Jumat, 17 April 2015

Gubernur Jambi Ajak Industri Pariwisata Promosikan Jambi

Sekelompok remaja menikmati Panorama Sungai Batanghari dari Jembatan Pedistrian Jambi dengan latar belakang Menara Gentala Arasy Jambi, Jumat 17 April 2015. Foto Rosenman Manihuruk/Harian Jambi.
JAMBI-Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menghimbau seluruh elemen dan komponen, khususnya para pelaku usaha industri pariwisata sudah sepatutnya menyatukan visi, misi dan persepsi, intens menjalin komonikasi dan sinergi, meningkatkan kerja sama untuk berkarborasi dan berkreasi terutama dalam upaya mempromosikan pariwisata Jambi secara berkesenabungan.

Berkarborasi dan berkreasi itu penting sehingga promosi wisata Jambi memiliki daya saing yang tinggi. Himbauan tersebut disampaikan H. Hasan Basri Agus (HBA) saat Pembukaan Bulan Promosi Jambi 2015 Welcome To Jambi Adventure dan Culture Paradise bertempat Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (15/04/2015).

Diawali dengan tarian Bagumbak Dari Kabupaten Merangin, HBA membuka Bulan Promosi Jambi Tahun 2015 dianjungan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta yang dilaksanakan selama 2 hari.


HBA mengatakan, secara geografis dan gio strategis Provinsi Jambi telah memiliki keunggulan komparative yang didukung oleh kekayaan ragam seni dan budaya serta alam yang indah.

“Keunggulan budaya tersebut harus diupayakan sehingga mampu unggul secara kompetitif yang mempunyai daya saing yang tinggi. Pemerintah Provinsi jambi senantiasa berbuat untuk meningkatkan daya saing daerah Jambi.Upaya dan usaha yang dilakukan haruslah sinergi dan sejalan dengan upaya dan usaha yang dilakukan oleh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi,” kata HBA.

HBA juga menjelaskan, Provinsi Jambi memiliki objek dan daya tarik wisata yang beragam yaitu mencapai 223 objek terdiri dari objek wisata budaya, sejarah dan wisata alam, wisata minat khusus serta wisata buatan yang didalamnya terdapat keragaman kekayaan kesenian dan kebudayaan.

Gubernur Jmabi minta kepada pemerintah daerah kabupaten/kota harus jeli dan kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada bukan hanya terpaku kepada pemanfaatan anggaran daerah saja, akan tetapi melalui sumber-sumber lain yang dapat diperdayakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada, serti melakukan kerjasama/ kemitraan dengan pihak ketiga dalam melaksanakan event promosi maupun pemanfaatan program CSR perusahan.

“Sesungguhnya setiap stakhoder terkait yang ada turut memegang peranan penting tampa terkecuali, ada tiga pilar utama yang memiliki peran setara dalam pembangunan, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” kata HBA.

Kata HBA, Pemprov Jmabi berperan bersama pemerintah dalam mempromosikan Jambi ditingkat nasional juga ke internasional. Jambi tidak kalah dengan daerah lain alam begitu indah, candi terluas di AsiaTenggara, berbagai macam seni dan budaya daerah. HBA juga mengatakan dengan berbagai macam batu akik yang keluar, Jambi juga tidak ketinggalan batu akiknya juga bermacam-macam serta bagus. 

Ketua Pelaksana Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Edi Erizon menyampaikan, kegiatan bulan Promosi Jambi Tahun 2015 merupakan sebuah event tetap yang akan diagenda rutin dan merupakan program sinergitas antara provinsi, Kabupaten/kota serta anjungan TMII dibidang keparawisata.

Kegiatan Bulan Promosi kali ini diharapkan dapat menjadi trigger (motor penggerak) sehingga lokomotif pembangunan kepariwisataan di provinsi jambi dapat maju dan berkembang.

Kata Edi Erizon, Jambi merupakan sebuah provinsi yang terletak di tengah jantung pulau Sumatera, memiliki kespesifikan alam dan budaya yang dapat dijual dengan memanfaatkan paket-paket wisata minat khusus bagi wisatawan dengan dengan capaian dan tujuan tetap bermuara pada peningkatan Mass Tourism.

“Provinsi Jambi memiliki keunggulan geografis dan giostrategis serta ke unggulan komparative dan di dukung oleh ragam seni dan budaya diharapkan dapat menjadi penunjang sektor pariwisata yang saling bersenergi dan berkolaborasi. Dengan keelokan jambi dan pesonanya diibaratkan sebuah permata di jantung Sumatera,” ujar Edi.

“Dengan telah diresmikannya Jembatan Pendestrian Gentala Arasy dan Menara Gentala Arasy oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla pariwisata Jambi sekarang menjadi meningkat,” katanya.

Sebelumnya dilakukan sekilas  Promosi tentang Provinsi Jambi dan Biografis Provinsi Jambi.
Turut serta pada kesempatan ini, anggota DPR-RI utusan Jambi H, Bakri, H, Sutan Adil Hendra, direktur Jendral Pemasaran Pariwisata Kementrian pariwisata RI, para bupati se Provinsi Jambi, kepada pimpinan Biro jasa trapel, hotel se-Provinsi Jambi para undangan lainnya. (Lee)

Tidak ada komentar: