.

.
.

Friday, 13 June 2014

IAIN STS Jambi Terima 3.000 Mahasiswa Baru




Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi membuka pendaftaran mahasiswa baru. IAIN Jambi mempunyai target 3.000 mahasiswa untuk masuk ke IAIN STS Jambi karena kita akan menuju UIN jadi kuantitas mahasiswanya harus diutamakan.

Dalam penerimaan mahasiswa baru menggunakan empat jalur yaitu, jalur SPAN-PTAIN yang menggunakan sistem online. Jalur UM-PTAIN yang juga menggunakan jalur online. Jalur pretasi minat bakat dan keterampilan khusus (PMBK). Yang terahir adalah Jalur reguler.

Sekertaris Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN STS Jambi Sirojudin, Rabu (11/6) mengatakan, dalam penenerimaan siswa baru di IAIN STS Jambi menggunakan empat jalur yaitu jalur SPAN-PTAIN.


Jalur UM-PTAIN. Jalur pretasi minat bakat dan keterampilan khusus (PMBK). Yang terahir adalah jalur reguler. “Jadi sistem penerimaan mahasiswa baru di IAIN STS Jambi melalui empat jalur,” katanya.

Untuk jalur SPAN-PTAIN menggunakan jalur online yang di buka pada tanggal 18 Februari sampai 30 April 2014 lalu dan diseleksi pada tanggal 1 sampai 30 Mei 2014. Dan pengumumannya tanggal 31 Mei 2014. Registrasi pada tanggal 24 sampai 25 Juni 2014. “Proses SPAN adalah sekolah yang mendaftarkan jadi sekolah yang mendaftarkan siswanya,” katanya.

Semantara jalur UM-PTAIN yang juga menggunakan jalur online pendaftaran pada tanggal 6 Mei sampai 20 Juni 2014 jadwal ujiannya pada tanggal 24 sampai 25 Juni 2014. Dan pengumuman pada tanggal 22 Juli 2014 sementara registrasinya pada tanggal 22 Juli 2014.

“UM-PTAIN merupakan penerimaan mahasiswa baru secara nasional dan bekerjasama dengan Bank Mandiri, calon mahasiswa mendaftar di Bank Mandiri dengan membuka web IAIN dan langsung mendaftar di sana,” katanya.

Jalur yang terahir adalah jalur reguler yang pendaftarannya pada tanggal 1 sampai 30 Mei 2014 jadwal ujiannya tanggal 1 sampai 3 Juli 2014 dan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2014 setelah itu melakukan registrasi yang akan dimulai tanggal 22 Juli hingga selesai.

“Kita mempunyai target 3.000 untuk masuk ke IAIN STS Jambi karena kita akan menuju UIN jadi kuantitas mahasiswanya harus diutamakan,” katanya.

Sementara itu Rektor IAIN STS Jambi yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penjamin Mutu IAIN Dr Iskandar MPd mengatakan, IAIN STS Jambi merupakan perguruan tinggi yang ternama di Provinsi Jambi dan merupakan milik Provinsi Jambi.

IAIN STS Jambi juga merupakan penyangga dari pendidikan perguruan tinggi yang memiliki nilai-nilai Islami. Maka dalam perkembangannya IAIN menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

“Untuk hari ini kita memberikan pelayanan yang bermutuh mulai dengan penerimaan mahasiswa baru sampai kepada wisudanya itu suda tersestem melalui sistem nasional yang disebut sistem ISO 2001 2008,” katanya.

Sistem tersebut untuk mengawal sistem layanan mutu di IAIN STS Jambi dengan harapan semunya adalah untuk layanan yang bermutu unyuk mahasiswa. Jadi mahasiswa IAIN nantinya akan diproses sesui dengan standarnya agar indikator-indikatornya jelas.

Dengan seperti itu diharapkan tidak adalagi mahasiswa IAIN yang tidak menguasai nilai-nilai Islam. Harapakan di zaman kekinian tidak ada lagi mahasiswa IAIN yang gaptek, tidak ada mahasiswa IAIN yang tidak mempunyai kompetensi.

“Jadi itu merupakan standar mutu yang sudah kita sepakati dan sudah kita laksanakan," katanya. Proses perkuliahan yang ada di IAIN dikawal dengan sisetem. Untuk di Jambi satu-satunya perguruan tinggi yang suda menerapkan sistem manajemen mutu berbasis ISO dan itu adalah IAIN Jambi.

Jadi IAIN STS Jambi bukan saja institusi Agama Islam yang mengikuti apa yang menjadi kompetitif hari ini. Dan IAIN mempunyai target untuk melakukan pengembangan diri dengan membukan beberapa fakultas dan prodi-prodi baru.

“Endingnya adalah untuk menuju Universitas Negeri Jambi. Jadi untuk penerimaan mahasiswa baru kita buka keran untuk masyarakat Jambi dan di luar Jambi untuk masuk ke IAIN,” katanya.

Pihaknya mengatakan target penerimaan mahasiswa baru adalah 3.000 mahasiswa, dan dalam waktu dekat ini fakultas-fakultas baru dan prodi-prodi baru akan dibuka untuk mempersiapkan IAIN untuk menuju Universitas Islam Negeri Jambi.

Fakultas yang akan dibuka adalah Fakultas Ekononi Islam karena Prodi Ekonomi Islam yang ada sekarang sangat banyak diminati calon mahasiswa baru. Jadi IAIN Jambi dalam waktu dekat akan diberi kewenangan untuk membuka fakultas baru untuk menopang prasyarat menuju Universitas Islam Negeri Jambi.

“Kita kan membuka fakultas baru dan prodi baru untuk melengkapi syarat untuk menjadi UIN Jambi,” katanya. (KAHARUDDIN/lee)

No comments: