.

.
.

Jumat, 17 Oktober 2014

Ini Tantangan Pemerintahan Jokowi-JK di Bidang Pendidikan

Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK)
Jakarta-Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) nanti akan menghadapi tantangan yang tidak mudah, salah satunya di bidang pendidikan. Di bidang ini, pemerintahan Jokowi-JK dituntut untuk terus meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh warga negara, terutama anak-anak Indonesia. 

“Tugas di dunia pendidikan itu tantangannya adalah, ‎bagaimana caranya supaya anak Indonesia, di manapun dia berada bisa tetap dapat mengecap bangku pendidikan, tetap sekolah," ujar Mendikbud M Nuh di kantor Kemendikbud, Jl Jend Sudirman, Senayan, Jakpus, ‎Rabu (15/10).


Menurut Nuh, tantangan pemerintahan baru di dunia pendidikan tidak hanya sebatas memberikan pendidikan saja kepada anak Indonesia. Tetapi juga memberikan kemudahan bagi mereka untuk menikmati bangku sekolah tanpa terkendala biaya yang tinggi.

“Akses ke sekolah dan biaya yang terjangkau, itu juga merupakan sebuah tantangan yang harus ditaklukkan," jelasnya.


Tak hanya itu, lanjut Nuh, akses pendidikan juga tidak terbatas hanya untuk anak di Indonesia saja, namun juga bagaimana pemerintahan baru berupaya memberikan akses pendidikan ke luar negeri, khususnya di mana banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mencari nafkah di sana.

“Aksesnya harus sampai di luar negeri yang banyak TKI kita. Anak-anak mereka juga butuh pendidikan yang sama dengan teman-teman mereka di Tanah Air," pungkasnya.(dtk/lee)

Tidak ada komentar: