.

.
.

Thursday, 12 February 2015

Gubernur Jambi Apresiasi Penobatan Putra dan Putri Gentala Arasy 2015


HBA: Mudamudi Jambi Harus Kreatif dan Berseni

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) mengapresiasi Penobatan Putra dan Putri Gentala Arasy 2015 yang bertempat di WTC Batanghari, Kota Jambi, Rabu (11/2) sore. HBA juga memotivasi muda-mudi Jambi untuk tetap kreatif dalam berkarya, khususnya bidang seni.

R MANIHURUK, Jambi

“Teruslah berkarya dan berinovasi anak-anakku sekalian untuk kemajuan Provinsi Jambi. Lakukanlah apa yang bisa membawa kemajuan bagi Provinsi Jambi. Bagaimanapun, kegiatan ini pasti mempunyai dampak positif untuk generasi muda Provinsi Jambi,” kata Gubernur Jambi HBA dalam Penobatan Putra dan Putri Gentala Arasy 2015 , bertempat di WTC Batanghari, Kota Jambi, Rabu (11/2).

Pada kesempatan itu, HBA menyerahkan Piala Bergilir Putra dan Putri Gentala Arasy 2015. Kata HBA menyatakan, dirinya berterimakasih kepada anak muda Jambi yang bekreasi dalam mengadakan Pemilihan Putra Putri Gentala Arasy.

“Walaupun jembatan pedestrian Gentala Arasy belum kita resmikan, tetapi mereka menciptakan sesuatu yang cukup menarik. Kedepan, ini terus dilanjutkan setiap tahun, apalagi tadi ada Piala Bergilir Gubernur Jambi,” kata HBA didampingi Kepala Dinas PU Provinsi Jambi PB Panjaitan.


“Ini memotivasi anak-anak kita. Disamping juga mempromosikan Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Kita tahu bahwa Menara Gentala Arasy itu adalah menara yang di bawahnya nanti ada museum. Juga ada semacam teater pertunjukan nanti. Bisa dilihat oleh masyarakat Jambi, terutama generasi muda, tentang kebesaran Jambi Seberang Kota,” ujar HBA.

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi PB Panjaitan juga mengapresiasi kegiatan muda-mudi Jambi berkaitan dengan promosi Jembatan Pedistrian dan Gentala Arasy di Seberang Kota Jambi.

Menurut PB Panjaitan, Jembatan Pedestrian Jambi yang dibangun dengan konsep konstruksi cable stayed/kabel penahan yang ditopang oleh 2 buah tiang pancang setinggi 60 meter. Ini nanti total panjangnya mencapai 532 meter dengan lebar 4,5 meter. 

Jembatan yang menghubungkan kawasan wisata Tanggo Rajo di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi ke Menara Gentala Arasy Kota Seberang ini nantinya juga bakal dilengkapi dengan lampu warna-warni yang menambah eksotik pemandangan jembatan pada malam hari.

Disebutkan, proyek ini menelan anggaran lebih dari Rp 70 miliar jembatan yang didesain dengan letter s ini terhubung dengan menara Gentala Arasy yang terletak di seberang. Menara Gentala Arasy ini nantinya juga bakal menjadi satu diantara ikon lain Kota Jambi.

Selain mempunyai arti menara yang memancarkan suara dari ketinggian, juga disebut sebagai “Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti” mantan Gubernur Jambi yang memang lahir di Jambi Seberang. 

Kapa PB Panjiatan, dari menara yang dipuncaknya terpasang jam besar ini nantinya bakal terdengar kumandang azan dari Masjid Agung Al Falah setiap tiba waktu sholat. Menara Gentala Arasy mempunyai tinggi sekitar 85 meter. 

Di lantai dasar bakal dipergunakan untuk museum. Di halaman luar juga bakal ditampilkan relief-relief tentang sejarah berkembangnya agama Islam di Jambi yang tak lepas dari Jambi Seberang.

Sementara Ketua Panitia, Sigit Hari Wibisono, menyampaikan, pemilihan Putra dan Putri Gentala Arasy 2015 diselenggarakan pada tanggal 6 -11 Februari 2015 dengan jumlah peserta 85 orang. Setelah proses seleksi didapatkan 15 pasang finalis. Untuk Lomba Lagu Daerah 30 peserta, Lomba Disk Jokey 20 peserta, Lomba Make Up 15 peserta, dan Lomba Fashion Show 25 peserta.

Berbagai kategori dipilih dalam even ini, diantaranya Putra dan Putri Intelegensi Gentala Arasy 2015. Parade finalis Putra Putri Gentala Arasy 2015, penampilan lagu tentang Gentala Arasy, dan persembahan lagu dari bintang tamu Paramita Rusadi memeriahkan acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga diputarkan video klip yang berjudul "Karya-karya HBA”.Selanjutnya, gubernur meninjau toko pakaian Humairah 3, lantai 2 WTC Batanghari.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (*/lee)

No comments: