalah "Nothing to Something " Temukan Jalan Kesuksesan bersama Tokoh Inspiratif Jambi ".

Kata HBA, sebagai seorang anak pertama dari sepuluh orang bersaudara, dirinya sebenarnya tidak mempunyai cita-cita yang begitu tinggi. Namun karena mempunyai tekad yang begitu besar dan belajar yang tekun, akhirnya ia mendapatkan kesuksesan dan sekarang menjadi Gubernur di Provinsi Jambi.


“Saya anak pertama dari sepuluh bersaudara. Cuma saya mempunyai kemauan belajar begitu tinggi. Orang tua saya menyekolahkan saya hanya untuk bisa menjadi imam dan mengajarkan anak-anak mengaji di madrasah, itu sudah cukup," papar HBA mengenang masa lalu nya.

Gubernur Jambi HBA juga menceritakan perjalanan hidupnya di masa lalu sewaktu dirinya masih sekolah diseberang Kota Jambi dahulu, dirinya pernah mencari ikan di sungai Batanghari untuk dijual dan menambangkan perahu. “Itu saya kerjakan dimalam hari, guna kebutuhan hidup dan sekolah waktu itu,” kenangnya.

Pada kesempatan ini juga dihadirkan Guru Sekolah HBA sewaktu di Pondok Pesantren As'ad KH. Najmi Kadir serta teman sewaktu sekolahnya yaitu Prof, Dr. Manan. 

Gubernur Jambi HBA juga mengatakan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain. "Apa bila kita bisa menolong orang dan orang itu merasakan pertolongan kita, itu baru puas rasanya," jelasnya.

Dalam acara ini Gubernur HBA juga menghimbau para generasi muda Jambi agar berpikir secara luas dan tidak berpikiran sempit. “Berpikirlah secara besar kalau mau jadi orang besar, janganlah berpikir secara lokal atau berpikir secara sempit. Kalau mau menjadi orang besar hendaknya berpikir secara keterbukaan,” himbaunya.

Ditambahkannya, saat dirinya menjadi Bupati Sarolangun untuk pendidikan secara rutin tiap tahunnya menyekolahkan putra-putri Sarolangun kejenjang lebih yang tinggi lagi yaitu S2 dan S3 setiap tahunnya 6 orang.  "Selama saya menjadi Gubernur telah menyekolahkan anak Jambi S3 diluar negeri dan dalam negeri sebanyak 60 orang setiap tahunnya, agar SDM Jambi lebih baik lagi kedepannya," jelasnya.

Gubernur HBA juga menambahkan bahwa walau dirinya tidak mengenyam pendidikan yang terlalu tinggi, namun dirinya tetap bertekad untuk menyekolahkan anak-anak Jambi sampai ke jenjang yang tinggi agar SDM Jambi kedepan bisa lebih baik lagi  dan bagus serta handal. "Walaupun saya tidak Proffesor ataupun Doktor, tapi saya banyak menerbitkan atau menyekolahkan putra-putri Jambi sekolah dimana saja agar SDM kita kedepan lebih bagus lagi," pungkasnya. (Lee)

Tidak ada komentar: