.

.
.

Selasa, 28 Oktober 2014

Pertajam Pengetahuan Teknologi, IAIN Adakan Pelatihan Internet untuk Dosen

Peserta Pelatihan. Foto Anita
Perkembangan teknologi yang begitu pesat pastinya memaksa setiap orang untuk memperlajarinya. Hal ini menggugah IAIN untuk melakukan pelatihan internet untuk kalangan dosen yang diharapkan mampu memberi pengaruh bagi akselerasi pembelajaran di perguruan tinggi.

Anita, JAMBI 

Dibuka langsung oleh wakil rektor IAIN STS Jambi Dr. S. Sagap. M. Ag. Acara yang berlangsung selama 2 hari (25-26 Oktober 2014) ini bertempat di Aula Rektorat Lantai III  Sultan Thaha Saifudin Jambi dengan mengangkat tema “Melalui Pelatihan Internet, Kita Wujudkan Budaya Digital dilingkungan IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi”.

Pelatihan ini sendiri dihadiri sekitar 40 Dosen perwakilan dari 4 fakultas Lingkungan IAIN STS Jambi. Bertujuan untuk pengembangan TIK untuk pendidikan tinggi diarahkan pada pengembangan Aplikasi pembelajaran online untuk bisa dimanfaatkan agar akses pembelajaran dosen dapat diterima dengan cepat, lintas batas dan paperless kepada mahasiswa. Pelatihan ini langsung menghadirkan pemateri berpengalaman Setiawan Assegaff, Ph.D sebagai salah satu dosen STIKOM Jambi sekaligus kepala Badan Penjaminan Mutu Stikom Dinamika Bangsa. 


Ketua panitia sekaligus Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN STS Jambi Samsu, M.Pd. I. Ph. D dalam sambutannya menjelaskan tujuan dan sasaran pelatihan internet dosen yaitu “Memperkenalkan fungsi dan software learning Management System (LSM) bagi Dosen, memperkenalkan Software Edmodo dan kemungkinanya penggunaanya bagi Dosen membuat Website dan kelas mata kuliah, mendorong dosen untuk memanfaatkan menunjang pembelajaraan jarak jauh untuk perkuliyahaan pada IAIN STS Jambi, dan mempercepat desiminasi internet goes to campus IAIN STS Jambi dalam rangka untuk memperoleh rekognisi local, nasional bahkan internasional,” Jelasnya.

Meskipun internet telah bergeliat di lingkungan IAIN dari tahun 2012 lalu tapi semua itu belum berjalan dengan baik dan kendala macet tidak jarang terjadi, maka dari itu Samsu mengharapkan kedepanya Jaringan internet bisa ditambah dengan bertambahnyamahasiswa dan pengguna IT.

“Kami akan mengusahakan kedepanya agar semua titik dilingkungan IAIN ini terdapat jaringan internetnya aktif, karna semakin bertambahnya mahasiswa dan pengguna IT maka jaringan internet juga harus ditambah.

Meskipun semua ini entah kapan akan terlaksana tapi kalu bisa secepatnya, pelan-pelan kami akan usahakan yang jelas kami mulai dulu dari para dosen dan Ingsalah nanti kami akan melanjutkan di ruang-ruang kelas dan kantor-kantor lingkungan IAIN ini agar mudah untuk mengakses internet.

"Dan usaha kami sekarng, akan mencoba  melobi para dekan juga para atasan untuk membantunya,  dan memang untuk sekang jaringan internet itu masih terbatas dan semoga untuk kedepanya untuk semua titik di IAIN ini mudah untuk mengakses internet” tambahnya.

Selain itu Samsu juga berharap kedepanya IAIN STS Jambi ini akan menggunakn tren baru  tren digital dan multimedia “Untuk semua komponen kampus pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa kita berupaya melakukan peningkatan aiti/internet supaya mereka melek aiti digital maupun multimedia, dengan begitu dosenpun mampu memberikan pelajaran bersifat jarak jauh.

Artiya yang selama ini proses  belajarnya face to face bertemu dengan mahasiswa langsung tapi kini tanpa dosen di tempat dia tetap akan bisa mengajar mahasiswanya, dan juga harpan kami selanjutnya dengan adanya internet dikalangan dosen, dosen bisa menungkan ide-idenya dalam bentuk internet sehingga bisa diupublikasikan didunia global.

Dengan begitu ketika karya dosen telah dibaca adunia berarti IAIN mampu  go study word artinya IAIN mampu Menuju dunia, karna tanpa internet orang tidak akan menuju dunia. Selain itu dengan adanya  internet orang bisa meminimalkan kertas, karna kita tahu kertas itu dari hutan, dan sekang hutan sudah gundul” ujarnya (*/h7o)

Tidak ada komentar: