.

.
.

Jumat, 13 Juni 2014

Gubernur Harapkan Prestasi Atlet Jambi Meningkat

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus saat memukul gong tanda dibukanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2014 di GOR Kotabaru Jambi, Rabu (11/06/14). Foto R MANIHURUK/HARIAN JAMBI
Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) berharap prestasi atlet Jambi semakin meningkat dengan berbagai even olahraga baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. HBA juga  memberi harapan peningkatan prestasi atlet Provinsi Jambi untuk menghadapi ajang olahraga yang lebih bergengsi.

Hal itu dikemukakan HBA saat pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2014 di GOR Kotabaru Jambi, Rabu (11/06/14). Antusiasme kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk mengirim atlet dalam acara POPDA menjadi harapan Provinsi Jambi memiliki atlet handal yang akan membawa nama Jambi di tingkatan olahraga yang lebih tinggi.

“Bahagia dan bangga semua kabupaten/kota mengirim utusan untuk bertanding dalam kegiatan dengan harapan bisa melaksanakan dengan jiwa sportivitas tinggi, jiwa satria dan taat aturan olahraga,” kata HBA.

 
Semakin banyaknya jumlah atlet yang mengikuti cabang olahraga yang dipertandingkan tentunya akan memperketat seleksi atlet Provinsi Jambi yang berbakat. “Semoga prestasi semakin baik dan maju terutama peningkatan prestasi pada PON 2016 di Jawa Barat,” harab  HBA.

Menurut HBA, terkait peningkatan prestasi olahraga bisa terlaksana dengan baik apabila insan olahraga di Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan dan program secara benar.

Sedangkan laporan Kadispora Provinsi Jambi Drs Satria Budhi MM  menyampaikan kegiatan POPDA memiliki tujuan penyelenggaraan sebagai ajang seleksi atlet cabang olahraga untuk mengikuti POPWI I se Sumatera yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi pada bulan November 2014.

Kemudian mengukur prestasi hasil pembinaan yang diselenggarakan oleh daerah peserta POPDA disamping mencapai tujuan yang lebih tinggi pada ajang olahraga Nasional maupun Internasional dengan menyeleksi atlet yang berbakat.

Menurut Satria Budhi, peserta POPDA sebanyak 1.198 orang dari seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk mengikuti Delapan Cabang Olahraga diantaranya, Sepakbola, Bola Volley, Bola Basket, Bulutangkis, Tenis, Sepak Takraw, Tenis Meja, Pencak Silat.

Disebutkan, pelaksanaan sepak bola timputra bertempat di Stadion Tri Lomba Juang dan Lapangan Garuda Korem. Bola Volly (putra - putri) bertampat di GOR SMAN Titian Teras Pijoan.

Bola Basket (putra-putri) betempat di Gor kota baru, Bulu Tangkis bertempat di Gor putri Mayang Jambi, Tenis (putra-putri) bertempat di Bandiklatda Kotabaru dan KONI Provinsi Jambi.

Kemudian Sepak takraw tim putra bertempat di Gor PBSI Hall Wana Graha, Tenis meja (putra-putri) bertempat di Gor PTMSI Kotabaru Jambi, Pencat silat (putra-putri) bertempat di Gor Judo Kotabaru Jambi. “Itulah cabang-cabang oleh raga yang di pertandingkan dan tempat pertadingannya," kata Satria Budhi MM.

Dari semua cabang yang dipertandingkan jumlah kontingennya adalah Kota Jambi 147 orang, Kabupaten Batanghari 85 orang, Kabupaten Muarojambi 129 orang, Kabupaten Bungo 121 orang, Kabupaten Kerinci 60 orang.

Kemudian Kota Sungai Penuh 124 orang, Kabupaten Merangin 107 orang, Kabupaten Sarolangun 96 orang, Kabupaten Tanjung Jbaung Barat (Tanjabar) 118 orang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) 91 orang, dan Kabupaten Tebo 120 orang.

Pembukaan POPDA dimeriahkan dengan tarian dari berbagai daerah di Indonesia dan terlihat hadir Kadis Pendidikan Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dari Kabupaten/Kota, serta para undangan lainnya.(khr/lee)


Tidak ada komentar: