.

.
.

Tuesday, 27 May 2014

Melirik Kelengkapan Alat Pancing di Toko Hans Pancing



Toko Hans Pancing yang beralamat di Jalan Kompol M Taher No 3 Telp 0741 25555.FOTO R MANIHURUK (ASENK LEE SARAGIH)
Perkembangan tempat rekreasi masyarakat yang ada di Kota Jambi, semakin berkembang. Saat ini tempat rekreasi juga bisa berbentuk sebuah kolam pemancingan.Usaha kolam pancing di Kota Jambi dan sekitarnya kian menggoda pemancing mania. Pehobi mancing kini tak lagi susah-susah memancing ke Sungai Batanghari, namun kini sudah banyak kolam pemancingan yang memberikan sarana dan prasarana bagi pemancing mania di Jambi.

R MANIHURUK, Jambi

Bahkan kolam pemancingan cukup berkembang setahun belakangan. Seiring banyaknya pembukaan kolam pemancingan di Jambi, minat pengusaha untuk membuka usaha jual alat-alat pancing juga semakin tertajamkan. (TOKO BUANA FISHING & BUANA PANCING)

Toko Hans Pancing, salah satu toko yang menjual ragam keperluan memancing di Kota Jambi. Teguh, pemilik Toko Hans Pancing yang beralamat di Jalan Kompol M Taher No 3 Telp 0741 25555 adalah salah satu pengusaha yang melirik perkembangan kolam pancing di Kota Jambi dan sekitarnya.

Kalau selama ini alat-alat pancing yang dikenal luas di Istana Pancing, Aneka Pancing dan Sinar Nelayan di Kasang Kota Jambi, kini pemancing mania di Jambi sudah ada pilihan lainnya. Kalau selama ini, ketiga toko pancing itu memonopoli harga alat-alat pancing, kini sudah bisa bersaing sehat dengan hadirnya Hans Pancing.

Dengan dibukanya Toko Hans Pancing menjadi ada pilihan lain dari satu induk pengusaha. Bicara soal harga, Toko Hans Pancing boleh dibilang lebih murah dari tiga toko pancing tersebut. Harga sungguh selisih jauh, seperti harga stik joran, benang joran hingga kerekan pancing. 

Harganya bisa selisih hingga Rp 50 ribu. Hal itu terdapat pada harga stik joran merek Simano panjang 165cm. Di Toko Aneka pancing, stik tersebut dibadrol Rp 220 ribu rupiah, namun di Toko Hans Pancing hanya Rp 165 ribu rupiah. 


“Sebagai toko alat pancing baru, kami memberikan harga yang terjangkau buat pemancing mania di Jambi. Kita hanya mengambil untung sedikit, namun banyak pembeli. Kita bukan banting harga, namun hanya mengambil untung sedikit saja. Kita bersaing sehat sesama toko pancing di Kota Jambi,” ujar Teguh kepada Harian Jambi.

Menurut Teguh, dirinya membuka dua ruko sekaligus dalam membuka usaha jual alat-alat pancing tersebut. Dirinya yakin usahanya bakal maju seiring dengan minat warga Jambi untuk memancing begitu tinggi. 

“Warga Jambi sangat hobi memancing, baik di kolam pemancingan, sungai, hingga laut. Kita semua menyediakan segala keperluan alat pancing. Mulai dari aksesoris pancing, tas pancing, umpan hingga perlengkapan pancing lainnya,” katanya.

Toko Pancing Terlengkap

Sejarah bukanya Toko Hans Pancing, karena Teguh membeli peralatan pancing di salah satu toko pancing di Jambi yang sudah sangat dikenal para mancing mania. 

Namun saat membeli, harganya lumayan mahal. Sehingga Teguh memutuskan untuk membeli peralatan pancing ke Jakarta. Teguh terkejut dengan selisih harga di Jakarta dengan di Jambi. 

Tiga toko pancing di Jambi yang sudah akrab bagi pemancing mania, terkesan monopoli. Karena tiga toko pancing itu adalah satu keluarga. Untuk membuat harga-harga alat pancing pun, mereka membuat lebih mahal.

Munculnya Toko Hans Pancing, membuat para mancing mania lebih leluasa untuk memilih alat pancing yang sesuai dengan kemampuan kantong. Perlengkapan alat pancing di Toko Hans Pancing lebih beragam dan menyediakan berbagai merek dengan harga terjangkau.

Jenis umpan pancing yang dijual juga cukup beragam. Para pemancing mania diberikan keleluasaan untuk memilih jenis umpan yang paling jitu diarena kolam pancing. Toko Hans Pancing juga kerap memberikan hadiah doorpize bagi even-evan lomba mancing di Jambi.

Hans Pancing juga menjalin hubungan baik kepada pemilik kolam pemancingan di Jambi dan memberikan harga grosir alat-alat pancing untuk dijual di tempat kolam pemancingan mereka.

Bentuk Komunitas Pemancing

Menurut Teguh, dirinya bersama sejumlah pemancing senior di Jambi akan mendirikan komunitas hobi mancing. Komunitas ini nantinya sebagai wadah organisasi bagi pemancing mania di Jambi dan sekitarnya.

Lewat komunitas ini, nantinya bisa melakukan kegiatan-kegiatan rutin atau kegiatan hiburan serta dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah dalam melakukan even lomba mancing di Jambi.

“Komunitas ini sudah kami bicarakan dengan sejumlah pemancing-pemancing senior di Jambi. Mereka sudah setuju dan segera akan membuat komunitas ini. Komunitas ini juga akan membuat aksi sosial bagi anggota komunitas serta wadah komunikasi sesama pehobi mancing di Jambi,” ujarnya.

Sponsor Lomba Pancing 

Sementara M Rafiq, pemilik Kolam Pemancingan R & R, yang beralamat di Jl Pangeran Hidayat, Pall VI, Kotabaru, Kota Jambi mengatakan, Toko Hans Pancing kerap memberikan hadiah Doorprize saat ada lomba mancing di tempatnya.

Dirinya juga berharap agar Toko Hans Pancing tetap menjalin kerjasama dengan kolam pemancingan di Kota Jambi. Kata M Rafiq, Toko Hans Pancing memberikan hadiah beragam saat pembukaan perdana kolam R&R 2 Sabtu-Minggu (3-4 Mei/2014) lalu.

Aidil salah satu karyawan Toko Hans Pancing mengatakan bahwa perkembangan kolam pemancingan yang ada di Kota Jambi saat ini telah mulai berkembang hampir setiap kawasan Kota Jambi memiliki tempat kolam pemancingan. 

Aidil juga menjelaskan bahwa Hans Pancing Jambi juga sangat mendukung dan akan selalu membantu untuk perkembangan kolam pemancingan yang baru dibuka. Dengan melihat antusias masyarakat untuk memancing, maka Toko Hans Pancing memberikan ragam hadiah kepada pemancing.

 “Perkembangan kolam pemancingan di Kota Jambi sangat pesat. Hal ini pun mempengaruhi peningkatan jumlah penjualan perlengkapan pancing, khususnya di Toko Hans Pancing. Toko kami paling lengkap dengan harga terjangkau segala perlengkapan mancing mania,” ucap Aidil.

Dengan peningkatan penjualan perlengkapan pancing juga disebabkan banyaknya para pemancing yang lebih memilih kolam pemancingan dari pada sungai ataupun laut. Hal ini juga disampaikan oleh Aidil. “Sekarang ini, orang lebih suka mancing di kolam pemancingan dari pada sungai atau laut,” kata Aidil. (*/lee)
***

Peluang Usaha Kolam Pemancingan

Sejumlah kolam pemancingan akhir-akhir ini bermunculan di Kota Jambi. Bisnis hobi ini tampaknya cukup menjanjikan dewasa ini. Masyarakat Jambi banyak menghabiskan waktu luang di kolam pancing sebagai hiburan.

Minimnya obyek hiburan, membuat kolam pemancingan sebagai alternatif tempat rekreasi yang bermanfaat dan juga bisa membawa hasil ikan ke rumah. Kolam pancing memang sudah menjadi obyek wisata di Kota Jambi.

Penelusuran Harian Jambi di sejumlah kolam pemancingan di Kota Jambi menunjukkan, setiap kolam pemancingan selalu dipenuhi pemancing, baik hari-hari biasa. Jika hari libur, kolam pemancingan akan membludak. 

Seperti terjadi di Kolam Pemancingan R&R Paal 6 Kotabaru Jambi yang menyediakan dua kolam pemancingan. Di kolam tersebut, kerap membuat hadiah hiburan bagi pemancing. Harga masuk satu pemancing dari jam 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB hanya dipatok Rp 40 ribu dan Rp 30 ribu.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Rafiq, pemilik kolam pemancingan R&R selalu membuat hadiah doorprize berupa alat-alat pancing dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Cara mendapatkan hadiah tersebut dengan cara memberikan pita kepada ikan-ikan tertentu yang dilepas. 

Jika pemancing mendapatkan ikan yang ada tanda pita baru mendapatkan hadiah. Kemudian hadiah lainya, yakni bagi pemancing yang mendapatkan tarikan ikan patin pertama saat hari itu. Hadiah ikan patin cukup lumayan, bahkan untuk hadiah maskot ikan patin kini mencapai Rp 6 juta rupiah.

Persaingan kolam pancing kini begitu ketat untuk memikat para pemancing mania di Jambi. Pelayanan-pelayanan di setiap kolam pemancingan juga begitu beragam. Mulai dari harga kopi, teh, rokok, hingga makanan yang tidak terlalu mahal.

Kemudian memberikan siraman ikan ke kolam pemancingan yang beragam dan banyak. Strategi ini kerap dilakukan pemilik kolam pemancingan agar memikat pemancing agar tidak berpindah ke kolam pemancingan lain.(lee)

****
Manfaat Hobi Mancing

Banyak alasan yang menyebabkan para mancing mania rela harus duduk berjam–jam di tempat memancing menunggu umpan disambar ikan. Meski hasil tangkapan yang dihasilkan mungkin takkan lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan. 

Banyak mancing mania yang bahkan rela mengeluarkan beratus–ratus ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing yang kalau dibandingkan dengan hasil ikannya pastilah akan jauh sekali harganya. 

Yang namanya mancing mania adalah orang yang dengan cara yang extrem mau menggeluti hobi memancing dan mau menyediakan waktunya untuk berburu ikan dengan memancing.

Apa alasan mereka menjadi mancing mania? Mancing adalah hobi yang menyenangkan. Dengan memancing, orang dapat merasakan mendapatkan pengalaman menarik ikan dimana saat inilah saat paling mengesankan bagi para mancing mania. 

Saat ikan mulai menyambar dan dengan keterampilan kita akhirnya kita bisa menariknya maka ada kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Juga merupakan tempat ajang wisata & liburan bagi keluarga (Sekolah Pariwisata).

Mancing akan mendapatkan manfaat kesehatan. Mancing juga merupakan sarana olahraga, bagi mancing mania seperti anda olahraga memancing akan memberikan aktifitas fisik yang cukup berhasil, melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktifitas fisik lainnya sehingga anda mendapatkan kesehatan.

Mancing adalah obatnya stress, para mancing mania pastilah sudah tahu bahwa aktifitas mancing dapat menghilangkan kepenatan pikiran, mengurangi perasaan bosan dari seminggu penuh anda beraktifitas di kantor, bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligus menghancurkan stress yang mungkin anda derita.

Mancing melatih kesabaran. Mancing mania biasanya adalah orang yang sabar..lho kok bisa? Berbeda dengan orang sabar dalam hal temperamen, memancing memberikan efek sabar dalam sebuah usaha meraih sesuatu. 

Hal kecilnya yakni saat memancing, pasti akan dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, ber jam –jam anda harus menunggu umpan anda dimakan ikan, berkali–kali anda mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan anda. 

Memancing bisa di terapkan pada anak sebagai sebuah permainan anak yang melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Kadang anda berhasil, kadang anda gagal namun anda tidak menyerah dan tetap berkonsentrasi.

Ya..untuk memancing tetap harus konsentrasi melihat pelampung yang ditarik oleh ikan…lalu apa yang anda dapatkan? Kesabaran dan Konsentrasi khan? (net/lee)


No comments: