.

.
.

Sunday, 11 January 2015

Proyek Jalan Lingkungan Kota Jambi Kurang Berkualitas


HANCUR: Sebuah jalan lingkungan Proyek PU Kota Jambi di Kebun Bohok, Jambi Selatan, Kota Jambi yang kondisinya sudah rusak, Jumat (9/1). Padahal jalan itu baru dibangun tiga bulan lalu. ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI


RUSAK: Jalan Banda Aceh, Kecamatan Jelutung Kota Jambi kini kondisinya rusak berat. Jalan lingkungan Kota Jambi itu belum mendapatkan perbaikan oleh Dinas PU Kota Jambi. EDWIN EKA PUTRA/HARIAN JAMBI.



Proyek jalan lingkungan di Kota Jambi diketahui asal jadi. Bahkan proyek anggaran APBD Kota Jambi 2014 banyak ditemukan tak sesuai bestek atau diaspal seadanya. Salah satunya jalan lingkungan di Kebun Bohok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.


R MANIHURUK, Jambi

Pengamatan Harian Jambi Jumat (9/1) menunjukkan, salah satu proyek jalan lingkungan yang dibangun tiga bulan lalu kini kondisinya sudah memprihatinkan. Pembangunan jalan tampak seadanya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD IPI Provinsi Jambi Amrizal Ali Munir mengatakan, banyak temuan jalan lingkungan di Kota Jambi yang dibangun asal jadi.


“Banyak proyek jalan asal jadi. Kurang pengawasan dari PU Kota Jambi. Katanya Jambi Bangkit, tapi proyeknya terkurap asal jadi. Contohnya program jalan lingkungan PU Kota Jambi 2014 banyak yang hancur belum waktunya. Seperti di Kebun Bohok tersebut,” katanya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Jambi Sihar Sagala (PDI-P) mengatakan, minimnya pengawasan dari PU Kota Jambi membuat proyek jalan lingkungan di Kota Jambi terkesan asal jadi.

Pihaknya meminta PU Kota Jambi untuk memberikan sanksi tegas kepada rekanan yang mengerjakan proyek jalan lingkungan tersebut. 

Rp 48 Miliar Perbaikan Jalan Kota

Guna mengetahui kondisi jalan di seputaran jalan Kota Jambi, Harian Jambi mencoba mengelilingi areal kota, yang dikabarkan mendapat sedikit sentuhan dari pemerintah terkait perbaikan jalan.

Dan ternyata memang, masih banyak jalan-jalan di wilayah Kota Jambi yang berlubang dan rusak. Hal ini tentu tidak senada dengan rancangan pemerintah Provinsi Jambi, yang mencanangkan Jambi, menuju Ekonomi, Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS) pada Tahun 2015.


Menurut data yang didapat Harian Jambi dari Dinas PU Kota Jambi, bahwa ada dua jenis tipe jalan kota. Yakni jalan status kota seperti jalan besar di dalam kota dan jalan lingkungan, seperti lorong-lorong kecil.

Bahwa anggaran perbaikan jalan untuk tahun 2014, khusus Kota Jambi untuk sebanyak 371 ruas jalan, yang ditangani dengan baku anggaran Rp 48,89 miliar. Adapun rincian perbaikan jalan yang akan ditangani tersebut diantanya, jalan Kecamatan Jambi Selatan sebanyak 89 ruas jalan, Kecamatan Jambi Timur 43 ruas, Kecamatan Jelutung 41 ruas, Kecamatan pasar 10 ruas, Kecamatan Kotabaru 103 ruas, Kecamatan Telanaipura 65 ruas, Kecamatan Danau Teluk 10 ruas dan Kecamatan Pelayangan sebanyak 10 ruas.

Kemudian diketahui juga, bahwa anggaran pada tahun 2014 lebih banyak dari pada tahun 2013. Tahun lalu, anggaran untuk perbaikan jalan khusus Kota Jambi senilai Rp 38,32 miliar, yang dibagi menjadi dua anggaran. Yakni (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni sebesar Rp 30,25 miliar dan APBD Perubahan (APBDP) senilai Rp 8,7 miliar.

Selama tahun 2013, terdapat 351 ruas jalan yang diperbaiki, yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jambi. Untuk APBD Murni, diperbaiki sebanyak 254 ruas jalan. Sedangkan pada APBDP sebanyak 97 ruas jalan. 

Untuk 2013, semua sudah kita laksanakan. Sejauh ini, untuk jalan lingkungan belum ada laporan dari Masyarakat dan alhamdulillah sudah seratus persen dilaksanakan. Walaupun sudah dianggarkan pada tahun lalu guna perbaikan jalan rusak di Kota Jambi, namun hingga kini jalan rusak tetap saja masih banyak. (*/lee)

No comments: