.

.
.

Thursday, 1 May 2014

Ephorus HKBP : Pertemuan Lintas Agama Efektif Hidupkan Kerukunan

Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Willem TP Simarmata MA bersama isteri Br Purba pakpak saat Ibadah Raya dan Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Aur Duri Kota Jambi, Minggu (27/4/2014). (Foto: Warna/Rds)
 
(Warna/Jambi) - Pertemuan umat dan tokoh lintas agama yang dilaksanakan secara berkesinambungan di tingkat nasional dan daerah sangat efektif menghidupkan semangat kerukunan di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia. Melalui pertemuan umat dan tokoh lintas agama tersebut, benih-benih konflik di tengah masyarakat akan lebih mudah dicegah. Kemudian pertemuan umat dan lintas agama tersebut juga akan mempermudah agama-agama di Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang pembinaan mental generasi muda, penanggulangan kemiskinan, pemberantasan berbagai penyakit sosial dan pelestarian lingkungan hidup.
Demikian dikatakan Ephorus (Pimpinan Tertinggi) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Willem TP Simarmata MA kepada SP di sela-sela Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Aur Duri, Resort Kebun Kelapa Kota Jambi, Distrik XXV Provinsi Jambi di HKBP Syaloom Aur Duri, Minggu (27/4). 
Menurut Ephorus HKBP, besarnya peranan pertemuan umat dan tokoh lintas agama dalam pembangunan kerukunan umat beragama memotivasi HKBP terus berupaya memprakarsai pertemuan umat dan tokoh lintas agama. Salah satu di antaranya penyelenggaraan kemah pemuda kebangsaan yang diikuti sekitar 1.800 orang pemuda lintas agama di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat baru-baru ini.
Kemah pemuda kebangsaan yang dihadiri Ephorus HKBP tersebut benar-benar mampu membangkitkan semangat kerukunan umat beragama karena turut dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU), KH Said Agil Siraj dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. Kehadiran tokoh organisasi besar agama Islam pada kemah pemuda kebangsaan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap kemajemukan masyarakat kita. 

No comments: