.

.
.

Friday, 9 May 2014

Mengapresiasi Prestasi SMAN 3 Kota Jambi


Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Jambi Ahedi SPd MPd
Ada yang membanggakan dari prestasi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Jambi yang menoreh prestasi tingkat nasional hingga prestasi internasional. Prestasi yang diperoleh SMA N 3 Kota Jambi tahun ajaran 2013-2014, pertama prestasi tingkat internasional, seleksi pertukaran pelajar Asia Tenggara ke Amerika. Masuk 10 besar nasional dalam perlombaan penulisan kreatif kependudukan kategori remaja yang diselenggarakan BKBN Nasinal tahun 2013.

Torehan prestasi SMA N 3 Kota Jambi menjadi finalis FLS2N baca puisi  dan mendapatkan juara harapan 2 Nasional dalam lomba cipta puisi  yanga diadakan oleh Kemendiknas RI di Medan. Mendapatkan juara 2 pada lomba karya tulis ilmiah Sumatera dan Jawa yang diselenggarakan oleh UNP Padang pada Oktober 2013.

Masih banyak prestasi yang diraih SMA N 3 Kota Jambidi Kota dan Provinsi Jambi. Sekolah ini telah mendapatkan prestasi dari lokal, provinsi, nasional bahkan internasional.

Wakil Kepala Sekolah SMA N 3 Kota Jambi,Ahedi SPd MPd mengatakan,
SMA N 3 Kota Jambi mencatat barbagai prestasi dan keunggulan. Sekolah yang beralamat di Jalan Guru Muchtar 1, Kota Jambi ini menjadi sekolah favorit di Jambi.

Disebutkan, seperti SMA pada umumnya, masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Kota Jambi ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran. Mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. SMAN 3 Kota Jambi mempunyai Akreditasi A dan SMA ini merupakan salah satu SMA Negeri unggulan yang ada di Kota Jambi.

“Sekolah ini telah ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) yang pelaksanaannya dimulai sejak tahun 2006," katanya.

Dikatakan, perubahan demi perubahan kurikulum terus dilakukan untuk mendukung kegiatan belajar peserta didik serta tuntutan dari masyarakat.Mulai dari kurikulum 2004 (KBK),Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 (KTSP 2006) dan yang terakhir adalah pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sejak Juli 2013, RSBI dihapus oleh pemerintah, sekolah ini beralih menggunakan Kurikulum 2013. “SMA Negeri 3 merupakan salah satu sekolah percontohan yang menggunakan Kurikulum 2013. Penjurusannya dimulai dari kelas X,” kata Ahedi.

Dilanjutkannya, perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan meningkatnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.

Visi dan Misi
Ahedi mengatakan, SMA Negeri 3 Jambi memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa mendatang yang diwujudkan dalam visi sekolah.
Visi SMA N 3 Kota Jambi adalah terwujudnya insan yang berakhlak mulia,cerdas, berprestasi, dan berwawasan global. Dan SMA N 3 Kota Jambi ini mempunyai Misi menumbuhkan kecintaan terhadap ajaran agama yang dianut.

Sehingga agama dapat menjadi sumber motivasi dalam berbuat kebajikan. Menumbuhkan kecintaan siswa terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa. Menyelenggarakan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).

Memberikan layanan pendidikan yang berorientasi pada keunggulan dengan penerapan pembelajaran berbasis ICT dan bahasa Inggris. Mengoptimalkan kompetensi siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), olahraga, dan seni sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Menyiapkan siswa agar dapat melanjutkan ke PTN atau PTS dalam negeri maupun luar negeri pada jurusan yang prospektif. Menyiapkan siswa agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi di masyarakat.

Meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan tuntutan sekolah bertaraf internasional. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan semangat kompetitif.

Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi standar nasional pendidikan, standar internasional, dan memiliki jaringan kerja internasional.

“Kita Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam pengelolaan pendidikan. Menumbuhkan kecintaan terhadap  lingkungan hidup," katanya.

Ragam Organisasi

SMA N 3 Kota Jambi juga mempunyai banyak organisasi yang ada di SMAN 3 Jambi diantaranya adalah sebagai seperti, Osis, Pramuka (Praja Muda Karana), Rohis (Rohani Islam), Rohkris (Rohani Kristen).

Kemudian Rohbud (Rohani Budha), PMR (Palang Merah Remaja), PK (Perwakilan Kelas). Tugas dari PK sendiri adalah Menyalurkan Apresiasi Siswa (MAS), Mengawasi Kinerja OSIS, membantu kinerja Osis baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Berbagai fasilitas dimiliki SMA N 3 Kota Jambi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut seperti, Kelas, Perpustakaan, Ruang Multimedia, Masjid, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Laboratorium Biologi.

Kemudian Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer
Laboratorium Bahasa, Lapangan Basket, Lapangan Upacara, Kantin Kejujuran
Ruang OSIS, Ruang Band,Kantin Kejujuran danLobby. “Fasilitas kita Insya Allah sudah memadai,” katanya.
 
Dalam penerimaan siswa baru, pihak SMAN 3 Kota Jmabi sudah menggunakan sistem online. Hal itu telah dilakukannya sejak tahun 2013 lalu. Namun untuk penerimaan tahun 2014 ini, pihak SMAN 3 Kota Jambi masih menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan Kota Jambi tentang juknisnya. Untuk target penerimaan disesuaikan dengan jumlah siswa yang tamat tahun ini 7 kelas.

Berarti pihaknya juga akan menerima 7 kelas kecuali ada penambahan kelas. Dalam satu kelasnya berisi lebih dari 32 siswa perlokal. “Dulu waktu masih RSBI maksimal dalam satu lokal 32 siswa namun setelah RSBI dicabut maka ada nya PMU (pendidikan menegah universal) yang harus menampung siswa sesuai dengan kapasitas lokal," katanya.(KAHARUDDIN/lee)


No comments: